Sabtu, 02 April 2022






.. " Rindu Ombak Bajul Mati Sebelum
 Ramadhan 1443 H" ..
menjelang Ramadhan tahun ini , 
bermacam persiapan dilakukan sebagian besar
 masyarakat kita . fisik , mental , moril , materiil .
 bagi saya pribadi sebetulnya tidak ada yang 
sangat spesial kecuali adanya
 perbaikan peningkatan kwalitas ibadah yang dimulai
 dari hal hal yang terlihat hanya sepele . 
misal sholat tidak di tunda tunda , 
bangun malam yang biasanya masih membuka buka
  HP , TV atau laptop , se bisa bisa diupayakan
 langsung berwudhu .



 juga sodaqoh yang biasanya 
" kalau kebetulan bertemu saja dengan yang
 layak menerima " ( dijalan dll ) kini diupayakan
untuk kearah " jemput bola " . 
apakah ini hanya karena menjelang Ramadhan ?
 saya tidak ahli dalam hal hal yang bersifat religius ,
 tetapi dengan segala keterbatasan saya ,
 saya berupaya " mengejar matahari " yang
 sudah sangat mendekati sunset ini dengan
 se bisa bisa nya meskipun masih jauh
 dari " bisa " . 
naahh .. mendekat ke alam selama ini 
adalah salah satu cara saya untuk menggapai 
kedekatan kepadaNYA , karena bagi saya
 alam itu semisal 
buku tebal tanpa halaman akhir yang mengajarkan
 banyak hal tentang Sang Khaliq dan saya
 sebagai ciptaanNYA yang tidak punya arti
 apa apa ini kecuali bahwa saya berusaha mengisi
 peran yang ditugaskanNYA selama
 saya masih bernafas . 



pada Sabtu tanggal 26 Maret 2022 yang lalu , 
saya meluncur ke Malang Selatan dan langsung
 " njujug " pantai Bajul Mati .
 ada belasan pantai indah disitu tetapi saya memang
 sudah belasan tahun " berlangganan " 
Bajul Mati dan warung favorit saya disitu 
" Warung Kembar Jaya " ! ( lihat IG nya ) .
sedikit info : Warung Kembar Jaya ini dapat 
ditemukan ditepi jalan raya pantai Bajul Mati 
dekat pintu masuk pantai . 
sebelumnya warung ini ada disebelah dalam 
dari pantai Bajul Mati .




sekian tahun yl ( lihat tiga foto diatas ini ) bahkan 
saya habiskan 
pergantian tahun dipantai ini dalam kesenyapan
 dan debur ombak selatan yang dahsyat ! 
pemilik warung agaknya sudah hafal selera saya
 dan siang itu saya langsung diberikan pilihan 
ikan ikan dalam koleksi mereka .
 ada kakap , tuna , kepiting , cumi cumi dll . 
dahsyatnya ombak masih ditambah dengan dahsyatnya
 sambel ibu pemilik warung yang pinter masak ini !
 entah kenapa , saat itu hari Sabtu tetapi suasana
 disepanjang Jalur Lintas Selatan sepi sepi saja
 atau karena cuaca yang mengkhawatirkan ? 
 sayang sekali cuaca siang itu memberi 
tanda tanda akan datangnya hujan dalam 
waktu dekat , maka senyampang belum " bresss ... " ,
saya harus bergegas melintasi kembali jalanan
 arah Malang yang kalau hujan lebat 
akan menjadi cukup licin . 
untunglah sebagian dari jalan disitu , 
( sekitar  20 km sebelum Sendang Biru dari 
arah Sumawe ) sudah ada perbaikan yang lumayan , 
dimana jalanan yang dulunya ber lobang lobang ,
saat ini sudah diperbaiki meski masih tersisa 
sedikit disana sini lobangnya . sayapun tidak harus kerja keras fokus pada jalanan yang dulunya naik turun dan
ber lobang lobang .





saya tidak mengambil jalur arah Balekambang
 yang saat ini sudah tersambung lagi dengan 
tambahan jalan mulus sepanjang 30 km an,
 tetapi kembali ke arah semula yaitu pertigaan arah
 Gua Cina dan Sendang Biru , lanjut hingga 
Sitiarjo dan Sumawe terus hingga Malang .
 menyetir saat gerimis dengan jalanan yang penuh
 tikungan dan tripel tripel tripel " S " sungguh
 menantang adrenalin tetapi saya sangat nikmati
 sebab kalau didalam kota saja , 
saya tidak mendapatkan feeling itu . 
( sempat singgah di salah satu kerabat di Sumawe ,
 karena sesungguhnya Sumawe bukan 
tanah asing bagi saya . 


bahkan jika saya harus mengurutkan kerabat 
Sumawe , bisa saya mulai dengan rumah besar 
didepan pasar Sumawe  ( lihat foto diatas ) 
yang seterusnya hingga
 belokan kekanan arah SPBU adalah
 deretan kerabat yang cukup dekat .
 tepat diseberang  SPBU Sumawe ( Hajj Chicken )
 saya sempatkan singgah dan bertukar berita
 karena kami memang sudah cukup lama tak
 saling bertemu .
 dulu saya suka ber lama lama
 di kedainya karena gurami bekarnya yang spesial , 
tapi  saat ini kedainya sedang disewa oleh Hajj Chicken )
Sumawe sarat catatan masa kecil  dimana 
undangan2 pertemuan keluarga dll termasuk
tontonan wayang kulit semalam suntuk .
 

juga sekitar 2013 saya masih ikut 
" petualangan kecil disekitar hutan Pletes ,
 yang konon masih ada Harimau Jawa nya dan 
rombongan kecil kami ( saya dan kerabat di Sumawe )
memang mendapatkan jejak jejak dan guanya
 yang saat itu ternyata baru saja ditinggalkan penghuninya
 yang sedang mencari mangsa atau air . 
( catatan tentang jejak Harimau Jawa ini dapat dibaca
 diblog ini , silahkan membuka buka berandanya )



saat jalanan menurun licin di sekitar gua gua 
Pletes , Sumawe , saya bersyukur karena berada
 disebelah dinding bukit dengan jalan yang menurun .
 mengapa ? 
ketika berada diarah berlawanan , 
yang berarti adalah ditepi jurangnya yang curam , 
 seringkali yang saya hadapi adalah truk truk besar
 memuat berbagai macam barang tetapi 
mereka tidak dapat berjalan cepat dan juga sulit 
untuk didahului karena sempitnya jalan , 
sehingga kekhawatiran akan adanya " rem blong "
 mereka itu cukup besar . 
tidak sampai tiba di Malang , hujan deras 
sudah muncul .
 ini adalah perjalanan luar kota saya yang
 terakhir sebelum Ramadhan yang mungkin sudah
 akan dimulai pada akhir minggu ini . 



oya ..   bagi mereka yang ingin menengok
 pantai pantai di Jalur Lingkar Selatan , 
ada sedikit saran untuk anda : 
pastikan kendaraan dalam keadaan " fit " 
terutama rem , karena beberapa kali saya 
menjumpai kendaraan kendaraan roda 2 dan 4 yang
 bermasalah dengan rem dan kesulitannya
 dalam tanjakan tanjakan curam seperti di 
 Pletes terutama ! 
( hari itu misalnya , saya melihat ada mikrolet
 yang berisi sekitar 8 orang ( ! ) yang  mogok
 ditanjakan Pletes ( mungkin muatan berlebihan
 plus satu roda dua dan dua mobil sedan yang
juga  bermasalah diarea yang sama ! ) . 


dan diatas semuanya yang terpenting adalah 
" Mulailah Perjalanan Dengan Doa " karena
 hanya DIA Pelindung dan Penyelamat kita ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
baru sempat diposting pada tanggal 31 .03.22 ) 
keterangan foto :
01 . menu lengkap pada Sabtu tgl 26 Maret 2022 yl
02 . Warung Kembar Jaya , Bajul Mati
03 . makan siang tuna dan cumi dan sambal dan lalapan
 yang luar biasa di Warung Kembar Jaya
********
04 . rindang , sejuk , Warung Kembar Jaya
05 . kelapa muda , ombak , tuna dan cumi ,
nikmat mana yang masih didustakan ? 
 ********
06 . jalur yang kaya belokan , tanjakan dan 
turunan yang tajam , pastikan kendaraan 
dalam keadaan " sipp " !
07 . S , S , S , S , .......... !!
*******
08 . catatan 2018 :
JLS yang mulus ( 01 )
09 . rindangnya Bajul Mati ( 02 )
10 . laut selatan ( 03 )
********
11 . cumi dan oseng kangkung
12 . tuna bakar
********
13 . salah satu rumah kerabat depan pasar Sumawe 
yang melompong , milenial sudah terpencar
********
14 . kerabat Sumawe ( 2013 )
*******
15 . catatan 2011 :
Sendang Biru ( 01 )
16 . Sendang Biru ( 02 )
*******
17 . gerobag dan saya sedang ngaso di Bajul Mati
18 . asli : bukan editan hehehe ..
*******
19 . tuna bakar ...hmmmmm
*******

Tidak ada komentar: