Minggu, 10 April 2022





 
.. " KOTA LAMA Yang Baru " ..
di kawasan Kotalama Malang , 
sebenarnya tidak banyak ditemukan wajah wajah
 baru dari pertokoan , rumah rumah , maupun
 warung apalagi cafe cafe .
jadi sesuai namanya , 80% perwajahan diarea ini
 memang masih wajah lama seperti halnya saat 
saya masih remaja dulu . 
 
 

 
 
ada Klenteng atau rumah ibadah disitu ,
 lalu ada SMAN 2 , juga ada stasiun KA yang masih
 berfungsi , dan RS Panti Nirmala yang dulu
 bernama Tiong Hwa Ie Sia ( THIS ) yang berdiri
 sejak 1920 dan kini sudah berwajah baru .
 maka ketika sebuah rumah lawas yang berlokasi 
tepat disebelah Toko Kue Gaya Baru dan didepan BRI 
memoles dirinya menjadi kedai 
" Dapoer Kota Lama " ,
 sayapun yidak melewatkannya untuk mampir pada
 bulan yang lalu .
 
 
 
 
ucapan ucapan selamat atas 
dibukanya kedai ini masih terlihat dihalamannya . 
dan saya tidak men sia siakannya untuk
 jeprat jepret kanan kiri . tentu saja yang lebih menarik
 perhatian saya adalah bangunannya , 
dimana beberapa dekade saya hanya bisa melihat 
bangunan rumah tua yang kokoh ini dari sebelah luar .
 
 
 
 
sebuah bangunan dengan gaya kolonial meskipun
 menurut salah satu staf disitu bahwa bangunan ini 
dibuat sekitar tahun 40 atau 50 an sehingga 
belum mencapai seabad . 
tetapi dari penelusuran saya hingga kebagian 
belakang , saya melihat betapa bangunan ini dibuat
 dengan " kesungguhan " sehingga mampu 
bertahan dalam kekokohannya selama 
hampir seabad !
 
 
 
 
bandingkan dengan bangunan bangunan modern 
saat ini yang terkadang belum seumur jagung sudah
 ambruk ! ruangan ruangannya yang luas
 dan beratap tinggi membuat perputaran udara terasa
 nyaman meskipun saat itu udara lumayan terik .
 saat itu saya melihat ada dua pertemuan 
yang diikuti oleh rombongan tamu tamu , 
dan saya memilih duduk diteras sampingnya yang
 relatif sejuk karena terbuka . 
oya .. terlalu sibuk dengan masalah bangunannya
maka saya harus kembali kedepan yaitu 
dipintu masuknya yang kita akan langsung disambut 
dengan deretan masakan masakan khas
 tradisional Jawa secara prasmanan . 
tetapi buat yang ingin memesan menu tertentu , 
pilihan juga disediakan . 
 
 
 
dideretan meja prasmanan , saya memilih 
Ayam Lodho , Kuah Rebung , Bakwan Jagung , 
Sate Komoh dan Sambel plus Es Jeruk .
 salah satu trik prasmanan adalah 
Sedikit Nasi , Lebih Banyak Lauk hehehe ..
 saya menikmati atmosfernya yang membawa kita
 ke mesin waktu tempo doeloe .. 
 
 
 
( mungkin akan lebih kental jadulnya kalau saja
 musiknya diambil dari jaman jaman 
Bing Slamet , Sam Saimun , atau kroncong 
sejamannya hehehe ... ) . 
untuk LHAR ( Layanan , Harga , Atmosfer dan  Rasa  ) 
biarlah saya berikan angka 7 dari skala 1 -10 .
 " Dapoer Kota Lama " telah menambah warna
 jagad kulinari Malang dengan memilih penampilan 
tempo doeloe tetapi tidak mendramatisirnya 
sehingga terasa " pas " , 
tidak berlebihan .
 
 
 
naaa .. penasaran ? silahkan memakai GPS bagi
 yang belum mengenal area kotalama Malang , 
yukkkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
baru sempat diposting pada Ramadhan hari ke 8 )
keterangan foto ;
01 . crew Dapoer Kota Lama
02. jalan masuk yang khas
03 . lorong yang nyaman
*******
04 . cendela jaman
05 . bangunan kokoh
06 . halaman belakang ( dapur )
*******
07 . pesan kebaikan
08 . pojok manis
09 . kisah pada jamannya
*******
10 . ruang untuk keluarga ?
11 . ruang untuk reunian ?
12 . ruang untuk arisan ?
*******
13 . saya didepan lukisan tembok
14 . ceritakanlah jamanmu ..
15 . jembatan Brantaskah ini ?
*******
16 . saya dan pilihan saya
17 . tentu saja , ini sebelum Ramadhan dulu ...
*******
18 . dua crew yang manis manis
19 . dua guci pembawa riwayat ..
*******
20 . saya dan sentuhan batik di dinding
21 . ada apa dibaliknya ?
******




Tidak ada komentar: