Rabu, 20 Januari 2021

 
 
 
 .. " Arena Coffee Yang Belum Siap ? " ..
berawal dari rasa penasaran melihat deretan 
ucapan selamat disebuah cafe didaerah Junrejo
 ( sebelah SPBU Junrejo arah Batu , Malang ) , 
maka disatu siang sekian hari yang lalu saya mencoba 
berbelok kesitu . sebuah bangunan yang berukuran
 tak terlalu besar berada disebelah kanan dan
 didepannya tampak beberapa gazebo sedang 
digarap pekerja2nya .
 disebelah bangunan tadi ada semacam ruang pamer
 kecil yang berisikan sebuah peralatan gede
 untuk pemroses biji kopi . " sudah buka mbak ? " , 
saya bertanya pada pramusajinya yang nampak 
hanya berdua dengan baristanya . 
 " sudah bu, silahkan , dibawah sini atau diatas juga
 boleh tapi diatas belum sepenuhnya jadi " ..
 yang dimaksud " diatas " adalah sebuah teras terbuka
 berukuran sama dengan bangunan dibawahnya, 
sekitar 8 x 5 meteran dengan beberapa meja kayu 
dan kursi2 plus meja plastik yang masih
terkesan " darurat " . 
 setelah memesan kopi sayapun memilih keatas sebab
 teras tanpa atap ini udaranya lebih terbuka . 
prokes ? hanya ada tempat cuci tangan tetapi
 pengukur suhu atau wajib masker tidak nampak !
 duduk diteras yang terbuka dilantai atas , 
memberi saya peluang untuk jeprat jepret sekitarnya .
 tak banyak yang bisa dijepret kecuali kebun2
 disebelah belakang nun jauh .. 
( apakah saat itu sedang tertutup awan ? entah .. )
 saat itu cafe ini memang masih sepi kecuali ada
 sepasang remaja yang sedang cangkruk diruang bawah . 
satu latte dan americano , harus saya tunggu bahkan 
lebih dari 20 menit disaat cafe masih sepi , 
tentu membuat saya nyaris " hilang sabar " karena
 pada jam 10.45 saat itu , dimana cafe sudah buka
 sekian jam sebelumnya , 
seharusnya tidak selama itu kastamer harus menunggu !
 tiba2 si pramusaji menemui saya diteras dan
 " maaf , mohon kesabarannya karena mesin
 sedang dalam perbaikan ... " ... what ? ... 
rusak mesin atau baristanya yang masih 
belum " fasih " ? 
maka saya memang harus bersabar lagi hingga
 sekitar 10 menit kemudian , 
barulah pesanan saya muncul ! 
tentu kesan pertama dari cafe mini yang masih gres
 ini akan sulit saya hapuskan karena umumnya 
justru momen2 pengenalan seperti ini adalah
 saat dimana kastamer dibuat terkesan
 dan ditumbuhkan rasa untuk kembali lagi ?
 maka , akankah saya kembali lagi ? 
jawabannya : sulit .
 dan untuk kesemua hal yang saya temui disitu, 
dari skala 0 - 10 saya bisa berikan secara rata rata
adalah ( max ) 6/ enam , yaitu untuk : 
Layanan , Tampilan , Rasa , Harga dan Atmosfer . 
apa boleh buat , dan saya tinggalkan Arena Coffee
 dengan rasa kecewa ..
 semoga mampu bertahan ditengah ketatnya 
persaingan yang luar biasa , khususnya disaat
 pandemi seperti ini dimana kastamer tak lagi 
semelimpah sebelum pandemi ..
 pertanyaannya : apakah memang  Arena Coffee 
 belum sepenuhnya siap ? 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 21 . 01 . 21 )
keterangan foto : 
01 . tangga menuju teras atas 
02 . ucapan2 selamat di halaman parkir
 yang cukup luas 
03 . ruang pamer mini dihalaman luar
04 . " tenguk2 " menunggu pesanan kopi
 yang tak kunjung muncul 
karena mesin rusak .. ?! 
05 .  " view " .....
06 . teras atas yang terbuka dan masih " darurat " ..
07 . ini hasil setelah mesin diperbaiki ..
08 . gazebo2 sedang dalam pembangunan
 

 

Tidak ada komentar: