Sabtu, 08 November 2014







.. "  Sambel Daging di Mamah Sum Jilid 2 " ..
( 02 of 02 )

Mamah Sum Jilid 02 ?
ya, tulisan Mamah Sum Jilid 01 nya bisa dicari pada halaman bulan Maret 2014 .
dan yang Jilid 02 ini bisa ditemukan di Jalan Simpang Ijen, Malang, tepatnya dibelakang Kedai Kopi ( yang berada di pojok antara Jalan Pahlawan Trip dan Simpang Ijen ) 
dan dengan mengambil model bangunan 
joglo jawa, Mamah Sum yang di Simpang Ijen sangat terlihat berbeda dengan yang ada di 
jalan Achmad Yani, Blimbing, Malang. 
sesuai bangunannya yang  berkonsep Jawa menunyapun serba Jawa alias ' nJawani ' . 
jadi sangatlah  mudah ditebak,
 segala macam masakan Jawa bisa ditemukan disini mulai yang ayam2an, ikan2an, sayur2an, dll. tetapi saat itu saya memang agak terlambat datang untuk makan siang alias
sudah mendekati jam 15.00 .


maka sayapun harus menerima ' nasib '  untuk kehabisan segala jenis ikan yang siang itu mau dipesan . " kalau mujair ada , juga mungkin mau coba sambal dagingnya ? " ,
 jelas si pramusaji
naa .. daripada repot repot melihat daftar menu, 
tawaran saya iyakan saja sebab saya juga penasaran dengan sambal dagingnya yang akhirnya memang harus saya akui sedepnya .. !
ternyata sore itu saya tidak sendirian makan siang terlambat, dan Mamah Sum lumayan rame juga . suasana joglo memang nyaman karena luasnya ruangan dan udara cukup mengalir meskipun 
tanpa kipas/ ac karena ruangannya yang serba terbuka.
sebagaimana Mamah Sum di Blimbing, 
disini juga Bebas Nasi dan Lalapan, sesuatu yang menyenangkan meskipun sebagai wanita
 porsi saya ya segitu2 saja tetapi kebebasan yang diberikan itu secara 
psikologis Mamah Sum  unggul.. ! 


( apalagi beberapa hari sebelumnya  saya dikecewakan oleh sebuah kedai yang masih gres didaerah mBeji yang konon prasmanan tetapi nasi dan kuahnya di jatah " sak puluk-an " yang 
mengingatkan pada porsi Nasi Kucing yang semasa kuliah sering saya nikmati hehe .. )
 naa ... buat pecinta kuliner khas Jawa, tinggal pilih, ke Blimbing atau Simpang Ijen sebab Mamah Sum bisa berada didua tempat sekaligus pada saat yang sama !
( tapi tolong jangan tanya jurus apa yang dipakainya hehe ... )
( th ) 


 ( photos by : th, Oktober 2014, Mamah Sum Simpang Ijen, Malang )

01. sambel daging
02. tampak luar, halaman parkir
03. atmosfer didalam 
04. udara mengalir lewat celah celah
05. salah satu sudut
06. kayu mendominasi
07. mujair
08. sibuk melayani







 

Tidak ada komentar: