Jumat, 07 November 2014






.. " Minder ... " ..

jujur saja, saya terkadang diserang rasa rendah diri, yaitu saat membuka buka daftar visitor dari blog ini. disana ada beberapa ' nama besar ' didunia sastra,
 yang entah ' kesurupan ' atau apa koq ' mau maunya ' mengublek blog yang tidak ada apa apanya ini. kunjungannya bahkan termasuk rutin meski tidak tiap hari. 
saya enggan mau menuliskan nama namanya meski cuma initial sebab nanti jangan jangan malah mereka ' mampet ' tidak berkunjung lagi.
sungguh, blog ini tidak layak mereka kunjungi, 
dari sisi kandungan nilai sastranya adalah ZERO karena blog ini tidak mewakili apa apa dan jaman manapun. ini 100% adalah ' jaman saya ' dan ' sastra saya ' yang tidak berkiblat kemanapun
 dan siapapun, sebab menjadi diri sendiri saja sudah banyak yang mengkritik apalagi
 menjadi diri orang lain. kita hidup dijaman serba repot.
ya, minder kata populernya, saya minder. 
betapa tidak ? lha wong mereka itu bacaannya saja sudah  penulis2 kakap kaliber dunia, sedang bacaan saya baru selevel Ephraim Kishon, Franz Winkler atawa William Shawcross dll. 
aduh, bagaimana saya membagusi blog ini agar dimata para pembaca ' kelas berat ' ini agak tampak apik atawa berkelas ?
rasanya sulit dan ndak akan bisa,
 sebab maksud blog ini memang bukan untuk memberat berati pikiran pembacanya, tetapi sekedar pengisi waktu santai atau menghibur yang sedang galau, itupun kalau mereka menganggapnya begitu. tapi bila sebaliknya, yaitu bahwa blog ini bikin sebel, 
maka sebaiknya tidak usah dibuka buka lagi supaya tidak makin jengkel.
sangatlah sulit memuaskan semua pihak, dan tidak ada keharusan didunia ini untuk kita menyukai sesuatu karena hidup memang deretan dari pilihan pilihan.
tetapi sesungguhnya saya lebih suka orang mengatakan 
" blog kamu sangat jelek , aku tidak suka " daripada
 " blog kamu cakep, aku suka banget " ( tetapi dalam hatinya memaki maki ! ) .
naaa, kepada para pembaca saya semuanya, 
baik yang ' kelas bulu hingga berat ' tanpa bermaksud membedakan, ijinkan saya yang minder ini minta maaf bila terkadang ada tulisan2 yang kurang pas menurut kacamata Anda, 
apapun dan siapapun Anda, 
sebab dari sekitar 50 negara yang pernah singgah di blog ini tentu saja saya tidak berkemampuan untuk memuaskan pembaca2 yang berasal dari ras, negara, budaya, tradisi, pendidikan, latar belakang keluarga, profesi dll yang berbeda beda dan beragam. 
bisa saja Anda adalah seorang ibu rt, pengangguran, pengusaha, siswa, mahasiswa, karyawan, pns, pemain bola, supporter bola, guru, dosen, dokter, pemulung, tkw/i, fotografer, wartawan dll dll 
jadi bagaimana mungkin saya menjangkau semuanya supaya hepi ?
maka rasa minder sayapun bertambah tambah kalau ingat bahwa visitor dari sekian
banyak negara itu terkadang saya lihat dengan susah payah berusaha memahami bahasa saya yang ' pating pletot ' dan mencari padan kata yang tepat untuk bermacam kata/ kalimat saya yang 
ndak keruan, misalnya :
umpel umpelan, ndableg, sak karep karepmu dll yang mereka cari di ' terjemahan google' .. !
sungguh saya minta maaf, karena saya tidak bisa menemukan kata/ kalimat yang lebih pas atau bagus ! naaa ...lengkap sudah minder saya, pembaca ada saran? 
( th )
( gambar2 dari google )

Tidak ada komentar: