Sabtu, 06 September 2014






 
 .. " 22 rempah bertemu di Mie Aceh " ..

sudah beberapa tahun ini Mie Aceh merambah diberbagai provinsi tanah air termasuk kota Malang yang juga memiliki banyak kedai Mie Aceh.
bahkan juara nasional Mie Aceh ada di Jakarta, Warung Seulawah, Manggarai. 
 kehadiran Mie Aceh di Malang bukan karena banyak mahasiswa/i Aceh kuliah di Malang, atau karena ada asrama putri Aceh didepan rumah saya, tentu tidak. 
 kota Malang sudah dipadati kulinari dari segenap penjuru tanah air, mulai Ujung Utara Sumatra yaitu Banda Aceh hingga ujung timur ( maaf saya lupa nama kedai yang menjual makanan khusus dan khas Papua )
 saking banyaknya kedai Mie Aceh, sayapun tidak pilih pilih karena saya yakin pasti ada kesamaan antara mereka setidaknya pada komponen bumbunya.
 maka kali ini saya singgah di kedai yang terhitung masih baru yaitu kedai Mie Aceh di
 Jalan Raya Jetis 80, dekat Sengkaling, Malang. 
pengelolanya, mas Saiful yang asli putra Tanah Rencong ini memasakkan Mie Aceh Istimewa/ Udang dan Nasi Goreng Istimewa/ Udang disuatu siang, di kuali atau wajannya yang khas.
dan hanya menunggu beberapa menit, siaplah sudah ... !


 penasaran dengan sensasi baru yang bakal saya cicipi, saya mendahulukan menikmati jus mangga yang saya pesan ( untung rasa mangganya asli, bukan dari kemasan ) .
 semestinya saya memesan pasangan Mie Aceh yaitu Teh Tarek, tapi disiang hari yang panas itu membuat saya lebih melirik jus jus yang ada di daftar menunya.
 tercatat ada sekitar 22 jenis rempah yang melebur diatas piring didepan saya, antara lain : kapulaga, kayumanis, ketumbar, kemiri, pala, jahe, kacang, lombok kering, dll dll. 
bandingkanlah dengan bumbu mie Jawa yang jauh lebih sederhana yaitu ( umumnya ) mrica, garam, bawang putih dan sisanya itu improvisasi dan selera masing2 saja ! 
 maka saat lidah saya akhirnya bersentuhan dengan 22 jenis rempah ini Mie Aceh , 
sayapun " ketap ketip " mencoba mencari sensasi yang saya ingin temukan . 


  dan yaa ... ternyata memang beda jauh rasanya dengan Mie Jawa karena dilidah Mie Aceh ini terasa lebih pedas, asin, asam dll yang saya sulit mengurainya ,
dan saya juga mencoba jeruk nipis yang disediakan di depan saya ... wow, jeruk nipis ini ternyata membuat keseluruhan rasa menjadi lebih segar campur pedas, 
ya inilah yang saya cari : 
rasa asing dilidah saya yang pelan pelan menjadi rasa Asam Manis Pedas campur2 yang berakhir dengan rasa lumayan, lumayan surprise hehehe .. 
 soal harga tidak perlu cemas sebab Mie Aceh mematok " harga mahasiswa " karena lokasinya yang juga kebetulan berdekatan dengan kampus kampus.
naa .. penasaran dengan 22 rempah didalam piring yang sama? 
cari salah satu kedai Mie Aceh, dan selamat menikmati sensasinya!
( th )


 ( photos by : th, Mie Aceh Jalan Raya  Jetis 80, Malang , September 2014 )
01. Mie atau Nasgor Aceh ?
02. Mie Goreng Istimewa/ Udang ala Aceh
03. Raya jetis 80, Sengkaling, Malang
04. Lengkap
05. Harga " mahasiswa "
06. mas Saiful sibuk
07. Serambi Mekah, google.
08. Rumah Adat Ace, google.

Tidak ada komentar: