Jumat, 16 Mei 2014


 .. " Selamat Ultah, Jaga Hormon Baik2 " ..

lho,
 ucapan ulang tahun seperti judul diatas sudah pasti tidak menyenangkan yang punya ultah, tapi ucapan2 yang sudah lazim nampaknya terdengar hanya seperti " basa basi dan biasa " sebab ada sesuatu yang sering dilupakan orang yaitu 
bertambahnya usia si pemilik ultah itu juga  berarti bertambah atau justru berkurangnya nya perkembangan fisiologis, fisik, mental, dll tergantung berapa usia yang berultah.
 kali ini saya diundang keponakan yang ber ultah ke 19/ sembilan belas, sebuah usia yang penuh gejolak. apalagi ada embel embel bahwa saya " ketiban sampur " mewakili
 ortunya yang sedang melakukan check-up kesehatan di Singapura, 
maka jadilah malam itu saya satu2nya remaja diantara sekitar 30 manula hehe 
( maunya ! )


  memilih lokasi ultah di Mie Setan yang kebetulan juga dikelola keponakan cowok yang lainnya, bukanlah pilihan tepat kalau menginginkan ber hahahihi 
tanpa gangguan tamu yang lain. apalagi pada jam jam makan malam dan jam jam 
santai untuk ber hangout dengan temen, 
maka ultah ini menjadi kehilangan privasinya hehe .. 
 saya batalkan untuk membuat acaranya lebih grenggg seperti rencana semula, saya persingkat saja bla blanya dan setelah tiup obor e .. lilin  maka ya  sudah,
langsung : makannn  .... ! 
( itupun tadi meja kursi saya atur sendiri dibantu beberapa kerabat plus yang ber ultah,
 sebab tadinya  meja kursiuntuk 30 orang ini  diatur saling berpencar yang 
 pasti  tidak akan  nyaman ) .
  mengambil tempat dilantai II di cabangnya yang Soehat dimusim hujan, bukan tidak beresiko sebab teras2nya terbuka. ini mungkin sebuah masukan berharga bagi yang akan punya
gawe ditempat yang sama bahwa faktor privasi tidak ada kecuali mungkin
 seluruh lantai di booked sebelumnya dan dimusim hujan harus lebih diwaspadai !


  ( lho kan yang mengelola masih keponakan sendiri, sama dengan yang ber ultah yang notabene embah2nya sedarah ? hehehe, saya diam2 salut bahwa Business is Business,
 sesama keponakan tetap harus diperlakukan sebagai pengunjung normal tidak berbeda !
 bayangkan kalau punya bisnis cafe tapi yang datang itu kerabat sendiri yang maunya gratisan dan membawa banyak temen wow .... bisa bangkrut! ) . 
 dimsum, mie level 1 dan es gendruwo adalah menu utamanya.
jujur saja, seusia saya ini problem lombok yang sampai nggaber2 adalah mulesnya perut,
 jadi kalau diminta memilih antara mie yang " pedesnya kayak setan " atau
 minum es gendruwo saja, saya milih yang terakhir,
 ndakpapa ndak makan daripada harus bolak balik ke wc hehe ...
 ( lha saya lihat ternyata banyak juga temen2 keponakan saya malam itu yang piring mie nya tersisa 1/2, lo masih muda2 koq pada " takut pedes " ? )


  makan2 sudah, saat hepi2 sudah, dan sekarang saya hanya ingin memberikan ucapan khusus kepada keponakan yang ber ultah ini :
 " usiamu yang 19 adalah usia penuh pergolakan antara ingin menjadi lebih dewasa dan ingin lebih lama sebagai remaja untuk alasan tertentu. 
 karena dorongan dorongan hormon tertentumaka ketertarikan  pada lawan jenis sangatlah kuat.
 dan  dibanding semasa engkau masih bersama orangtua, 
saat ini engkau memiliki kebebasan yang lebih banyak untuk menentukan sendiri 
hal baik dan buruk dalam 
kehidupan dan keseharianmu di kampus, tempat kos, saat santai dll dll.
 tak ada lagi yang harus kamu pamiti meski mungkin kamu harus pergi semalaman karena
 tugas tugas kampus ataupun kepentingan pribadi. 
maka sebuah Pengendalian Diri sangatlah diperlukan ketika jarak secara fisik  dengan ortu sudah jauh , tetapi tetaplah dekat secara psikologis karena kamu adalah 
Their Leading Star ... !


  selamat ulang tahun dan upss .. malam itu saya melihat kamu memiliki teman istimewa diantara yang hadir naa .. kalian berdua harus selalu saling mendukung dalam study dll agar
impian menjadi sebuah pasangan yang sukses tercapai satu ketika nanti. 
 sungguh, jangan pernah tergelincir oleh peluang peluang kebebasan yang mengelilingi kalian, karena kenikmatan sekejap itu tak lah sebanding dengan permasalahan yang 
bakal  timbul setelahnya yang dapat meretakkan cita2 indahmu 
serta mematahkan impian keluargamu.
dan ini yang terakhir dan terpenting untuk kamu :
  " Jangan Pernah Kamu Berikan Apapun Yang Belum Saatnya Untuk Diberikan  Betapapun 
Kamu Sangat Mencintainya ! " 
( saya tahu kamu mungkin tidak menyukai kado nasehat ini , tetapi percayalah bahwa Sesuatu Itu Akan Lebih Indah Bila Tepat Pada Saatnya ! )
  peluk cium : th. 
( photos by : th, Mie Setan Soehat, Malang, Mei 2014 )
 

Tidak ada komentar: