Selasa, 25 Desember 2012






Dikerubut Kurcaci
( catatan 24 Desember 2012 )



Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa pada liburan sekolah kali ini  saya kebanjiran kurcaci kurcaci yang datang dari Denpasar dan Makassar ( sama sama " sar " nya he he ). Meski tidak ada yang menginap dirumah tapi bukan berarti saya tidak perlu bertemu mereka. 

Maka kemarin pagi saya sudah meluncur ketempat mereka berkumpul. " Weeee ... kamu uda tambah besarrr .... hoii ... ini kok tambah hitam, kena panas Makassar yaa ... Lho .. yang dari Bali ini kok tambah ompong giginya? " ... 

Saya tiba tiba ingin mencoba daya ingat Manda yang sekian tahun lewat ketika saya ditugaskan ke Makassar, Manda yang kala itu masih  berusia 5 tahun ikut saya menginap di Quality Hotel yang berhadapan persis dengan pantai Losari yang indah : " Manda, masih ingat waktu kamu ikut saya menginap di hotel depan pantai itu? " . 
Malaikat kecil ini mengangguk ..  

Saya tidak ingin membuang waktu bersama mereka maka saya tawarkan berenang yukkk, wooo ... semuanya bersorak sorai .... 

Persiapan kilat dimulai, yang sibuk adalah mama mama mereka mulai minyak telon, minyak kayu putih sampai jaket dll. Saya geli sebab saya dulu kalau membawa anak anak saya berenang biasanya langsung berangkat saja, paling cuma handuk dan baju renang plus shampo dan cream matahari. 

Bukan apa apa karena anak anak kebetulan kurang suka jenis jenis minyak yang berbau dan kalau perut kembung atau flu obatnya mudah dan murah, sup panas dan istirahat he he ..

Mobil mini tiba tiba penuh sesak dan ramai. Saya putarkan musik malah tambah ramai, ya sudah lebih baik mendengarkan musik kicauan mereka. Haha .. diam diam saya tertawa geli mendengar logat Makassar berhadapan dengan logat Denpasar dan yang satu Arema.
Sebetulnya menurut saya, bahasa Indonesia di Makassar itu sangat menuruti kaidah tata bahasa yang benar, tapi karena kita terbiasa memakainya hanya ditulisan bukan lisan, untuk telinga yang belum terbiasa terdengarnya " janggal " . 

Si kecil Jojo bertanya begini 
" Sukakah film hantu? " saya jawab 
" Paling suka!" .. Dia melanjutan " Suram sekali ya film film itu" ( Jojo ini berumur empat tahun ) . 

Saya bingung, suram itu biasanya diartikan kurang terang atau kurang penerangan atau gelap atau kiasan artinya kurang menjanjikan, misal " masa depan suram " .

Disahut oleh keponakan yang dari Malang " Serem opo suram?" he he ...


Akhirnya kami sampai disebuah taman bermain yang dipilihkan keponakan cewek 11 tahun, yang asli Malang. Kebetulan  lokasinya tidak jauh dari rumah saya. Semuanya  langsung " mbrodol " dari mobil seperti laron laron keluar dari sarangnya dan langsung menuju tepi kolam, lepas baju dan plung .. plung .. plung ... plung ..

Saya berusaha tidak melepas mata dari Jojo yang terkecil dan berkali kali " menghalaunya " dari kolam besar.

Omong omong soal renang sebetulnya saya juga paling tidak tahan melihat air, air apa saja pokoknya layak untuk mandi atau berenang. 

Sayangnya saat ini Malang sudah kehilangan kolam ukuran olympiade yang dulu terbuka untuk umum di Stadion dan saya rutin 3x seminggu berkubang,  mengukur panjang kolam beberapa kali sehari. 

Hari hari sepi di kolam stadion itu adalah kesukaan saya sebab kita bebas " bersliweran " dikolam hehe .. 

Tiba tiba : " Nanti bakso yaaa ... " ada suara dari dalam kolam oooo .. beresss, saya pesankan dulu pada ibu baksonya supaya disisakan buat lima mangkok. Untung kolam tidak terlampau ramai meski masih liburan, saya yakin 90% pengunjung luar Malang saat liburan ini lebih suka ke Batu daripada tempat lain. 

Tiba tiba sms dari Jakarta masuk " Ma, kita uda pada nonton * 5 cm *  lho, keren man, ayo mama yang di Malang wajib nonton itu soalnya kita kan tuan rumah di Malang? Ranu Gumbolonya man, huuuu ... next ramai ramai kesana yaaa ..." waaaaa ... ini namanya menyiram bensin di percikan api .... Saya lihat jam, meng hitung hitung apakah kira kira hari ini masih mungkin? Terus terang anak anak saya sangat jarang mendorong saya nonton film, sebab selera kami tidak terlalu pas banget.Tapi bila sampai direkomendir seperti itu ber arti memang ada apa apanya.

Film lain sekian tahun yl yang mereka rekomendir adalah The Pianist yang akhirnya saya harus akui sebagai salah satu masterpiece didunia akting dan layar lebar, disamping Godfather.

Oya balik ke kolam renang, menunggui anak anak bermain adalah sebuah uji kesabaran. Mereka tidak kenal jam kalau sudah " begejekan " dan saya  menunggui sambil menghapus sms sms dan iklan iklan atau promosi promosi yang tidak perlu. 

Jujur saya kurang suka sms an karena sering mengundang salah paham, lebih enak langsung menelpon.Dan karena saya paling malas meneliti kapan sebuah sms masuk, sering saya menjawab sms sms yang sudah kadaluwarsa ha ha sehingga si penerima sms  menegur saya " Lho itu kan sudah selesai to urusannya ?" ...

Hampir tiga jam kurcaci kurcaci ini plang plung di kolam dan  baksopun sudah dua kali nambah. Tik .. tik .. haa .. gerimis, maka sayapun meminta anak anak untuk mandi dan berganti baju.

Memakaikan celana, menyisir, membedaki adalah hal hal yang nyaris saya " lupakan " dan ditengah kerubutan kurcaci seperti ini saya merasa seperti kembali ke masa masa manis itu. Begitu pendek masa kanak kanak , karenanya mari kita berikan yang termanis ( bukan yang termahal! ) agar anak anak memiliki  kenangan masa kecil yang indah sepanjang hidupnya.. ..

Kami mampir sebentar kerumah , saya mengganti sandal yang basah e.. ternyata anak anak pada asyik maen dan nyanyi nyanyi..  

Suasana rumah yang biasanya " sunyi senyap " jadi gegap gempita he he..Besok pagi semuanya sudah akan berpencaran lagi mengikuti acara ortunya masing masing. Diujung perjumpaan, pipi saya basah oleh cipika cipiki mereka he he..

Foto foto  disini menunjukkan kegembiraan mereka saat berlibur di Malang dan Jojo yang saat saya ke Makassar sekian tahun yl masih digendong hari ini sudah bisa berceloteh tentang film horror .. 

Sungguh hanya waktu lah yang tidak terhentikan ... 

( TH )






Keterangan foto : ( Photos by : TH )

  01. Patung asmat di taman bermain.

  02. " New Kids " ( in the block )
  03. Bakso Malang ... yummyyy ..
  04. Selamatkan badak
  05. Karcis.
  06. Jojo dan tahu kesayangannya!
  07. Indonesia Mencari Bakat he he ..
  08. Patung lain di taman.             


Tidak ada komentar: