Selasa, 25 Desember 2012




5cm , Mahameru ... I'm cominggggg ....



Kemarin betul betul hari padat yang diluar agenda. Pertama, pagi hingga siang hari membawa pasukan kurcaci berenang ( lihat " Dikerubuti Kurcaci " ) dan sore sampai malam nonton film gara gara sms dari Jakarta yang mendesak saya untuk menontonnya.

Cineas cineas muda tanah air memang patut diacungi empat jempol.Sederet nama nama seperti Hanung,Rizal,Edwin, Dwi Ilalang, Bayu S dan banyak lagi lainnya adalah " pahlawan pahlawan " yang menjadikan film film Indonesia saat ini mampu menjadi tuan rumah dinegeri sendiri dan banyak meraih penghargaan internasional.

Dulu ketika film kita belum seperti sekarang, rasanya tidak lah tertarik untuk mengikuti film film baru kecuali saat itu garapan Wim Umboh alm.atau Teguh Karya. Saat ini hampir setiap film Indonesia yang baru, tanpa peduli siapapun sutradaranya, masyarakat sudah " yakin " pasti lumayan bahkan bagus.

Maka ketika kemarin ada sms dari Jakarta mendesak saya supaya segera menonton " 5 cm " dengan sutradara Rizal M, saya langsung mengiyakan. Tetapi alamakk ... di dua bioskop yang memutar film ini ternyata sejak sudah terjual habis karcisnya kecuali untuk pertunjukan malam yakni jam 19.30. Dan  inipun sudah di deretan F.Luar biasa ! Penonton membludak sejak hari I diputar. 

Film ini bercerita tentang 5 sahabat yang menancapkan Merah Putih di puncak Semeru tepat pada 17 Agustus ! Tradisi ini pula agaknya yang menjadi salah satu inspirasi Donny D. penulis novel " 5 cm " ( Grasindo, 2007 ) yang novelnya terjual bak pisang goreng, laris manis !



Jalinan persahabatan yang diseling percintaan yang digarap secara manis meski sedikit tragis namun semuanya berakhir happy ending ini membuat sebuah ukiran bersejarah  dengan mengambil pendakian ke puncak Semeru sebagai " prasasti " persahabatan mereka.

Perjuangan pendakian, perseteruan, pengakuan sebuah hati di bawah langit Mahameru, serta tumpahnya air mata kecintaan yang meluap pada tanah air tercinta Indonesia, semuanya campur aduk dalam sebuah adonan karya film yang membanggakan.Kibaran Merah Putih dipuncak Semeru seolah sebuah pengingat dan penyadar bahwa siapapun kita, kita adalah satu : bangsa Indonesia !

Spirit film ini agaknya yang wajib ditonton generasi muda Indonesia, disamping " selingan selingan " kisah anak manusia berbeda jenis yang amatlah alami. 

Dan sebagai arek Malang asli, kita patut bersyukur bahwa Mahameru ditakdir ada didekat kita karena paku bumi yang tertinggi dan terupawan di pulau Jawa ini menyimpan banyak pesona yang bahkan tersohor hingga level dunia!

Ranu Gumbolo dengan kecantikannya yang magis, bak magnet yang sulit membuat saya tidur dan berakhir dengan mimpi merasakan biru airnya yang jernih bak kristal !Semoga selewat musim hujan ini akan datang saat dimana saya bisa melihat bintang bintang bertabur dimalam hari diatas tenda saya disana .... 

Sungguh, segerakan langkah hingga berjarak " 5 cm "  ke loket bioskop terdekat !
( TH )  

Foto foto dihalaman ini kesemuanya dimbil dari google.




 

 
 

Tidak ada komentar: