Kamis, 12 Agustus 2010

MUSEUM SATWA, Batu - Malang, perjumpaan dengan Dino















Satu lagi perbendaharaan tujuan wisata di kota Malang khususnya di Batu, 18 km dari Malang arah ke BNS ( Batu Night Spectaculer ) , yakni hadirnya Museum Satwa di area yang cukup luas dan berdekatan dengan hotel fenomenal, Hotel Pohon. Hotel ini akan dibahas pada bagian tersendiri, dan kali ini kita akan mengitari museumnya dulu.

Mengambil gaya arsitektur mirip bangunan kuno Yunani, Acropolis, museum yang satu ini punya keunikan tersendiri sebagai sebuah ensiklopedi hidup terutama buat anak anak. Sebagai bagian dari Jatim Park 2 ( Jatim Park 1 terletak sekitar 5km dari tempat ini ) museum satwa ( MS ) ini rasanya memang wajib dikunjungi terutama oleh para siswa sebab disini banyak pengetahuan fauna Indonesia dan luar yang bisa dipelajari.

Memasuki gerbang utama, langsung saja kita disambut oleh atmosfir purba jaman dinosaurus. Mahluk mahluk purba yang berukuran luar biasa ini memenuhi seluruh hall utama dan lukisan di langit langit atapnya memberikan kesan suasana petang atau menjelang fajar ( ? ) , sehingga
ketika jeprat jeprat saya edit malam harinya, tampak langit membiru indah diatas mahluk mahluk purba ini. Hall berikutnya, kita dibawa ke alam beruang es lengkap dengan asesorisnya yang seolah membuat kita berada dilembah lembah gunung es berdampingan dengan para beruang.

Masih di jaman purba, kita juga akan melihat kerangka ( atau repronya? ) dari ikan ikan purba berukuran raksasa. Sementara itu, bila melewati lorong lorong museum, kita akan disuguh pemandangan diorama yang nyaris menampilkan ukuran asli dari fauna . Sebut saja :
jaguar, banteng, zebra, harimau dll. Koleksi serangga juga menarik, sebab menampilkan kekayaan alam serangga Indonesia yang ternyata tidak kalah dengan koleksi serangga negara negara lain yang dipajang disitu. Kupu kupu, kalajengking, dll dipamerkan sangat menarik.

Bagi yang punya waktu cukup, dapat menonton pemutaran video diruangan khusus. Fauna darat, laut dan udara yang ada di MS ini memang mengesankan karena didukung oleh design & interior bangunan yang menarik serta penataan lighting dan audio-visual yang canggih.

Tiket masuk Rp. 25.000,- akan terasa impas dengan pengetahuan dan pengalaman menelusuri
jaman demi jaman dari alam fauna dunia kita khususnya Indonesia. Diujung luar MS telah menunggu toko souvenir mungil untuk oleh oleh yang khas MS mulai dari T -Shirt, key-holder, boneka satwa dll.

Nah .. ayo bergegas ke museum dengan adik adik dan anak anak kita agar kecintaan pada museum tumbuh dan berkembang menjadi sebuah budaya cinta museum yang sekaligus
berarti mencintai ilmu pengetahuan dan SDA Indonesia !!

( Photos by : TH )

Keterangan foto dari atas kebawah :

01. Patung gajah didepan Museum Satwa, Batu, Malang.
02. Batu Secret Zoo.
03. Museum Satwa.
04. Museum Satwa dari kejauhan.
05. Dunia serangga.
06. Dunia Dino.
07. Kepala Dino.
08. Koleksi serangga berbagai negara.
09. Harimau, diorama.
10. Banteng.


Tidak ada komentar: