Sabtu, 24 Oktober 2020



.. " C A N G A R , Yang Berubah " ..
cukup lama tidak ke Cangar ,
 sebuah area cantik sekitar 15km dari kota Batu
 arah Sumber Brantas . dan saat pandemi dimana saya
 betul betul butuh udara lebih segar , 
saya berniat menengoknya . 
tentu saja pada hari biasa untuk menghindari 
kerumunan . jalanan ke Cangar masih seperti dulu ,
 meliuk liuk , menanjak dengan belokan2 yang 
lumayan tajam . 
beberapa bangunan bekas pabrik jamur terasa 
sangat mengganggu panorama yang dulunya terbuka ,
 juga adanya penambahan rumah rumah penduduk
 dan warung warung sepanjang jalan yang juga 
mulai mengurangi panorama cantiknya .
 bahkan mendekati gerbang Wisata Alam Air Panas
 nya yang terkenal itu , saya dikagetkan oleh sebuah
 bangunan super gede yang lebih mirip pabrik , 
yang ternyata adalah sebuah resto ! 
apa boleh buat kalau aturan tentang ukuran dan
 ketinggian serta lingkungan bangunan tidak ada ,
 maka bukan salah pembangunnya ketika 
muncul rancangan2 bangunan yang 
sama sekali Tidak Ramah Lingkungan
 dan semata hanya untuk mengejar
 potensi keuntungan bisnis ! 
akhirnya saya tiba didepan gerbang tujuan
 Wisata Alam Air Panas Cangar
 yang menjadi semacam
 " Wisata Kesehatan atau Terapi " itu yang saat ini
 sudah tertata lebih rapih dengan
 mematuhi protokol selama pandemi ini . 
konon , sumber air panas disini sangat bagus
 untuk mereka yang memiliki masalah dengan
 tulang ( reumatik ) , kulit ( gatal2 , alergi , dll ) .
 seorang kerabat pernah becanda begini
 " mbak , kalau berendamnya rame2 serem juga ya
 sebab kita bercampur dengan segala 
macam penyakit kulit yang mungkin saja menular hiii ... "
  saya tak berkomentar sebab saya pikir
 dengan temperatur air panasnya yang 
rata rata diatas 55C
 kuman2 itu ( semoga ) sudah mati hehehe .. 
dan berhubung pandemi , kali ini saya hanya ingin
 jeprat jepret saja tanpa berendam ,
 sebab saya belum jelas bagaimana penularan covid19
 lewat media air hehehe ..  
jadi yang lebih saya nikmati sebenarnya adalah
 perjalanan dan udaranya serta ada sebuah tempat lain
 yang masih harus saya kunjungi 
diarah pulang ke Batu nanti yang tidak jauh letaknya
 dari Wisata Alam Air Panas Cangar ini ..
 naa , ketemu disitu yaaa ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 24.10.20 ) 
keterangan foto :
01 . Cangar
02 . hijau sejauh mata memandang
03 . resto atau pabrik ?
04 . gerbang Wisata Alam Air Panas
05 . cantiknya Cangar
06 . Agro Techno Park UB di area 
Wisata Alam Air Panas Cangar
07 . bunga bunga Cangar

Tidak ada komentar: