Selasa, 19 Maret 2019






.. " Warung MARSO , 
Sejak 1925 (  Jaman VOC ) ? " ..
berawal dari sebuah kegagalan meramaikan
 Car Free Day di Ijen Boulevard yang minggu lalu 
terserang hujan , maka sayapun mengalihkan rencana 
sarapan kearea Sigura Gura . 
tetapi saat lewat di Jalan Garut , dekat Jalan Bandung , 
ada sebuah warung mini di pojok , 
yang menarik perhatian saya . 
 saya rutin melewatinya tetapi belum pernah mencoba
 kesitu sebab hampir selalu penuh dengan motor2
 yang parkir dan saya memilih mengalah . 
pagi itu masih sekitar jam 9 , logikanya jam sarapan 
sudah lewat , ragu2 karena melihat warung masih
 di sapu dll saya bertanya " mas , buka ? " .. 
pertanyaan singkat ini untung dipahami hehehe ..
 dan " silahkan , sudah buka kok .. " .. 
saya ternyata sendirian disitu .
 " mau makan apa ya , ada pecel , rawon , nasi campur ,
 nasi krawu, ayam geprek atau apa ? " . 
saya pilih rawon meski setengah
 ragu apakah rawonnya ' seperti ' 
Nguling , Tessy , Rampal , Jenggot , Blimbing dll ?
 warung mini ini memang berada nyaris dibelokan
 Jalan Garut dan Jalan Bandung ,
 jadi untuk roda 4 harus mau sedikit ' tidak pas ' 
dan agak sulit . dengan berjuluk 
" Warung Marso , Khas Masakan Jawa , Sejak 1925 " 
maka rasanya tidak perlu diragukan resep2nya
 yang sudah berusia hampir seabad !
 ( asal tidak dimodifikasi kekinian yang
 aneh aneh hehehe .. ) . 

atmosfernya lumayan nyaman meski harus bersedia 
ber sempit2 kalau pas rame dengan kapasitas
 tidak lebih dari 20 orang ! 
nasi rawon dan jeruk panas terhidang didepan saya
 dan saya jepret2 dulu sebelum menikmatinya . 
dan ... surprise !
 ternyata dari skala 1-10 saya harus ikhlas memberi
 nilai 7,5 .... ! wow ... irisan dagingnya yang banyak 
dan empuk serta kuah rawonnya yang " buket "
 alias gelap dan " padat " rasanya saya
 bahkan harus melupakan Nguling dan Tessy !
 dengan 20 ribu per porsi , rawon ini menurut saya
 supermurah sebab ditempat lain sudah diatas 30 ! 
tentu saya lain kali akan mencoba menu lainnya , 
tetapi bagaimana kalau ternyata saya kembali lagi ke 
warung ini hanya untuk rawonnya ?
 hehehe .. matter of taste ..
 sebuah sarapan yang sangat bisa dinikmati dan 
saya masukkan warung sejak jaman VOC ini
 kedalam daftar 
" Layak Dikunjungi Lagi " ... 
yukkkk ... !!
( Writing & Photos by : Titiek Hariati , 16 Maret 2019 ) 
keterangan foto  : 
01 . lengkap ..
02 . cendela bambu 
03 . atmosfer
04 . daftar menu didinding bambu
05 . murah , sedep , empuk ..
06 . tampak depan
07 . sejak jaman VOC ..









 

Tidak ada komentar: