Sabtu, 03 Desember 2022






 .. " CALE , Juga Ada Di Jl. Semeru " ..
sebuah wajah baru muncul dan menambah padat
 kawasan Jalan Semeru Malang yang selama ini 
memang sudah cukup ramai dengan 
berbagai warung , kedai , cafe , supermarket , 
toko oleh oleh ,dll .
 CALE Coffee & Eatery , namanya . 
entah ini cabang yang keberapa untuk di Malang
 ataupun diluar Malang , yang jelas kehadirannya
 cukup menarik perhatian karena lokasinya yang
 seolah " terjepit " diantara 
dua bangunan besar 
yaitu sebuah warung bambu dan rumah tinggal .
 
 
cafe mungil ini agaknya harus merelakan sebagian 
lahannya untuk parkiran karena terbatasnya ruang 
yang ada . masuk kedalamnya , langsung terlihat 
" kemungilan " cafe ini tetapi untunglah bahwa 
pilihan warna beige nya yang mendominasi ruangan , 
sedikit menolong kesan sempitnya ! 
dilantai bawahnya tak banyak ruang untuk duduk 
kecuali hanya untuk sekitar 4 orang . diteras luarnya 
juga ada untuk dua orang . saya naik kelantai atas , 
dan saya berhitung cepat bahwa disitu tersedia kursi
 untuk maximal sekitar 16 orang  saja .
 

 
 
sedikit kesulitan buat saya menemukan tempat duduk 
karena ada dua meja tersisa dengan masing masing 
untuk 4 orang ternyata tertulis " reserved " 
( padahal sejam kemudian saat saya sudah meninggalkan
 cafe ini ternyata yang memesan tempat tersebut 
belum juga muncul ! ) .
 ketika semua tempat duduk dilantai atas penuh 
kecuali yang dipesan tadi , saya tidak tahu 
apakah kastamer yang baru datang  masih bisa 
menemukan tempat duduk atau harus 
meninggalkan cafe ini ? 
 
 
dalam daftar menunya , ada pilihan maincourse  al
Chicken Sambal Matah , Chicken Sambal Bawang , 
Chicken Mushroom Sauce . juga ada beberapa
 macam pasta dan camilan seperti 
kentang goreng , pisgor dll . 
untuk minumannya ada bermacam kopi panas 
maupun yang memakai es , juga menawarkan 
Cale Signature seperti Ice Coconut Coffee , Chocolate dll .
 saya memilih ayam sambal bawang dan 
ayam saus jamur berikut kopi tubruk susu dan 
Mango Squash . range harga mulai 10K 
hingga 23K rasanya memang tidak mahal 
mengingat lokasinya yang ditengah kota dan mudah
 ditemukan . tetapi untuk rasa , 
saya tidak dapat memberi lebih dari 6 , begitupun 
atmosfer dan layanan atau saya singkat LHAR
 ( Layanan , Harga , Atmosfer dan Rasa ) 
dari skala 1-10 . 

kesan " crowded " sulit dihindari karena sempitnya 
ruang dan padatnya kastamer . semoga ramainya 
pengunjung CALE Jalan Semeru ini bukan karena
 wajah barunya yang masih menarik perhatian , 
tetapi masih akan berkelanjutan sebagai 
sebuah cafe favorit . 
kekhawatiran saya beralasan , karena cafe cafe 
pendatang baru umumnya memang mengalami masa
 " honeymoon " yang tak lama , 
dan sesudahnya hanya ada dua pilihan : 
 
mampu bertahan atau menyerah karena bangkrut .
 tentu saya berharap Cale mampu bertahan 
dan bahkan berkembang, semoga .
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 03 .12.22 )
 
keterangan foto :
01 . lantai atas
02 . diambil atau diantar ke meja ?
****
03 . " kejepit " diantara dua bangunan
04 . Cale si mungil ..
****
05 . saya di pojok lantai atas
06 . saya jepret dari tangga
07 . tangga naik
**** 
08 . ayam saus jamur
09 . ayam sambal bawang ,
keduanya ada dimeja saya
****
10 . saya dan menu
11 . simpel tidak ruwet
****
12 . kopi tubruk dimeja saya juga
13 . saya jepret dari tangga 
14 . Matisse , seniman Perancis
****

Tidak ada komentar: