Jumat, 20 Desember 2013





.. kemana malam tahun baru? ..

sekian hari lagi tahun 2013 sudah akan berakhir. pertanyaan klasik yang dilemparkan kerabat atau teman bila bertemu di saat saat menjelang pergantian tahun adalah " kemana malam tahun baru nanti " ? . sebuah kewajaran.

 mengapa orang " bingung " dengan cara menghabiskan detik detik pergantian tahun? 
saya bahkan pernah mengimpikan ber malam tahun baru beberapa kali dalam semalam alias 
" meloncat " dari satu benua ke yang lain hehe .. pasti asyik? 
tetapi dijaman seperti ini sebenarnya " lompat melompat " itu sangat mungkin meski hanya lewat layar kaca sebab perbedaan waktu dan teknologi telah sedemikian menyatu tanpa masalah. 




naaa .. kembali pada pertanyaan diatas, ada beberapa pilihan yang mungkin bisa dipertimbangkan :

01. duduk manis didepan tv dengan dikelilingi bermacam mamin yang asyik asyik untuk melihat acara pergantian tahun di berbagai tempat dan negara. 
apalagi kalau tv nya ada didepan tempat tidur, berselimut sambil " nyamil " wow ... pilihan ini selain gratis, murah, meriah juga dimusim hujan seperti sekarang rasanya paling pas !

02. berkumpul dengan kerabat dan teman, membuat acara sendiri, pastinya dengan mamin yang spesial atau mungkin ( kalau ngga pas hujan ) bakar bakar an diluar rumah 
( jagung, sosis, dll dll ) dan dideretan minuman ada yang anget anget ( ronde, angsle dll ) . 
boleh saja beli petasan supaya pas jam 00 ada sedikit " huru hara " hehe ... 

03. " membeli acara " di salah satu tempat ( hotel, diskotik dll ) dan menunggu kejutan kejutan dari yang men desain acara ! 

04. bagi para pecinta alam, pilihan pasti akan jatuh di tempat tempat yang senyap dan menjauh dari pusat pusat keramaian ( gunung, laut, pantai dll ) untuk mendekat dan merenungi alam sekitar guna melakukan kontemplasi pada apa yang sudah lewat dan yang akan datang.

( meski  dari pengalaman pribadi ternyata pilihan ini juga menjadi pilihan ribuan orang yang lain sehingga yang terjadi bukannya kontemplasi tapi stres karena
 banyaknya orang disaat yang sama he he ... )

05. bepergian. lho? ini juga sebuah pilihan, juga berdasar pada pengalaman pribadi, pergantian tahun dinikmati diatas gerbong ka. lucunya, pada jam 00 ternyata sebagian besar penumpang malah " ngorok " alias pulessss, jadi bangun bangun sudah fajar tahun baru he he ...
 ( ini bisa saja dengan kapal, kendaraan pribadi, dll yang tidak kalah asyiknya ! )

06. memilih salah satu pusat keramaian dan menghabiskan waktu disana hingga menjelang fajar. kalau di Malang biasanya di sepanjang Ijen Boulevard, Alun Alun, Matos, MOG, Tugu . 
yang suka ikutan konvoi inilah saatnya, sebab tanpa ada yang mengomando setelah 00 biasanya terjadi " ular ularan " yang tidak terputuskan ! 

( ada kejadian lucu sekian tahun yl, pada jam 22.45 saya bermaksud menuju kesebuah undangan malam tahun baru di kawasan jalan sulfat, berhubung sudah terlanjur mengambil rute jalan kahuripan, ternyata malah terjebak macet cet cet hingga  00. 40 di depan balai kota .... ! 

apa boleh buat, acara berubah total, dan saya mendapat hiburan gratis yang luar biasa karena ternyata pick-up terbuka disebelah kiri saya itu seluruh penumpangnya adalah
waria yang cantik2 dan mereka terus ber ndangdut ria sepanjang  jalan ... 
lumayan menghibur hati yang kecewa batal ke sulfat hehe  ...)

07.  join acara rt/rw. yang senang berkumpul dengan sesama warga se rt rw bisa memilih tahun baru bersama para tetangga tercinta. di tempat saya misalnya, 
biasanya ada acara bakar bakar an dan beramah tamah
 ( kalau tak hujan lo sebab ini diluar rumah )

08. ini barangkali pilihan paling mulia : persiapkan bingkisan mamin sejumlah anak yang ada di salah satu Panti Asuhan yang kita pilih, dan menikmati pergantian tahun bersama mereka
 serta acara berdoa bersama penghuni panti.

09. pilihan mulia lainnya adalah menyediakan nasi nasi bungkus/kotak untuk kemudian dibawa berkeliling dan dibagikan pada para duafa, penjaga rel ka, dll yang memang membutuhkan.
 jadi sambil menikmati suasana pergantian tahun dijalan, sekaligus beramal!

10. dan inilah yang termudah : T I D U R !!


 naaa ... saya yakin apapun yang dipilih, pasti yang terbaik bagi masing masing. bagaimanapun pergantian tahun senantiasa mengundang Harapan dan Semangat Baru bahwa ditahun baru nanti segala sesuatunya akan menjadi lebih baik, apapun itu. 

melihat yang sudah lewat adalah bak membuka buku yang sudah kita baca hingga halaman terakhir, yang sesekali masih perlu kita buka buka pada halaman tertentunya sekedar untuk referensi, tetapi kita tidak dapat menambahkan lagi isinya , ia sudah rampung.

dan pada halaman halaman kosong dibuku yang baru, siapapun pasti berkeinginan untuk mencoretkan sesuatu yang indah, bermanfaat dan berkwalitas. semoga kita diberikan kemampuan untuk mengisi lembar lembarnya dengan lebih baik dari buku sebelumnya, amin.

 selamat menentukan pilihan ! ( th )
 ( gambar gambar diambil dari google )


Tidak ada komentar: