Selasa, 30 April 2013




O1 Mei , riwayatmu dulu ..

Bagi yang lahir setelah tahun 70 an memang tidak mengalami riwayat tanggal 01 Mei ditanah air tercinta ini .. tetapi " kebetulan " saya mengalami meski waktu itu bisa dibilang masih balita atau anak anak atau remaja atau apa saya sendiri lupa karena bertahun tahun saya sempat menyaksikannya .. 

Kedekatan pemerintah Indonesia secara politis ideologis saat itu kepada negara negara " merah " ( berpaham komunis ) memang menjadi salah satu penyebab mengapa tiap tanggal 01Mei
diperingati sedemikian gegap gempita ditanah air..

Di negara negara dengan paham sosialis seperti Cheko, Uni Sovyet dan banyak lagi di Eropa lainnya juga selalu memperingatinya secara menggelegar dengan pengerahan masa yang luar biasa . Dalam sejarah 01 Mei, atau tersohor dengan sebutan May Day, sebenarnya " cikal bakal " nya adalah  surut ke tahun 1806 ketika para buruh atau pekerja dari Cordwainers di Amerika melakukan aksi mogok kerja menuntut berbagai persamaan hak dan kelayakan berbagai hak pekerja.

Apalagi diawal abad 19, perkembangan kapitalisme di Amerika dan Eropa Barat telah sedemikian rupa memicu gelombang protes kaum pekerjanya yang merasa " dimanfaatkan tanpa imbalan pantas " baik menyangkut kelayakan Jam Kerja maupun Upah Kerja.

Gelombang protes ini akhirnya memang menyebar cepat bak virus kesegenap penjuru dunia dimana kaum pekerja atau buruh melembagakan diri dimasing masing lingkungannya dan disusul oleh  konferensi buruh sedunia yang I diadakan di Swiss saat itu.

Di Indonesia, dibawah pemerintahan Soeharto, 01 Mei masih dianggap sesuatu yang " traumatis " akibat adanya peristiwa berdarah G30S yang melibatkan partai komunis dimana sebelumnya pada setiap tanggal 01 Mei seolah merupakan salah satu peluang dari sebuah " unjuk kekuatan " golongan komunis disini. Dan ketika akhirnya partai komunis dibubarkan, pun tidak serta merta 01 Mei " diterima " sebagai sebuah hari yang perlu diperingati apalagi dirayakan secara kolosal.

Baru secara perlahan dan bertahap, 01 Mei pada era sekitar 2005 hingga sekarang, kembali diperingati sebagai Hari Buruh meskipun masih saja diidentikkan dengan demo demo dan 
bermacam tuntutan persamaan hak.

Maka untuk generasi yang sekarang, terutama para remajanya, ada baiknya lebih banyak membuka atau browsing tentang sejarah May Day ini agar pemahaman tentang 01 Mei ditanah air ini dapat diperoleh secara utuh dan tidak sepotong sepotong karena adanya generation-gap yang perlu dijembatani dengan kekayaan wisdom.

Hari ini, 01 Mei 2013, Hari Buruh Internasional, kita juga sama sama belum tahu kemana angin bertiup ditanah air, tetapi  kita sama sama yakin bahwa apapun itu bentuk dan aktivitasnya, mereka adalah juga pengawal pengawal setia NKRI yang tercinta ini dan pastinya saudara saudara kita ini akan mengutamakan keutuhan dan keamanan NKRI diatas segalanya.
Selamat berjuang .. ! ( th )

( Foto dari Kompas.com dan Wiki )

Tidak ada komentar: