Minggu, 21 April 2013



Martabak, siapa bisa menolak?

Salah satu tempat untuk menikmati martabak yang enak di Malang adalah Martabak Agung, didepan Mitra I di daerah Alun Alun Malang. 

Naa .. dengan cara membuatnya dan kualinya yang khas ( saya suka melihat proses membuatnya dan pengennnn rasanya mencoba melebar lebarkan kulit martabaknya yang tuipisssss itu .... hehe .. ), tempat kuliner yang satu ini ternyata punya penggemar cukup banyak. 

Meja meja disitu hampir jarang sepi meski pada jam jam bukan saatnya menyantap pagi, siang atau malam. Kenapa? Karena di jam jam itulah yang dicari adalah martabak ! 

Memang melihat minyaknya, rasanya sudah kenyang sebelum menyantapnya, maka biasanya kepada pak pembuat martabak saya berpesan begini : " Tolong ya pak minyaknya ditiriskan dulu sampai agak habis, lama ngga papa kok saya ngga keburu ... " dan saya lihat cara menggorengnyapun minyaknya lalu dikurangi, gooddddd ....makacihhh ya pakkk ( apa boleh buat untuk mengkombinasikan antara keinginan hati dan menjaga kolesterol hehe .. ). 

" Sejarah asal mula " martabakpun masih kabur, meski disebut sebut India tetapi konon di India sendiri tidak dikenal, jadi akhirnya menjadi kurang penting dibanding rasanya hehe .. ( pembaca yang tahu persis sejarahnya dapat menulis dikolom komentar ya, trimsss ... )

Dan bukan cuma martabak yang terkenal disitu, ada menu menu kambing dan sapi yang tidak kalah enaknya dengan martabaknya. Lihat misalnya : gulai sapi/ kambing, sate kambing, tongseng, nasi goreng kambing, rawon, soto, sup kikil sapi, dan banyak lagi ! 

Harga? menurut saya standar saja, misal : nasi tongseng 9000,- nasi gulai 8000,- sup kikil 10.000,- dan juga deretan aneka minuman mulai juice kacang ijo, apokat, apel dll sampai yang panas panas seperti kopi jahe dll, lengkap.

Tidak terhitung seringnya saya kesini karena bertahun tahun saya suka mampir di deretan ruko depan Mitra I ini untuk berbagai keperluan, mulai apotik, toko alat tulis, studio foto, batik keris, toko sepetu dan terakhir martabak ini disaat sudah capek muter muter. 

Area ruko ini kok ya kebetulan seperti " one stop shopping " semua ada disatu tempat , meskipun termasuk area ruko yang kuno dan sudah jauh mendahului model2 ruko yang modern dan menjamur saat ini .



Saking seringnya kesitu sampai lupa untuk menulisnya di blog ini hehe .. Maka terutama buat pembaca blog saya yang BUKAN asli Malang atau baru menetap di Malang, tempat makan yang satu ini mungkin bisa dicoba meskipun resepnya kuno tapi justru disini kita menemukan rasa yang beda .. 

Jangan lupa bawa pulang oleh oleh martabak buat yang dirumah dan buat ... saya hehe ... ( th ) .

Keterangan foto ( all taken by : TH , April 2013 ) :

01. Martabak Agung ... yummyyyyy ...
02. Ruko depan Mitra I, Alun Alun Malang.
03. Nasi tongseng yang uempukkk dagingnya ..
04. Selebar dan setipis apapun tidak pernah robek ...    













Tidak ada komentar: