Selasa, 02 April 2013





Nopember 2008 - April 2012
" my blog, my mirror "


( Very special thanks to all my dearest blog-readers .. )


Sore tadi saat mencari sebuah tulisan di awal 2009 di blog ini, tiba tiba saya melewati sekitar 30 halaman yang menandai betapa perjalanan blog ini sudah memasuki tahunnya yang ke  5/ lima ! Waktu lewat tidak terhentikan. Sempat lama vakum, yakni 2011 dan terkejar sedikit ditahun 2012. 

Dengan jumlah tulisan 314 artikel dan yang ter publis sejumlah 257 artikel dan  57 tersimpan dalam " draft " yang pernah terpublis namun kemudian saya menaruhnya di bank-artikel dengan alasan tertentu.

Tiga kali blog ini mengalami bedah plastik, bahkan diawal kemunculannya Nopember 2008, sangatlah sederhana dengan warna biru mendominasi halaman halamannya. Namun dalam perjalanannya, saya merasa biru bukan warna saya, saya mencari yang lebih pas yaitu Merah Hitam.  

Sayang sekali ditengah jalan wajah blog yang paling saya gandrungi ini mengalami masalah teknis dan terpaksa harus dibedah plastik menjadi yang sekarang meski saya tidak 100% sreg. Mungkin nanti akan mengalami operasi plastik lagi dan mudah mudahan lebih pas dengan selera saya. ( Maunya diganti hitam semua, membedahnya perlu waktu dan mengaturnya cukup lama, kita lihat saja nanti yaa ... )

Sebenarnya, saya menyiapkan 3/ tiga blog, tetapi yang dua masih belum digarap dan sejak empat tahun ini vakum masih terbatas frontpage hehe .. Yaitu, The World of Public Relations dan yang ketiga itu tentang dunia handmade. 

Dan tadi saya mendapat banyak kejutan melihat data data yang saya lewati saat berselancar ketahun 2008, 2009, 2010, 2011, 2012. Dari sejumlah 38.500 pengunjung blog yang berasal dari sekitar 25 negara, saya mendapat data menarik bahwa untuk artikel  tertentu yang mendapat kunjungan minimal 250 orang hingga 2500 orang  ternyata adalah :

Pizza Hut teratas dengan 2095 visitor ( ! ) .
Dibawahnya antara lain : Bakso Masak Sendiri , 1121 visitor.
Terus juga Museum Satwa, 1085 pengunjung, dan oya Barongsai 1503 orang.
Kemudian Mencari Sisa Jejak Sang Raja, 1119 visitor.

Lalu yang berada dikisaran 400 - 600 visitor antara lain :
Betis Indah Ken Dedes, Pantai Steak Malibu, Malang Kembali, Botanical Garden ( 676 visitor ), lalu Paru Paru Kita, Gus Dur Dalam Jeratan ( 694 ), disusul oleh Republik Telo dalam dua versi ( 325 dan 520 visitor ), Candi Kidal ( 405 ) , Liburan ke Cangar ( 479 ), Bali  Cafe ( 410 ) dan Misteri Gunung Kawi dengan 900 visitor.

Adapun yang berada pada kisaran 200 - 300 visitor antara lain :
Fajar 2012 di Penanjakan Bromo, Hot Cwi Mie, Ainun, Macan Ponpes, Goa Cina, Segara Anakan, Ngliyep, Lela Lele, Rock Bar, Pondok Desa, Balai Kota, Makam Sukun, Waroeng Waroeng Jadoel.

Diluar ini semua, yakni sekitar 233 artikel, berada pada kisaran 02 - 200 visitor.Memang ini angka yang sangat kecil untuk sebuah blog yang sudah berusia hampir 5/lima tahun dibanding blog teman yang dalam setahun mengundang hampir satu juta visitor, fantastis !

Lalu apa arti dari data data ini untuk saya ? Ternyata blog yang diawalnya saya pikir hanya untuk mengisi waktu luang dan corat coret , memberi saya kesadaran bahwa Ada Sesuatu Yang Harus Saya Pertanggung Jawabkan. Terlebih ketika saya lihat ada visitor dari 25 negara yang pernah dan sedang dan akan melongok blog ini, pastilah mereka mencari dan menemukan sesuatu disini, apapun itu.

Saya tidak bisa seenaknya menulis terutama yang berkaitan dengan data, baik artikel yang bersifat pribadi maupun umum. Adapun 4/ empat besar diurutan teratas dari negara negara visitor adalah : Indonesia ( terbesar ) , disusul Amerika, kemudian dibawahnya adalah Malaysia dan Jerman ditempat ketiga, disusul secara hampir merata oleh misalnya : UK, Korea, Rusia, Singapore, Itali, Saudi Arabia, Australia, Belgia, Kanada, Vietnam, Belanda, Taiwan, Kroasia dll.

Yang kedua, bahwa saya tidak boleh mandeg, karena saya mulai melihat munculnya " customer loyal " dari belahan dunia lain, sehingga tidak dapat begitu saja diabaikan bahwa blog ini saya tulis " suka suka ", jadi kalau pas males ya sorriiii ... Saya harus rutin meng updatenya sebagaimana mereka rutin mengunjunginya ! Bukankah ini fair ... ?

Yang ketiga, masalah bahasa. Saya belum menterjemahkan semua artikel, atau lebih tepatnya belum membuat versi asingnya kecuali beberapa artikel yang sangat sedikit.Meskipun sudah ada program terjemahan, tetapi alangkah bagusnya kalau saya juga menyediakan langsung versi Inggris nya misalnya, syukur syukur kalau bisa lebih dari satu bahasa asing, tapi apa iya sempat?

Sesungguhnya, blog buat saya adalah sebuah challenge " seberapa besar rasa tanggung jawab yang kita miliki?" .. Apalagi bila sudah membuat pernyataan diawal blog bahwa ini dibuat untuk tujuan tujuan tertentu, yaitu memperkenalkan kota Malang beserta isinya kepada dunia internasional. naaa .. lho ... apakah hanya slogan kosong semacam janji pilkadal?

Maka sebuah ungkapan terima kasih sudahlah wajib harus saya sampaikan setulusnya kepada para pembaca setia blog ini plus pengikutnya yang sampai saat ini memang baru 8/ delapan orang, juga kepada pihak pihak yang meski bukan pembaca setia tetapi seringkali memberi masukan agar blog ini tetap eksis. 

Namanya saja " blog swasta " hehe dan gratis pula, maka manusiawi bila kadang saya mendadak diserang jenuh dan mandeg beberapa hari, tapi lalu ada yang mengingatkan bahwa saya harus mulai jalan lagi untuk mengisinya.

Siapa yang mengingatkan ? Yaitu disaat saya membuka data visitor, saya melihat betapa mereka membuka buka tanpa menemukan sesuatu yang baru, aduhhh .. rasanya ingin berteriak :
" maafff, tunggu sebentar yaaa .... "  .....  

Dan sisi lain dari blog yang belum saya berdayakan adalah sisi bisnisnya, waaa .. jangan lari dulu ya saya belum selesaikan kalimat ini. Maksudnya, kalau dari 25 negara ini kemudian ditemukan benang merah yang bisa saling menguntungkan, kenapa tidak? Para readers ini pastilah masing2 memiliki potensi bisnis di negara masing masing dan bila di sinergikan, mungkin bisa menjadi " sesuatu " ..... ?? 

Naa, pembaca blog terutama yang dari Indonesia, apabila ada diantara readers yang ingin bekerjasama atau menawarkan sesuatu yang bisa mendunia, boleh saja " menumpang " di blog ini kalau kebetulan belum membuka blog sendiri ! Catat saja : gratis, dan juga tidak dipungut komisi apapun  sejauh produk/ jasa nya itu tidak melanggar langgar apapun.

Dan selama penyedia blog masih eksis, sayapun akan masih berada disini, karena bak hukum Supply Demand, saya bisa ada karena saya dibutuhkan atau sebaliknya, karena ada kebutuhan maka saya ada, lho .. pusing dengan kalimat ini? 

Sekali lagi terima kasih atas kunjunga kunjungannya yang meski nil komentar tetapi anda anda adalah luar biasa ... !! Sekaligus mohon maaf bila ada hal hal yang kurang berkenan baik itu perkataan, kalimat, gambar ataupun konten yang kurang nyaman, sesungguhnya tidaklah ada kesengajaan tetapi saya wajib meminta maaf. Bak sebuah cermin, pengunjung adalah cermin dimana saya bisa tahu sekaligus sadar dimana saya seharusnya berada disaat dibutuhkan !

Salam blogger, th. 

( Foto diambil dari wikipedia ) 

     


 
  

Tidak ada komentar: