Minggu, 07 Mei 2023



 .. " Urban Garden " ..
sejak digemakannya pemanfaatan lahan dirumah
 rumah kota untuk disulap menjadi 
kebun buah atau sayur , maka lazim jika saat ini 
dimana mana atau tepatnya di masing masing RW
 punya lahan untuk berkebun sayur atau buah
 bahkan ternak lele dll . 
di RW saya misalnya , setiap kali ada panen sesuatu ,
 langsung lewat WAG diberitahukan bahwa 
warga mulai dapat membeli ini itu di kebun RW . 


pemeliharanya sudah tentu warga yang tergabung
 dalam aktivitas tanam menanam yang secara rutin
 mendapatkan arahan dari Dinas terkait 
jika ada inovasi2 baru yang perlu dishare 
ke warga untuk mengembangkan 
kebun yang sudah ada maupun ternak ikan dll . 
sekian hari yl saya juga berkesempatan membeli 
salad keriting yang segar di kebun RW ,  
dan karena ditanam secara hidroponik maka 
hasilnyapun luar biasa ! 
dengan harga sekilonya yang relatif murah , 
berberapa hari saya dimanjakan dengan salad
 yang segar dan sehat ! 
tentu saja ini menginspirasi rumah rumah yang
 punya halaman luas maupun sempit untuk 
memanfaatkannya sebagai kebun sayur/buah .
 tetapi hobi tanammenanam ini sudah tentu
 perlu keseriusan sebab kalau memeliharanya 
" suka suka " dijamin hasilnyapun akan 
" suka suka " alias tidak maksimal .
naa .. pertanyaan yang saya ajukan pada diri 
saya yaitu : " siapkah saya mengelola kebun
 dihalaman sendiri ? " .. jawabannya :
saya belum punya ..
(  Titiek Hariati , 07 .05 .23 )

Tidak ada komentar: