Kamis, 08 Juni 2023

 
 
 
.. " Berjumpa HI Bussemaker Di
KOPI LONCENG " ..
upaya menghidupkan kembali area  
Kajoetangan atau Kayutangan atau Jalan 
Basuki Rahmat baik oleh sekelompok pegiat 
Kayutangan Heritage dll maupun Pemkot sendiri
 agaknya  nyaris  mencapai apa yang diimpikan
 yaitu Kembalinya Kayutangan Sebagai
 Pusat Bisnis dan Wisata ( Belanja , Budaya , Sejarah ) . 
 
 
bangunan bangunan eks jaman kolonial kembali
 dilestarikan dan disana sini terjadi perubahan 
wajah yang semula kusam menjadi ceria 
dan disulap menjadi tempat tempat bersantai 
baik menikmati aneka kuliner maupun 
sekedar jalan jalan dalam suasana yang nyaman . 
salah satu yang berubah wajah adalah 
toko kacamata dan toko lonceng 
( jam dinding maupun jam bandul yang berdiri ) 
di Kayutangan nomor 45 ! 
 
 
untuk mengingat jamannya , perubahan dari toko
 kacamata dan lonceng ini tetap 
mempertahankan nama " lonceng " menjadi 
" KOPI LONCENG " ! 
menempati ruangan yang sangat luas dan 
berplafon tinggi khas bangunan lawas , 
memunculkan atmosfer Tempo Doeloe yang kental .
 apalagi ada deretan foto foto djadoel 
mewakili jamannya yang membuat warkop ini 
sangat layak masuk sebagai salah satu 
destinasi kuliner Malang! 
 
 
ada deretan foto foto walikota Malang sejak 1919 
yang masih dijabat oleh orang Belanda hingga
 walkot yang keempat ! 
 juga benda benda djadoel yang mewakili jamannya
 diwarkop ini , semakin memperkental aura klasiknya . 
dalam daftar menunya ada pilihan minuman 
hangat/panas dan dingin seperti es coklat ,
es kopi , es teh tarik , cold brew latte dll . 
yang mengandung soda juga macam2  
plus jus jus an . 
untuk makanannya lebih banyak mie mie an 
seperti mie goreng , mie kuah dll . jika saya tidak 
memesan makanan berat , adalah karena
 mereka memang hanya punya pilihan mie mie an . 
 
 
 
maka dimeja saya hanya ada 
Kopi Lonceng , Coklat Panas dan Pohong/ Ubi 
Goreng  yang ori ! sejam lebih saya habiskan 
waktu disana sambil menikmati lalu lalang lalin
 dijalan raya plus musik musik reggae yang 
nampaknya menjadi trademark Kopi LONCENG ! 
 
 
 sebuah siang yang sarat nostalgi , karena saya yang 
kebetulan lahir dan besar di Malang ini
 memang sarat jejak disepanjang Kayutangan ... 
( ups ! apakah saya tiba tiba teringat pada 
sebuah nama ? wah .. kalau perkara yang satu 
ini biarlah saya sendiri yang menyimpannya 
ya hehehe ... ) . ayoo ker .....
...... uklam uklam nang Kajoetangan ! 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 07.06.23 )
keterangan foto : 
01 . kayu penutup warkop bermotif 
wayang yang unik ! 
02 . saya didepan warkop
03 . atmosfer ruangan yang luas
***
04 . foto foto walkot Malang mulai 1919
05 . foto foto walkot Malang hingga 2023
06 . kaca mata kaca mata jadul yang 
masih dijual hingga saat 
***
07 . Kayutangan No 45
08 . jam jam dinding jadul
***
09 . daftar mamin
10 . cover
***
11 . Kopi Jahe Lonceng dimeja saya
12 . coklat panas dan gorengan ubi 
juga dimeja saya 
***
13 . saya menikmati atmosfer Kopi Lonceng
14 . milenial couple 
15 . saya menikmati atmosfer Jalan Kayutangan
***




Tidak ada komentar: