Minggu, 04 Juni 2023

 
 
.. " TUMPAKWATU Yang Terlupakan " ..
lama tidak ke Kebun Teh di Lawang , tiba tiba 
saja ingin menengok . siapa tahu ada 
perubahan ini itu ? 
sudah berdekatan dengan jalan masuk ke
 kebun teh , tiba tiba saja ada keinginan untuk 
sejenak berbelok kearah lain yang minggu lalu 
tampak sepi karena belum saatnya ada liburan
 longweekend yang menimpa dua KAMIS 
dalam Mei dan Juni ini ! 
 
 
sebuah papan yang mulai kusam bertuliskan 
" TUMPAKWATU " dan gerobag saya masukkan
 kedalam halamannya dengan setengah ragu
 karena disitu tampak sepi sepi saja .. 
bahkan ketika saya sudah separuh berkeliling ,
 tidak nampak seorangpun .. lhaaa ?? 
sesuai namanya hampir dimana mana saya 
melihat meja , tempat duduk , hiasan kolam , 
bahkan hingga tungku tungku diruang utamanya
 semua terbuat dari batu alami
 ( yang saling bertumpangan / tersusun ) ! 
beberapa wajan dan panci diatasnya menunjuk
 pada hidangan ala prasmanan bagi tamunya .. 
view disitu sebetulnya lumayan sebab 
saya bisa turun hingga kebawah yang ternyata
 malah menemukan beberapa ekor RUSA ! 
wow .. berfoto bersama rusa rusa sejenak dan
 ini adalah sebuah kelebihan yang jarang ditemukan 
di warung manampun ! 
 
 
disebelahnya juga ada kolam ikan koi yang lumayan
 gemuk gemuk . ada beberapa belas bangunan
 bambu bertenda plastik untuk kastamer yang
 ingin memiliki privasi cangkruk meskipun 
plastik plastiknya terlihat mulai kusam dan beberapa
 bagian rusak . tiba tiba seorang ibu 
tengah baya muncul dan menyapa ramah .
 saya penasaran mengapa area cantik ini 
seperti dilupakan ? 
 
" dulu memang ramai .. tapi ada sedikit masalah 
dengan pihak perkebunan yang pernah menetapkan 
biaya masuk 20ribu untuk kesini , 
dan masalah itu terbawa keranah hukum .. "
oallaaa .. sangat disayangkan karena keduanya 
( kebun teh dan Warung Tumpakwatu ) adalah sama sama pendukung pariwisata Lawang yang harusnya 
bersinergi saja entah bagaimana mengaturnya .. )
 
 
 
saya akhirnya hanya " mbontot " dua potong
 ayam kampung kare yang siang itu dipancinya  
tinggal ( atau tersedia ) 3 potong saja .
selebihnya kami hanya mengobrol dan saya 
jeprat jepret disekelilingnya . sungguh sebuah 
kecantikan yang sangat disayangkan karena 
terkesan " diabaikan bahkan dilupakan " padahal
 andai saja terawat baik  pastilah banyak pengunjung 
kebun teh yang juga tak segan singgah 
untuk makan siang atau cangkruk berlama lama
 di Tumpakwatu ini .. 
 
 
a hidden and  forgotten gem ... !
( Writing & Photos : Titiek Hariati  ,  04.06.23 )
keterangan foto : 
01 . naik ke bekas cottage
02 . setapak yang cantik
03 . ruang utama 
***
04 . duduk diatas meja batu 
05 . nama area
06 . salah satu tenda
***
07 . kolam ikan koi
08 . hijau ..
09 . dan bunga ..
***
10 . daftar menu
11 . daftar lainnya
***
12 . tungku tungku batu
13 . tungku tungku alami
***
14 .  saya dan rusa
15 . untuk rombongan
16 . saya mencoba tenda plastik
***

Tidak ada komentar: