Sabtu, 03 Juni 2023


.. " OMAH UMAK Yang Parah ,
 Serius Atawa Mainan ? " ..
tertarik dengan foto fotonya di sosmed , 
sayapun meluncur ke  Karang Tengah , 
Karangwidoro , nDau , Malang untuk menjajal 
sebuah tempat cangkruk yang menonjolkan
 sebuah bangunan kayu cantik yang modelnya 
lebih umum ditemukan diluar pulau seperti 
Kalimantan misalnya . 
 
 
 
apalagi namanya unik , Omah Umak yang dalam
 bahasa Arema yang serba walikan itu
 punya makna Omah / Rumah , Umak/ Kamu ,
 jadi Rumah Kamu , mungkin itu maunya ? 
sebetulnya duluuuu .. saya sering melewati 
rumah ini tetapi kesannya selalu " tutupan " 
sehingga saya pikir itu rumah kosong .
 maka ketika rumah cantik ini dibuka untuk kedai , 
sayapun bersemangat kesana ! 
 
 
 sayangnya ternyata lantai atas tidak difungsikan 
untuk kastamer kedai , jadi saya akhirnya 
memilih duduk ditengah kebun yang ada disitu .
 disebelah belakang tampak ada beberapa 
cottage yang konon memang pernah difungsikan
 sebagai penginapan tetapi tidak berlanjut.
 juga ada ruang besar mirip 
pendopo yang rasanya cukup untuk 
menampung acara acara tertentu 
seperti reunian , ultah , syukuran , 
bahkan wedding ! 
 
cukup nyaman menikmati suasananya 
yang tenang meskipun viewnya 
hanya kebun . dalam daftar menunya 
siang itu saya melihat lumayan banyak 
 pilihan menu berat tradisionil , 
juga minuman dan snacknya !
akhirnya saya memilih Rawon Umak ,
 Soto Umak , plus Pisgor 
dan minumannya Teh Leci dan Kopi Tarik . 
lucunya yang datang duluan justru
 Pisgornya yang itupun gosong gosong 
( lihat foto dibawah ini ) setelah lebih 
dari 15 menit !
15 menit setelahnya , muncullah Rawon . 
lho .. mana minuman dan Soto nya ?
 
 
 
agak lama lagi , baru nongol 
minuman2nya . lha .. lupakah sotonya ?
 saya ke kasir mengingatkan dan 
sang " chef " dari dapur menjawab 
" iya maaf sebentar lagi ya .. " 
wah , kok begini ya  batin saya ?
 
  dan selang 10 menit , datanglah akhirnya
 soto pesanan saya . tetapi alamakkk ... apa ini ? 
seriuskah mereka dengan soto ini 
ini daftar minusnya :
01 ) datangnya ke meja 30 menit lebih 
setelah dipesan !
02 ) soto kuahnya dingin !
03 ) potongan ayamnya 3 / tiga 
potong dengan daging tebal dan alot 
seolah bekas diambil dari freezer ?
04 ) rasa kuahnya : minus ! 
maka so pasti Tidak Saya Makan dan saya
 campurkan dengan sambal dll saya
 bawa ke depan kasirnya yang 
disaksikan " sang chef " dan petugas 
lainnya , mereka ber 3 ! 
 
 terpaksa saya berikan " kuliah singkat " 
bahwa kesembronoan terhadap 
kastamer seperti itu adalah sebuah
 tindakan Bunuh Diri terhadap 
Nasib Mereka Sendiri yang membuat 
kastamer kapok dan akan mencegah 
orang lain kesana daripada kecewa! 
ber 3 mereka minta maaf tetapi 
rasanya tidak cukup sebab saya juga
 masih harus membayar penuh 
meski soto dikembalikan dengan 
bukti kuat betapa layanan mereka : 
ZERO! 
sayang sekali bahwa tempat yang 
begitu nyaman " ternoda " dengan 
kesembronoan crewnya dan tidak
 ada sikap penyesalan misalnya dengan 
mengatakan " tidak usah dibayar bu " !
 
 
ini bukan masalah duitnya tetapi 
basa basipun mereka tidak lakukan ! 
teguran kedua saya adalah bahwa 
didekat kasir ada beberapa meja 
untuk kastamer tetapi siang itu 
meja sangat kotor dengan 
barang para crew yang tergeletak disitu
 termasuk puntung rokok dll
 seolah itu rumah pribadi dan ber 3 
nongkrong seperti dirumah sendiri !
 waduhhh... kalau ini yang dimaksud 
dengan Rumah Kamu dan kalau
 saya tahu bakal melihat kesembronoan
 seperti ini pastilah saya tidak 
buang waktu ke OmahUmak ! 
bahkan warung pinggir jalanpun yang
 sederhana dan hanya memakai 
tenda sederhana , mereka tidak 
sesembrono ketiga crew ini ! 
jika ownernya  membaca ini saya
 tidak yakin kedainya masih akan 
terus dibuka ! 
 
kesadaran para crew sebuah usaha 
itu sangat diperlukan sebab layanan jelek
 berarti nasib mereka juga bakal jelek
 alias usaha tutup dan mereka 
bakal menganggur !
apakah tidak diberikan training 
mengenai Customer Service dan 
Sense of Belonging terhadap 
tempat kerjanya ?
 
sebuah kesia siaan waktu yang 
terlanjur saya buang percu
 OmahUmak ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
baru sempet diposting pada 04.06.23 )
keterangan foto : 
01 . tampak samping
02 . naik kelantai atas
03 . lantai atas
04 . hall 
***
05 . bekas cottage
06 . diatas perahu
07 . duduk di kebun
***
08 . cendela
09 . lantai atas
***
10 . rawon
11 . pisgor gosong
***
12 .  teh leci
13 . kopi
***
14 . daftar menu
***
15 . pohon dikebun
***
16 . belakang rumah
***
17 . hall
***
18 . lagi , ditangga
*** 

Tidak ada komentar: