Jumat, 23 Juni 2023



.. " Karaoke ... Boleh / Tidak ? " ..
kemarin dulu seorang teman makan siang bersama
 saya disatu kedai dimsum di Jalan Kunir 5 .
 usai itu saya diberi beberapa voucher karaoke di 
Jalan Buring . " ayo mbak , udah lama lho 
kita nggak nyanyi2 .. kebetulan ada voucher gratis 
untuk satu jam nih .. " . 
sungguh masalahnya bukan voucher , tetapi
 memang akhir akhir ini saya makin " bingung " 
kalau ada ajakan bermusik dalam bentuk 
apapun ( live , karaoke , dll ) . 
bersimpang siurnya pendapat bahkan diantara para
 ulama sendiri tentang musik , memang 
membuat " bingung " bahwa 
" yang manakah yang bisa dipakai 
sebagai pedoman ? " .
 pro kontra . padahal sekitar 10-15 tahun lewat , 
saya belum pernah berfikir tentang " boleh tidaknya " 
alias selalu mengiyakan peluang bermusik . 
akhirnya karena melihat teman yang " memohon "
 tadi , saya mengalah dan kami menuju ke 
sebuah karaoke di Jalan Buring .
 voucher hanya berlaku satu jam gratis dengan
syarat harus nambah satu jam yang tidak gratis .
 saya diberondong dengan pilihan lagu lagu yang
teman tadi sudah sangat hafal selera saya , 
" wes ayo .. nyanyi mbakkk... " ... 
begitulah akhirnya dan setelah sekitar 5 lagu 
 sayapun berpamitan lebih dulu pada mereka ,
meski diiringi protes ( padahal di layar TV nya 
masih ada sekitar 28 lagu yang sudah 
dipersiapkan teman tadi untuk kami ber 3 hehehe .. ) . 
pertanyaan yang mengambang dalam benak saya
 adalah : " Musik adalah salah satu keajaiban
ciptaanNYA yang ditangan yang tepat menjadi 
keindahan yang universal . 
jika musik tergolong yang di haramkan , maka 
sebenarnya apa pesanNYA lewat larangan bermusik ? " 
 ada tokoh religi yang memainkannya 
serta menilainya tidak haram sejauh itu untuk 
memuja kebesaranNYA . 
tokoh religi yang lain tegas tegas melarang dan 
menjelaskannya sebagai sesuatu yang haram . 
wahai .. masih ada kelanjutannya yaitu 
jika sesuatu menimbulkan keraguanmu , 
maka tinggalkan " ..
...... 
( Titiek Hariati , Juni 2023 )
keterangan foto :
01 . ber 3 di karaoke 
02 . FF di Ijen 15 Mlg
03 . FF di Ijen 15 Mlg
***

Tidak ada komentar: