Sabtu, 26 Maret 2022


 
 
 
 
 
 .." Dulu Dihindari , Kini Dicari " ..
tidak terlalu lama , hanya dalam hitungan sekitar 
3 dekade , perubahan pesat terjadi disekeliling 
rumah saya . 
diawal saya memutuskan untuk tinggal di area  yang 
 dikenal dengan nama Tlogomas , Malang , 
atau merupakan kepanjangan dari area Dinoyo , 
adalah didorong keinginan untuk sedikit mencari
 area yang tenang meski sedikit agak jauh dari kota . 
 
 
 
 
itu terkabul dan bisa saya nikmati beberapa tahun
 disaat transpotasi masih terbatas pada 
becak , bemo bahkan masih ada delman atau dokar .
 satu satunya tempat saya bisa bersantai yang
 terdekat dengan rumah saat itu adalah 
Taman Sengkaling dengan kolam renang ukuran
 Olympiade nya yang jadi favorit saya 
untuk berenang diakhir minggu . 
selebihnya saya harus agak jauh pergi kearah Batu
 untuk bisa menikmati Selecta atau Songgoriti 
yang masih dalam versi lamanya . 
kalau kekota , saya merasa Sarinah dan Mitra adalah
 yang paling keren pada masa itu disamping juga
 Gajah Mada Plaza dan Malang Plaza plus Dieng Plaza 
yang seolah menjadi ikon pada masanya . 
 
 
 
 
Jalan Kayutangan atau Basuki Rahmat masih 
dalam wajah jadulnya dan gedung BCA dipojok 
Jalan Kahuripan adalah satu satunya yang 
merubah wajahnya plus gedung Telkom yang
 baru yang menggantikan Kantor Pos Pusat pada
 jaman saya kecil dulu . 
dalam perjalanan waktu dimana kesibukan juga 
mendera saya karena sepulang saya ketanah air ,
 saya bekerja di berbagai perusahaan di 
Malang , Surabaya dan Yogya , 
saya menjadi kekurangan waktu untuk mengamati
 detil perkembangan area tempat tinggal saya .
 

 
 
 singkatnya , pada tahun 2022 ini , 
kata orang Tiongkok adalah Tahun Macam Air , 
dan saat saya mengetik ini , tidak ada lagi
 bemo , becak , delman dan sepeda onthel .
 yang ada adalah para
 pengemudi Ojol dan tersisa sedikit yaitu mikrolet 
serta padatnya jalan jalan yang dulunya lengang ,
 dipadati Ford, Mazda , Nissan , Mitsubishi , 
Alphard dll keluaran yang terbaru ! 
 
 
 
kebun kebun , sawah sawah , lembah dan bukit seolah 
menghilang dan jarak rumah saya ke Batu seakan
 terpangkas menjadi tetangga dekat . 
bangunan bangunan perumahan , kompleks ruko , 
supermarket , bahkan mall dan hotel hotel , 
guest house , apartemen dll memadati tiap jengkal tanah
 antara rumah saya dan Batu ataupun sebaliknya
 yang kearah kota !
 rumah saya bukan lagi area yang sejuk dan tenang
 tetapi sudah menjadi salah satu area kos kosan
 ataupun asrama mahasiswa dengan banyaknya
 kampus kampus yang berdiri
 disekeliling saya . 
sebut saja Unisma , UnMuh , STIA , Gajayana , 
Tribhuwana Tunggadewi , dll . juga rumah dari para 
tetangga saya pun perlahan berubah wajah menjadi
 tempat tempat kos berlantai dua hingga empat dan
 wajah wajah pendatang pun memadati 
perumahan perumahan . 
 
 

 
 
saudara saudara kita mahasiwa /i dari Kalimantan ,
 NTB/NTT , Sulawesi , Aceh , Papua dll memadati 
kampus kampus di Malang seolah
 tidak lagi ada jarak antara Malang dengan 
kampung halaman mereka . 
perubahan ini juga membawa perubahan pada 
kebiasaan saya secara pribadi . saya tak lagi ke 
Sengkaling , karena didekat saya saat ini ada 
berpuluh tempat bersantai ataupun berolah raga
 atau juga  sekedar cangkruk .
 cafe ? mungkin ada sekitar 30-40 an bahkan lebih . 
warkop ? ratusan . warung atau kedai atau 
sejenis warteg ? tak terhitung .
 
 
 
apartemen , hotel , guest house ? silahkan membuka
 internet untuk menghitungnya sendiri .
 perumahan ? bersiaplah bahwa dalam setiap jalan
 tikuspun ternyata tersembunyi 
perumahan perumahan yang cukup eksklusif ! 
dulu tidak dikenal yang namanya Car Wash yang
 saat ini ada belasan jumlahnya . 
dulu tidak ada yang namanya laundry , kini ada puluhan .
 dulu tidak dikenal yang namanya Shoes and  Care ,
 kini belasan jumlahnya .
 dulu tak ada yang namanya Service HP atau Laptop ,
kini puluhan dst dst yang tak terbilang jenis 
dan jumlahnya sesuai kebutuhan jamannya .
 maka , sayapun punya route jalan pagi yang 
berubah total sejak beberapa tahun berselang 
dan ketika pekerjaan tak lagi
 mendera & mewajibkan saya sesibuk dulu . 
route tetap saya adalah : 
rumah , jembatan baru didekat aprtemen Begawan ,
 masuk kampus UnMuh , jogging dilapangan
 olahraganya , berkeliling kampus UnMuh dan keluar 
dari kampus UnMuh menuju apartemen Begawan 
yang hanya berjarak lima menit dari rumah saya ,
 untuk cangkruk melepas lelah disitu sambil 
 
 
ngopi atau makan pagi ataupun menikmati sepotong
 Cinnamon Roll yang renyah sambil mengamati
lalu lalang mereka yang berolah raga pagi
 disekeliling apartemen Begawan ini . 
panorama yang dihadirkan disebelah
 samping belakang apartemen ini sangatlah 
luar biasa sehingga saya merasa berhemat dengan
 jarak dan waktu untuk mencarinya ditempat lain .
 demikianlah  waktu membawa perubahan dan 
sayapun ikut berubah karena harus menyesuaikan 
dengan mesin jaman . 
jika diperumahan saya tak ada lagi ketenangan 
tersebab makin padatnya penghuni dan pendatang ,
 maka hanya berjarak lima menit dari rumah ,
bersyukur saya masih bisa menghirup oxygen segar ...
tetapi  pertanyaan lain muncul : 
" sampai kapankah ini bertahan dan bisa
 saya nikmati sebelum nantinya akan berubah lagi ? " 
 hanya waktu yang akan membawa jawabannya ....
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 25 .03. 22 ) 
keterangan foto : 
01 . saat jembatan kearah belakang 
kampus UnMuh masih dalam pembangunan .
02 . saat jembatan mulai mendekati selesai .
03 . saat jembatan sudah selesai .
04 . view sepanjang jalan pagi saya ..
********
05 . dijepret dari belakang Apartemen Begawan
06 . - sda -
07 . salah satu cafe di Apartemen Begawan 
 yang hanya 5 menit dari rumah saya .
********
08 . jembatan ditengah kampus UnMuh .
09 . saya duduk ditengah dijembatan itu . 
10 . tembok ekspresi mahasiswanya
********
11 . Tahun Macan Air ( 01 )
12 . Tahun Macan Air ( 02 ) 
********
13 . lantai bawah Apartemen Begawan/AB
14 . AB dikejauhan
*******
15 . bakal cafe di AB
16 . salah satu tempat cangkruk di AB
17 . saya didepan warung Korea di AB
*******
18 . saya dan Petruk
19 . diatas jembatan baru
*******
20 . ngopi di AB setelah jalan pagi 
*******






Tidak ada komentar: