Jumat, 03 Januari 2014

.. " Diantara Ombak dan Goyang Kaisar " ..
( catatan tercecer malam tahun baru 13/14 )

hingga jam 10 pagi tanggal 31 desember 2013 saya masih berkutat di dua RS, gara gara kemarinnya tertelan duri ikan dan ditenggorokan terasa " sringggg ... sringggg ... ". jangankan menyanyi, lha buat menelan ludah saja sakitnya alamakkk ... sudah tak terpikir soal New Year, yang penting duri segera tercabut.

tapi wow ... ternyata antrian di RSSA mirip antrian karcis Laskar Pelangi dihari I, saya bingung ! kalau menunggu dokter praktek THT baru ada sore hari, maka dengan menahan sakit saya putuskan tidak mengantri sebab bisa2 jam 6 sore baru selesai dan
pasti akan terjebak macetnya persiapan kerumunan New Year.

upaya menelan nasi hangat sudah belasan kali, tapi sia sia. antara jengkel dengan duri ikan dan diri sendiri yang kurang hati hati makan ikan disaat giliran PLN kemarin mati ( ! ),
 saya membuat keputusan yang " bukan diri saya " ( ini apa to? ) yaitu :
ingin menunggu sunrise 2014 ditengah kegaduhan Balekambang !

( bayangkan, tahun lalu saya merasa tersesat kesana karena menjumpai suasana Tahun Baru yang serba gaduh, lha kok ini malah saya datangi?  semata saya ingin " melupakan " sejenak duri ditenggorokan yang sring sring dan menjengkelkan ini !  )

berhenti untuk makan siang di daerah Wajak, disebuah kedai yang lumayan bersih,
namanya " Warung Jawa bu Likha " .
dan saya melihat sebuah poster menarik didindingnya : Nasi Bebek Sambal Hijau,
maka daripada pusing memilih milih menu maka saya tulis NBSH ini saja. ternyata saya tidak salah pilih, bebek gorengnya uempuukkkk dan sambal hijaunya yummyyyy ! dan semula saya berharap duri ikan ditenggorokan akan terdorong bebek, ternyata tidak.

dan dalam perjalanan ke Balekambang, dugaan saya tak jauh meleset bahwa dari desa desa sekitarnya bermunculanlah truk truk bermuatan soudsystem yang suaranya lebih mirip ledakan mercon bumbung  dan hampir 95% lagu lagunya adalah lagu lagu untuk Goyang Caesar/Kaisar! ( tahun lalu Gangnam Style ! ) .

maka percaya atau tidak ( percaya akan lebih baik ! ) bahwa sisa 30km terakhir saya kearah pantai BK ini dipenuhi oleh " suara suara mercon bumbung " tadi karena persis didepan saya ada 3 truk yang berbeda beda lagunya tapi semuanya sama: musik GK!

jangan tanya gayanya, saya sampai sakit perut menyaksikan ulah mereka yang saya lihat lebih mirip " kesurupan " daripada Goyang Kaisar hehe ... konvoi ratusan mobil kearah pantai ini semakin membuat duri ditenggorokan saya menusuk nusuk,
tetapi ini sudah saya pilih, jadi supaya sekalian saja jengkelnya :
 ya duri, ya gaduhnya musik, ya padat merayap ya semuanya .....  oiiiiiii ......
jalanan sempit naik turun ngarai, licin, ada sebagian yang ber lobang lobang, semuanya komplit membuat kepala nut nut nut ....
( sebetulnya sumbernya sederhana : duri dikerongkongan hehe .. )

untunglah jam tiba di BK ternyata cukup cerdas alias belum terlalu padat dan kali ini beruntung mendapat tempat parkir strategis yaitu menghadap laut, dekat WC Umum
( ini penting ! )
dan dekat kedai mamin ( ini juga lebih penting hehe ... ) plus sebelah kanan adalah
tembok sebuah penginapan sehingga privasi lebih terjaga.

mandi di WC Umum plus sholat, dan setelahnya saya kaget karena  area parkir didekat saya sudah sangat padat bahkan mulai terjadi perebutan tempat dan kesulitan roda 4 untuk sekedar bergerak satu meter kedepan!
saya perkirakan ada sekitar 2000 roda 4 lebih saat itu dan entah berapa puluh ribu motor yang sore itu sudah mulai memadati tiap centimeter di BK !

gerimis yang cukup deras membuat saya malas mencari obyek jepretan, maka saya hanya mengisi bahan bakar perut di kedai terdekat. " Nasi goreng plus ceplok saja buuu ... ", saya permudah acara isi bbmnya, kuatir keburu hujan.

naaa .... sebuah keajaiban terjadi, begitu sendok terakhir nasigoreng saya suap, lho ... kok durinya sudah hilang? wow ... seketika " dunia serasa cerah cemerlang " hehe, dan pilihan ke BK ini rasanya salah tapi tidak salah, karena mungkin lemak nasi goreng tadi sudah membantu meluncurkan duri dari tenggorokan kebawah hehe ... alhamdulillah !

maka, saya mulai bisa menikmati " kegaduhan " disekeliling saya, tetapi untunglah stage yang ada dipinggir pantai itu berjarak cukup jauh sehingga saat mereka mulai brangbrengbrong pada 23.00 , diarea saya tidak terlampau terganggu.

waaa .. tapi rupanya orang mulai tidak sabar menahan merconnya hingga 24.00, disaat masih kurang 40 menit ternyata disana sini sudah mulai darderdor dan
 berlanjut hingga 00.30 ...... !

dari arah stage akhirnya terdengar hitungan mundur menjelang 00.00, dan .... :
" Happy New Year, Happy New Year .... !! "
ya sudah, sekali setahun kenal tak kenal saling mengucap selamat !!

klakson klakson saling bersahutan dan ini lucunya : berhubung padatnya tempat parkir yang hampir tak mungkin bergerak satu sentipun kearah manapun, semuanya tumplek bleg mulai yang jualan, yang main musik, yang bikin api unggun, yang goyang kaisar, yang tidur, yang pacaran, yang makan makan, yang nyanyi nyanyi, maka akibatnya semua kendaraan terutama roda dua hanya bisa meraung raung ditempat dan tidak bisa berkonvoi hehehe ... !!
(  jangankan konvoi, wong diam ditempat saja sudah berdesakan )

stage berakhir pada jam 01.00, dan bermunculan suara suara gitar , radio, tape dll dari kelompok kelompok tenda yang tersebar di seantero BK, sesekali masih ada darderdor. usai sudah hepinyuyir dan sayapun bersiap siap merebahkan kursi supaya kaki bisa selonjor dan berusaha tidurrrrrrr, besok pagi mau jeprat jepret sunrise 2014 !

--------------------------------------------------------------------------------------

01 Januari 2014

ups, jam 4.05, semua masih gelap, pantai terlihat hitam dan gerimis, aduhhh ... mendahului mandi ke WC umum sebelum datang antrian mandi yang biasanya sangat panjang dan lama, selanjutnya adalah sholat dan jam 05.30 sudah duduk manis dikedai yang sama,
untuk sarapan pagi yang I ditahun 2014 !

kali ini berganti dengan soto ayam . oya tarif mamin di kedai kedai yang jumlahnya puluhan disepanjang pantai BK ini menurut saya cukup murah, berkisar antara 7 - 10 ribu.
ada rawon, soto, nasi goreng, nasi campur dan sejenisnya.

jam 06.00 ternyata masih gelap dan mendung plus gerimis. buyar segala harapan tentang sunrise, boro boro sunrise, melihat garis pantai masih gelap dan mendung plus gerimis rasanya sudah tidak mungkin pagi itu meski cuma untuk jalan jalan Mengejar Matahari !

maka setelah yakin surya malu, sayapun berkeputusan cabut dari BK mumpung sebagian besar orang masih kelelahan dan tidur, menuju arah pantai Ngliyep !
 dugaan tepat, disepanjang jalan kearah pintu luar pantai BK yang
dipadati ribuan kendaraan,
si mini saya masih dengan mudah melewati mereka dan hanya beberapa truk yang pagi itu sudah " bangun " plus mulai berdentam dentam musiknya plus para penumpangnya
 yang sudah " megal megol " ala kaisar hehe ...

sepanjang perjalanan ke Ngliyep belum banyak kendaraan, maklum memang masih pagi, dan view yang ditawarkan memang lumayan cantik meski masih mendung.
dan ternyata di Ngliyep juga sudah mulai ramai baik yang sejak semalam berkemah maupun pendatang baru seperti saya.

( saya sudah pernah menulis tentang BK, Ngliyep dll di blog ini jadi tidak perlu saya ulang. tetapi ini yang memang saya suka dari Ngliyep dibanding BK, yakni relatip masih " liar " karena tidak/ belum sekomersil BK. tetapi kalau kita kepantai sebelahnya, Pasir Panjang,
sudah terlihat lebih tertata dengan banyaknya jumlah warung, wc umum, penginapan dll. )

saya habiskan waktu cukup lama  di Ngliyep untuk sepuasnya jeprat jepret meskipun tidak terbantu matahari yang juga pagi itu tidak terlampau kemayu di situ.
ombak yang seolah meng hipnotis ini telah menghabiskan hampir 150 jepretan meskipun namanya ombak itu " ya itu itu saja " baik alun maupun gerakannya,
tetapi namanya " suka " itu memang silut e .. sulit!

dalam perjalanan pulang, singgah disebuah warung bakso bakar untuk makan siang, yang letaknya dikelilingi persawahan dan hutan. dihalamannya beruntung saya menemukan
seorang " fotomodel " , seorang embah embah pemikul kayu bakar
( saya akan tulis tersendiri ya ! )
saya menikmati bakso bakar ditengah area persawahan ini sebagai makan siang I ditahun 2014 sambil mensyukuri lepasnya duri ikan dari kerongkongan hehe ..

dan saat sampai kembali dirumah  si mini saya tampak sangat " memelas " karena tebalnya lumpur di badan terutama roda rodanya, mirip sebuah perjalanan offroad ..

" Happy New Year untuk semua,
 Semoga 2014 memberikan banyak keberuntungan ,
kebahagiaan dan kesuksesan baik dalam hal pribadi maupun bisnis ! "
amin. ( th )

( keterangan foto, all taken by : th, January 2014 )

01. mercon dalam tangkapan lensa
02. rombongan pengendara motor yang gagal konvoi hehehe ..
03. bebek sambal hijau
04. poster
05. menikmati pasir diawal 2014 dalam KANVAS photo-editing
06. cadas karang dalam KANVAS photo-editing
07. salah satu sudut karang Ngliyep
08. karang dan ombak Ngliyep !
09. bermain pasir dan ombak diawal 2014
10. kelapa muda
11. pengunjung diawal 2014 ( maaf buat yang " katut " kejepret dalam foto2 saya, bila ada yang keberatan dipersilahkan memberitahu saya, trims ... )
12. nelayan pulang kampung ...
13. area perkemahan di bibir pantai
14. keping panorama
15. balekambang diawal 2014, mendung ..