Senin, 13 Januari 2014





.. " Srigala ( ber ) Mata Elang " ..

namanya suka, memang sulit diurai dengan kata maupun angka. demikian ketika saya bersinggungan  untuk yang  pertama kali dengan budaya suku atau bangsa Indian lewat karya karya Karl May semasa kecil. 

film tentang suku suku Sioux, Apache dll itu bermain dalam imajinasi saya lewat novel novel Karl May hingga akhirnya muncul film film layar lebar tentang mereka yang benar benar memuaskan rasa ingin tahu saya tentang Red Indian dimasa kecil dulu.

gambaran mereka sebagai sebuah bangsa yang tersisih dari tanah tumpah darahnya sendiri sangatlah lekat dimana yang mengaku sebagai " bangsa Amerika " adalah justru bangsa pendatang dan bangsa Amerika  asli adalah Red Indian ini. sebuah tragedi.




kemarin saya menemukan " harta karun" yang indah, sebuah lukisan cantik diatas TShirt yang menggambarkan beberapa karakter khas Indian. 
ada Elang disana, lalu Srigala dan tentu saja Kepala Suku. langsung saya suka. bangsa ini memang dikenal sangat dekat dengan alam dan memakai bahasa alam sebagai bagian penting dari keseharian nafas hidupnya. 

dari sebuah patahan ranting kecil, mereka sudah dapat membaca jenis mahluk apa yang mematahkannya serta sejak berapa lama yang lalu. mendekatkan telinga kepermukaan tanah juga salah satu keahliannya yang alami, guna membaca jejak langkah dikejauhan dari berbagai mahluk lain.

dan bila saat ini keahlian keahlian alami yang dipelajari dari alam ini mulai mengeropos oleh modernisasi kehidupan yang pekat teknologi, mungkin tidak perlu ada yang dipersalahkan karena untuk survive disebuah negara kapitalis selayak Amerika 
agaknya kuda, elang dan srigala semakin sulit menjadi gantungan hidup. 
sebuah pergeseran jaman.

namun nilai nilai yang dapat diwarisi dari sebuah budaya luhur nampaknya masih terselamatkan setidaknya oleh sebagian dari generasi nya yang terkini, dan tampil dalam bermacam bentuk upaya penyelamatan. pameran pameran, penulisan buku buku, seminar seminar, penelitian, perlindungan/ cagar budaya dll.  

 semuanya ini berpusar pada isu isu penyelamatan budaya Red Indian yang agaknya menjadi 
" pelipur hati " bahwa budaya yang satu ini tidaklah demikian saja akan lenyap digerus jaman. ditangan pewaris pewarisnya yang setia, 
kita masih punya harapan untuk dapat mengenalnya lebih dalam.

oya , saya namakan temuan TShirt yang cantik ini dengan " Srigala Bermata Elang " meniru bagaimana bangsa Indian memberi nama nama orang sesuai karakternya serta gejala alam yang menandainya, misal Elang Senja Merah dst. 

Srigala itu mewakili karakter ulet dan telaten/ sabar dalam mengintai/ menunggu saat yang tepat untuk menerkam mangsanya sekaligus ia adalah srigala yang bermata setajam elang karena kejeliannya melihat segala sesuatu yang bahkan oleh mahluk lain tidak terlihat/ tidak bisa dilihat/ dipahami/ dimengerti. 

TShirt saat ini memang telah berada disebuah tempat  yang paling tepat, sebagaimana bangsa Indian yang senantiasa belajar kepada alam agar kehidupan berlangsung harmonis karena bersahabat dengan alam adalah yang pilihan yang terbaik. 
semoga. ( th )

( photos are taken by : th, january 2014 )
01. dalam black-white
02. dalam photo-editing
03. ada semburat coklat sedikit disana 





Tidak ada komentar: