Jumat, 03 Januari 2014




  " Jangan Tanya Usia, Sayapun Tidak Tahu "
( ' sampun taken umur, kulo piyambak mboten sumerap ' )


saat saya masih menghabiskan separo mangkok bakso disebuah kedai bakso didesa antara Bale Kambang dan Ngliyep, saya kaget melihat sebuah " siluet " di samping kedai, yang tiba tiba muncul diantara belukar dan kebun pete.
 bakso saya tinggalkan dan saya berlari keluar dan menyapa seorang wanita yang sedang mengangkat kayu bakar dipunggungnya :

" bukk, sampun bade wangsul ?" ( sudah mau pulang? ), seterusnya saya akan langsung terjemahkan dalam bahasa Indonesia saja.
" iyaa, habis nyari kayu bakar "
" anak anak kemana kok ibu sendiri yang nyari kayu?" 
" oo .. sudah menikah semua, buyut saya empat "



" usianya berapa sih bu kok terlihat masih cantik ?"
 ( tertawa ... , saya tulus mengatakannya karena keriput diwajahnya itu tidak mampu menyembunyikan sisa kecantikannya dimasa lampau, 
bahkan tanpa olesan bedak maupun lipstick, 
tidak seperti sebagian wanita wanita masa kini yang berupaya keras menahan proses aging dengan bedah plastik maupun tebalnya " gincu dan pupur " yang membuat mereka
 seperti topeng ataupun psk psk jalanan, maaf .. )

" saya sendiri tidak tahu umur saya, jadi jangan ditanyakan hehehe .... "

kami lalu mengobrol ringan tentang keluarganya dan aktivitasnya, saya meminta ijin menjepretnya dan wajahnya bahkan terlihat ceria. saya lupa dengan mangkok bakso, saya banyak merindukan momen seperti ini yang di kota kota mulai punah : ketulusan.
senyum dan tertawa itu, from the bottom of her heart !
tidak ada topeng disana, tidak ada kepurapuraan apalagi muslihat.

disaat berpisah, saya mengantar dengan pandangan mata hingga langkahnya menghilang diseberang jalan yang juga dipenuhi tanaman dan pepohonan.
sebuah potret kehidupan yang sederhana, namun nyaman dan tenteram.
sebagaimana salah satu kalimatnya:
" alaaa, nopo to sing bade diuber? mangke ngge namung kain petak mawon sangune hehehe ... "
( " ahhh, apa sih yang akan dikejar kejar? 
nantinya tokh juga cuma kain putih sebagai bekalnya?" )

sisa bakso dimangkok saya habiskan dengan merenungi perjumpaan istimewa ini ..
" matur nuwun buuu .... "  ( th  )

( all photos are taken by : th, january 2014 )

01. the natural beauty
02. strong woman
03. a simple happy life
04. on the CANVAS of photo_editing

Tidak ada komentar: