Sabtu, 11 Desember 2021


 
 
 
 
 
 
 
 

 
 

 
 


 
 
 
( 07 of 10 )
.. " mBolang 2300km Malang - Banten PP " ..
( -- " Dari Cikampek Ke Cihampelas " -- )
10 hari di Betawi dan sekitarnya utamanya 
di area Bintaro , harus berakhir juga ketika rencana 
mbolang yang berikutnya sudah menunggu
 yaitu Bandung ! 
pada subuh 14 Nopember yl , akhirnya Banten 
saya tinggalkan menuju arah Tol Cikampek .
 




rencana dua malam di Bandung 
( Sabtu dan Minggu malam ) semoga akan berjalan
 lancar sebab agendanya cukup padat antara lain 
mblusuk Gedung Sate dan beberapa tempat lain yang
 belum sempat saya kunjungi
 pada Januari 2020 yl .
tetapi datang di Bandung pada saat weekend ternyata
 bukan waktu yang tepat ! lalin yang padat dan 
tempat tempat wisata yang penuh kerumunan , 
adalah pilihan yang salah . 





tetapi bagaimana lagi kalau agenda sudah terlanjur 
menetapkan tanggal ke Bandungnya ? 
akhirnya sekitar 2,5 jam setelah meninggalkan Betawi ,
 tiba di Bandung dalam cuaca lumayan cerah . 
( masuk kota Bandung serasa diputar mesin waktu .
 bagaimana tidak ketika ingatan mundur ke 
tahun tahun saya masih berkutat di 
Majalah Remaja " Q " , 
sebuah majalah Musik dan Fashion .
 Bandung tidak asing bagi saya kala itu sebelum
 akhirnya saya lebih aktif bersama 
Majalah GADIS di Jakarta  )
 kali ini rencana ke Guest House atau Hotel nampaknya
 harus dirubah karena kerabat di Jl. Buah Batu
 memaksa untuk stay dengan mereka sepanjang weekend .
 ada dua alasan .
 pertama kami memang sudah beberapa tahun 
tidak saling bertemu tersebab pandemi ,
 dan kedua: 
" rumah kosong lho mbak , anak anak sudah ngga
 serumah dan suami juga sedang berdinas 
( sebagai Hakim Tinggi yang
 adalah keponakan saya ) di NTT " . 




nah .. mana mungkin menolak karena sayapun suka
 studio musik mereka yang biasanya kita habiskan
 waktu untuk ber karaoke atau anak anak yang
 biasanya " nge band " disitu karena penuh 
alat musik dan sulungnya suka mengiringi saya 
cuap cuap dengan pianonya .. ! 
tetapi dengan anak anak mereka yang sudah
 tak lagi serumah , kali ini saya tak boleh berharap
 banyak untuk bermusik meskipun saya tetap suka untuk
 memilih menginap disana ! 
pertemuan sangat seru karena masing2 punya 
timbunan kisah dan setelah ngalor ngidul ngobrol saya 
langsung disambut dengan makan siang di 
Roemah Kentang di Jl .Banda Bandung ! 
ber lima plus seorang balita yang lucu , Keenan , 
Sabtu siang itu kami ber bebek ria sambil 
bertukar kisah di Roemah Kentang ,
 sebuah resto yang bernuansa kolonial dan rumah besar
 eks Londo yang berdiri sejak tahun 1908 itu benar benar 
 memberikan atmosfer yang unik ! 




ditengah makan siang , tiba tiba hujan lebat turun,
kami pun makan siang diiringi lebatnya 
Bandung , wow ..! sore harinya kerinduan 
pada area Cihampelas terbayar dengan berjalan kaki disepanjangnya. 
 tetapi , ( menurut saya ) , saya tidak temukan lagi 
" ruh " nya karena toko toko disitu yang dulu dikenal 
Jeans dan kaos kaosnya , rasanya kok sudah mengalami penurunan kwalitas ...
 saya tidak tahu apakah memang Cihampelas
 sudah menurunkan " kelasnya " dimana
barang2 berkwalitas sudah diambil alih oleh 
toko toko gede atau bagaimana ,
 entahlah .. 
tiba tiba : " mbak ayo kita lihat lihat 
Adidas toko saja yaa .. " , saya manut saja wong
 tidak pernah kesitu . dan melihat harga harga yang
 tertera , rasanya di " Toko Adidas " ini kwalitas
 barangnya memang lumayan keren !
 cangkruk di cafe setelah mengitari Heritage Fashion
  disambung makan malam di sebuah resto khas Sunda .
(  waduh .. kalau bukan Sabtu pasti nyari yang
 ada livemusicnya ya ... tapi dipastikan padat pengunjung
 dan saat pandemi harus berfikir ulang ... )
 yowes ... , Malam Minggu berakhir dengan 
mengobrol dirumah hingga nyaris tengah malam !
 hari kedua di Bandung, 
muncul acara diluar dugaan karena pagi pagi ada
 sebuah " bocoran " berita bahwa hari itu
 Nyonya Rumah Berulang Tahun.. wow !
( pikun parah saya ini hehehe ... )
 maka mudah diduga bahwa seharian ini bakal 
padat acara ultah yang sudah dimulai sejak 
makan pagi dirumah yang dirayakan ber 6 hehehe ..
 
 
 
 
sebenarnya , ada 3 tawaran pada saya yaitu antara
muter2 dikota atau Lembang atau Ciwedey 
sebuah lembah cantik luar kota Bandung .
 tetapi karena awal 2020 
saya sudah ngublek Lembang dengan berbagai
 tujuan wisatanya yang anyar anyar dan keren keren ,
 maka saya pilih kota kota saja al Babakan Siliwangi City 
yaitu Hutan Kota yang terletak di Jalan Tamansari 
dan rencana ikut tour Gedung Sate sayangnya batal
 karena GS tutup pada hari minggu !
menikmati suasana alam hutan ditengah kota
 lumayan seru . dan rencana dadakan ke arah
 Ciwidey Valley yang cantik juga dikaji ulang 
tersebab cuaca yang agak mendung .
 
 
 


 
 puas jeprat jeprat disana sini , 
maka Birthday Lunch 
memilih Alas Daun sebagai tempat selebrasinya !
 Alas Daun sesuai namanya adalah sebuah resto 
yang memakai daun pisang sebagai alas makannya
 dan menu menu tradisionil sebagai andalannya .
 saya memilih Karedok plus menu menu khas
 Sunda lainnya yang nyaris mulai saya hafal hehehe ..
 suasana seru karena ini adalah makan siang yang
 sarat doa bagi yang berultah dan tiup kue 
diganti dengan cipika cipiki .. 
sungguh hal hal yang diluar rencana terkadang
 lebih indah karena ini juga terjadi ketika
 awal 2020 selama tiga malam di Bandung saya juga
 mendapatkan beberapa surprais yang cantik !
 ( saat itu dengan mengunjungi Floating Market , 
Taman Asia Afrika Lembang , dan menikmati makan
 malam di Trans Luxury Hotel sambil meresapi
 pemandangan Bandung diwaktu malam ! ) 
 
 
 
 niat melihat Museum Geologi yang konon menarik . 
tetapi alamakkk .. 
sudah tutup dan hanya sempat menengok 
toko souvenir dan 
bebatuan yang ada dihalaman Museum . 
 ( btw kalau rencana  Senin pagi meluncur
 dari Bandung arah Semarang dapat 
sedikit ditunda hingga jam  buka
 Gedung Sate , saya pasti akan sangat senang
meski dengan resiko memasuki kota Semarang
 agak terlambat mungkin sekitar sore bahkan petang .. )
oya .. sisa sore hari terakhir saya di Bandung , 
diputuskan untuk ke Komplek Dosen Unpad 
di Cigadung .. ada apa disana ? ikuti :
( 08 of 10 )
.. " mBolang 2300km , Malang - Banten PP " ..
( -- Mang Acil : Bobotoh Persib -- )
( Writing & Photos : Titiek Hariati ,
 Catatan Nopember 2021 )
keterangan foto : 
01 . arah Bandung ( 01 )
02 . arah Bandung ( 02 )
03 . arah Bandung ( 03 )
04 . arahBandung ( 04 )
05 . disatu perempatan arah Bandung , 
sekumpulan anak muda ngamen dg nge band 
dg vocalistnya yang suaranya keren ! ( 05 )
06 . arah Bandung ( 06 )
07 . arah Bandung ( 07 )
08 . gerbang Cihampelas
09 . Bandung Kota
10 . gerbang Heritage FO
11 . toko Adidas
12 . FO
13 . FO
14 . nama Roemah Kentang
15 . menjajal menu Roemah Kentang 
16 . penyegar di Roemah Kentang
17 . atmosfer Roemah Kentang
18 . menu khas Sunda ( 01 )
19 . atmosfer Warung Sunda
20 .  menu khas Sunda ( 02 )
21 . ibu ibu rombongan luar Bandung 
berebut tape 
22 . pas ada festival duren
23 . boneka perempatan jalan , " profesi " ?
24 . disamping gerobag saya : 
kuda ditengah kota ! 
25 . kue ultah dari Surabaya mewakili 
ketidak hadiran diultah ibunda 
26 . depan gerbang Alas Daun
27 . merayakan ultah di Alas Daun !
28 . karedok , laris di Alas Daun ..
29 . staf Alas Daun
30 . hutan kota , Babakan Siliwangi ( 01 )
31 . hutan kota , Babakan Siliwangi ( 02 )
32 . hutan kota, Babakan Siliwangi ( 03 )
33 . mirip Hajar Aswad ditengah Hutan Kota ..
34 . staf di Toko Souvenir Museum Geologi
35 . museumnya tutup , beginilah akhirnya ..
36 . toko souvenir Museum Geologi
 






Tidak ada komentar: