Sabtu, 27 November 2021

 
 
( 04 of 10 ) 
.. " mBolang 2300km Malang - Banten PP " ..
" Dari Pecel Pincuk Sampai Goulash " )
bicara tentang wisata kuliner di Betawi , 
tepatnya TangSel dan sekitarnya  dalam 10 hari
 disana , sebetulnya saya tidak banyak
 berkeliling karena beberapa hari diantaranya
 saya berada dirumah elang elang saya dan
 beberapa hari cuaca juga tak mendukung untuk
 kluyar kluyur maka pilihan Gofood 
adalah yang terbaik . 


 
 meskipun begitu , saya juga tidak betah hanya
 " kesitu situ " karena blog ini butuh banyak 
yang unik unik . maka yang pertama saya blusuki
 adalah Pasar Modern yang ada 
disekitar hotel saya , tepatnya hanya 300 meteran
 dengan jalan kaki . buat yang kangen
 menu menu Jawa Timuran bahkan Malang , 
disini ada semua . 
 rawon , soto , pecel menjadi jujugan saya 
dihari pertama . ada warung pecel yang Top disini
 yaitu Warung Pecel Pincuk Bu Ida 
yang pagi pagi antrinya sudah mengular dan 
saya akhirnya memilih untuk " mbungkus " saja
 yang suka jajanan2 ringan seperti
 Bubur Kacang Ijo, Ketan Hitam , Jenang Grendul , 
Dawet Beras , Onde Onde , Lemper , Lumpur ,
 Pastel , Dadar Gulung dll semua komplit ada disitu !
 

 

 
  jadi tidak ada alasan untuk mencari jauh jauh ,
 saya cukup " muleg " dibeberapa 
Pasar Modern yang ada saja !
 disini juga bisa 
berbelanja seperti lazimnya pasar2 , bahkan kalau
 ingin cangkruk ngopi juga tersedia cafe cafe 
dengan baristanya .

apa boleh buat ketika Jakarta dirasa mulai pengab
 dan orangpun mulai bergeser ke tepi tepi 
seperti TangSel  yang sementara ini masih 
penuh kehijauan dan nyaman untuk hunian , 
tetapi akan bertahan berapa lama ?

 

 
 dengan mall mall , pusat pusat bisnis dll yang 
menjamur seperti di Bintaro ini ,
 sayapun mulai me reka reka bahwa TangSel ini
 perlahan akan merayap seperti Jakarta ,
 lalu akan menepi kemana lagi ? 
Pantai Indah Kapuk pun yang dipadati berbagai 
pusat bisnis , tak mustahil satu saat 
akan mirip dengan HongKong ... 
oya , btw  kalau ada yang bertanya apakah
 bakso Malang juga ada ? so pasti ada .. !! 
 
 sebut saja , Bakwan Malang Oke , Bakso Malang Arema ,
 Bakso Malang Karapitan dll yang ada di 
Taman Jajan CBD  di Boulevard Bintaro Jaya ! 
( hanya saja bagi yang muslim mungkin tinggal
 memilih yang bertanda " Halal " ) .
 kedai kedai yang " up " juga bertebaran disini . 
saya berkesempatan bernostalgi 
Hungarian Goulash Soup dan juga menu 
menu Timur Tengah lainnya di 
Des & Dan Bakes and Spices  di Bintaro Avenue Sektor 7 ,
 Pondok Aren , TangSel bersama elang elang saya . 
 ( goulash itu bisa dikatakan " Rawon Merah " atau 
Sup Daging Merah khas Hungaria ,
 yang potongan2 dagingnya
 dimasak sedemikian rupa sehingga empuk 
dan ada potongan2 kentang , wortel , daun sledri ,
 bawang bombay gede , bawang putih.
 tambahkan tomat segar atau kalengan , 
gula pasir secukupnya , merica hitam dan 
ini yang penting : Bubuk Paprika ! 
dimakannya dengan roti atau dulu saya selalu
 menemaninya dengan Semmel Brosel ,
 sejenis roti berbentuk bulat )
 

 
atmosfer yang nyaman dan layanan yang ramah
 serta lumayan cepat dan rasa yang memang 
" 95% mendekati aslinya " di 
Des & Dan Bakes and Spices ini membuat saya 
tak segan memberi 7 dari skala 0-10 . 
memang tak setiap saat saya dapat menikmati 
kebersamaan seperti ini dengan elang elang saya ,
 mungkin justru faktor inilah yang
 membuat saya sangat menikmatinya hehehe ..
 pada kesempatan lain , 
saya juga menjajal beberapa tempat cangkruk 
lainnya di sepanjang Bintaro Boulevard yang
 terdiri dari beberapa cluster cluster .
 tetapi tetap saja yang jadi favorit saya adalah
 beberapa Pasar Pasar Modern al
 Pasar Modern Bintaro Jaya , Pasar Modern 
Bintaro Emerald dll yang menawarkan 
menu menu lokal hingga internasional dengan
 jajanan jajanan tradisionilnya yang 
" sak ketapruk " dan yummyyy ... ! 
 
 diluar Bintaro , saya hanya berkesempatan 
dua kali ketika berada di  Jl . MH Tamrin 
dan sekitar Jakarta Timur .
 serunya mbolang yang berikutnya silahkan 
dibaca di bagian 5/ lima dari tulisan ini 
yaitu : 
" Sepotong Reuni Dari UPJ Hingga Sushi Tei " 
(  Writing & Photos : Titiek Hariati , Nopember 2021 )
keterangan foto : 
01 . goulash , Hungarian Soup
 @ Des & Dan Bakes and Spices 
02 . bakmitopia @ BCD
 03 . atmosfer bakmitopia
04 . soto daging Pasar Modern Emerald
05 . malam mencari tempat " cangkruk "
06 . Des & Dan Bakes and Spices
07 . sedang memilih menu favorit
08 . " Trio ATO "
09 . sebuah cafe bersebelahan dengan hotel saya
10 . pasar buah juga dekat hotel saya .  
11 . menu ke dua di Des & Dan Bakes & Spices
12 . menu ke tiga 
13 . menu ke empat
14 . tempat cangkruk di GI
15 . dimanapun , kreasinya seragam ..
16 . menu ke 5 di D & D Bakes & Spices
17 . dekor kedai Jepang
18 . lukisan dinding sebuah kedai kopi 
( maaf saya lupa memfoto nama kedai )
19 . dikedai yang sama ( 14 )
20. teman setia saya , 
tas ini selalu ikut saya bahkan sudah
 ke beberapa negara , tx yaa ..
21 . warkop ini mungil tapi 
atmosfernya saya suka , 
di Pasar Modern Emerald Bintaro

Tidak ada komentar: