Kamis, 25 November 2021

 
 
 
( 03 of 10 )
..  " mBolang 2300km 
Malang - Banten PP " ..
  " Dari Bintaro Ke Bintaro " 
niatan pertama ke Betawi tepatnya TangSel ,
 dilaksanakan pada hari pertama , 
kedua dan ketiga .
 tentu saja reuni kecil dengan elang elang saya 
yang sedang berbahagia dengan hadirnya
 malaikat kecilnya . 
 maka sebuah sunnahpun dilaksanakan dengan
 pemotongan rambut si jabang bayi beserta
 penimbangan rambutnya yang akan menentukan 
besarnya sodaqoh . sesuai tradisinya , 
dalam acara ini menu menu kambingnya menjadi 
hidangan utama . hanya keluarga terdekat yang hadir ,
 dengan pertimbangan bahwa 
dimasa pandemi ini memang sebaiknya ada 
batasan batasan meskipun inginnya semua
 kerabat  di Betawi bisa hadir seperti biasanya
 dalam acara acara keluarga . 
 sebelumnya , saya sudah menyempatkan diri ke 
Jakarta Timur untuk ber kangenan dengan 
beberapa kerabat yang hampir 3 tahun ini tidak
 saling mengunjungi . dan seperti lazimnya
 orang timur , besoknya terjadi kunjungan balasan 
yang tentu saja tidak dihotel saya tetapi
 dirumah rumah elang elang saya yang tak 
saling berjauhan di daerah Bintaro .
 ( yang mau bertanya mengapa saya dihotel 
dan tidak bersama elang elang saya dirumah 
mereka tidak perlu sungkan . 
alasan utama karena saya dari luar kota dan
 untuk menjaga mereka mereka terutama
 si malaikat kecilnya , 
maka hotel adalah yang terbaik meskipun di
 3/tiga hari terakhir saya di Betawi , 
saya mulai boyong kerumah mereka setelah
 " karantina " seminggu di hotel hehehe ... 
pun jarak hotel tidak jauh dari
 rumah rumah mereka , hanya sekitar 8 menit
 dari hotel ) 
 memang tidaklah mudah kunjung mengunjungi 
di Betawi karena jarak yang begitu jauh dan
 lalin yang padat . tapi kedatangan kerabat 
sejauh 700km lebih , yaitu saya , tentu saja 
membuatnya mudah karena rasa kangen 
mengalahkan jarak dan waktu
 ( cieeee .. kok seperti lirik lagu yo ? ) . 
sebagian kerabat tampak
 lebih gemuk , sementara yang lain justru kurusan ,
 dan sebagian anak anak terlihat sudah begitu
 jangkung , sebagian yang lain masih terlihat sama ..
 yang jelas semuanya hanyut dalam 
obrolan dan canda , maklum dimanapun berada
 yang namanya Arema tetap saja berbahasa 
Kromo Inggil hehehe .. 
melihat keponakan keponakan sudah pada SMA ,
 kuliah bahkan kerja dll terasa bahwa
 waktu sedemikian cepat lewat dan yang
 tersisa hanyalah pertanyaan " Kapan " ? 
 naa .. tak banyak yang bisa ditulis disini
 karena reuni reuni kecil ini sarat
 dengan atmosfer kekeluargaan dan dan sebaiknya 
pembaca ikuti saja bagian ke 04/ empatnya 
dari mBolang 2300km ini yang 
pasti lebih seru ! yukkk....
( Writing & Photos : Titiek Hariati , Nopember 2021 )
keterangan foto :
01 . elang sulung saya sedang memperdengarkan
 adzan ditelinga putrinya yang 
baru saja lahir .
02 . pencukuran rambut sebagai sunnah
 dalam acara Aqiqah .
03 . full kambing , salah satu menu 
04 . Astera Hotel tempat saya 
" karantina " hehehe .. 
05 . dirumah elang bungsu saya , Bintaro , 
bersama kerabat dari JakTim 
( gerobag saya sedang " diistirahatkan " hehehe .. )
06 . mengunjungi kerabat ( 01 )
07 . ( 02 )
bersambung kebagian ( 04 )
.. " mBolang 2300km Malang - Banten PP "
04 of 10 / " Dari Pecel Pincuk Sampai Goulash

Tidak ada komentar: