Minggu, 28 November 2021

 
 
 ( 05 of 10 )
.. " mBolang 2300km 
Malang - Banten  PP " ..
( -- " Sepotong Reuni 
Dari UPJ Hingga Sushi Tei " -- )
ada satu acara yang sama sekali diluar skenario .
 muncul secara tiba tiba ketika  suatu siang 
saya menengok dan menikmati sejuknya 
Menteng Park yang ada di  Sektor 7 Bintaro dan
 setelahnya saya kearah Sektor 9 untuk sesuatu keperluan .
 disitu saya melewati sebuah kampus  , 
Universitas Pembangunan Jaya ( UPJ )  yang
 berdiri sejak 2011  digagas oleh Entrepreneur Senior 
yang terkemuka , Dr. ( HC ) Ir. Ciputra 
setelah pengalaman panjangnya di Grup Jaya 
dengan mahakarya mahakaryanya yang fenomenal
 di berbagai kota di tanah air . 
Grup Jaya ini bercita cita mengembangkan UPJ 
sebagai pusat pendidikan tinggi dibidang 
Urban Lifestyle & Urban Development . 
 setengah ragu saya  teringat sesuatu dan 
membuka buka internet yang akhirnya saya menemukan
 sebuah nama yang tak asing bagi saya 
" Leenawaty Limantara , PhD " selaku rektornya .
 gerobag berbalik arah memasuki 
halaman parkir UPJ yang siang itu terlihat lengang
 karena segenap kegiatan kampus ( mungkin ) 
masih secara daring sebagaimana yang lain lain . 
dua satpam menghentikan saya dan saya melapor
 ingin menemui Rektor mereka .
 ah yaa .. sudah pasti mereka curiga apalagi saya
 memakai hijab dan dobel masker yang 
menutup 70% wajah saya  hehehe ...
 ktp saya berikan dan ditanya alasan menemui Rektor
 yang konon sedang zoom meeting .
 waduh tidak mungkin saya mengatakan 
" mau kangen kangenan " hehehe ..
 ( iki ngono kampus , duduk omahe mbah mu ,
 batin saya ... ) . maka saya minta secarik 
kertas kecil saja disitu saya tulis lengkap : 
 
 
 
 Nama , No HP saya dan sedikit menyebutkan 
( ex ) jabatan saya dimasa lampau 
ketika beliau dan saya masih satu team ! 
ternyata tak banyak menolong ,
 saya malah dikawal ke bagian sekretariat 
untuk menunggu hasil laporannya dilantai atas .
 saya turuti sebab yang butuh kan saya hehehe ..
 diruang tamu sekretariat , 
kertas kecil saya tadi dibawa masuk ruang rektor 
dan ybs menginformasikan 
" maaf beliau sedang zoom meeting , 
tapi kertas sudah diletakkan dimeja beliau , 
mohon ditunggu saja ya .. " 
 dan kedua petugas atau sekretaris ( ? ) itu tampak 
ber bisik bisik yang saya yakin mereka juga
 penuh tanda tanya akan identitas saya
 yang " mencurigakan " dimana saat ini begitu
 banyak teror teror hehehe .. 
sekitar 6-7  menit saya menunggu , 
tetapi sayapun sudah bersiap maklum jika 
ternyata beliau keberatan sebab ini adalah 
jam jam kerja yang pastinya sibuk dan 
saya hanyalah seorang tamu tak diundang
 yang nyelonong hanya berbekal sepotong riwayat ...
 tiba tiba pintu ruang Rektor terbuka dan :
 ......wow .... " Bu Titiekkkkkk .... " 
beliau menghambur kearah saya dan tahu tahu
 kami sudah berpelukan ala teletubbies ... !! 
 kedua sekretaris nampak " ndomblong "
 karena mungkin tidak mengira bahwa ternyata kami ini
 seolah dua kakak beradik yang terpisah 
bertahun tahun hihihi ..
 saya " diseret " kearah ruang kerjanya dan 
saya dipaksa duduk dikursi Rektornya
 sementara ibu Rektor yang akrab dipanggil 
bu Shinta ini malah jongkok disebelah saya .. 
lho lho .. canggung .. 
tetapi beliau memaksa agar saya tetap duduk 
disitu dan meminta sekretarisnya untuk 
memfoto kami ...aduh, kuwalik nih batin saya ..
 tentu saja obrolan kami tak kelewat panjang
 karena saya tahu diri bahwa ini 
adalah jam jam sibuk beliau dan beliau pun
 memaksa saya untuk menyediakan waktu yang 
lebih santai untuk cangkruk ngopi ..
" Kebetulan ya kita sama sama ada di Bintaro , 
kita harus makan malam bersama ya
 sambil ngobrol ngobrol " .. 
dan selang dua hari setelahnya , kami sudah 
berada di Resto Jepang , Sushi Tei di 
Bintaro Jaya Exchange Mall .
 tidak ada kejutan bagi saya ketika beliau
 memilih Sushi Tei karena sejak dulu saya sangat
 hafal kegemarannya pada menu menu
 Jepang karena pengalaman panjangnya 
selama study di Jepang . 
( dan semasa di Malang dulu , saya sudah sering 
ditraktirnya di berbagai kedai Jepang seperti yang
 di Regent Hotel ataupun Jalan Wilis dll )
 obrolan di Sushi tei malam itu lebih kearah
 nostalgia ketika kami masih satu tim di awal awal
 berdirinya Universitas Ma Chung ( UMC ) 
Jl . Villa Puncak Tidar , Malang tahun 2007 hingga 2010 .
 saat itu beliau adalah Rektor UMC dan
 saya ketiban sampur keliling tanah air 
mempromosikan UMC ke puluhan SMA diberbagai
provinsi hingga kadang saya tak perlu 
membongkar koper karena tujuan yang berikutnya
 sudah mengantri . 
awal awal di UMC bukan masa yang nyaman
 karena keterbatasan keterbatasan yang ada .
 mitangmeeting non stop karena kami hanya 
tim kecil saja saat itu , yakni 4 orang plus 
satu Sekretaris Rektor .
  bu Shinta , Prof . Sadtono , Ir . Yohannes , 
Sekretaris Rektor dan saya sendiri adalah pengawal
  masa masa penuh kesulitan dan tantangan
 dalam membangun sistim dari Nol untuk UMC !
 sebuah masa  yang meninggalkan jejak abadi ... 
 saat itu saya menerima target yang begitu tinggi ,
 padahal diawal awal , UMC sama sekali 
tidak dikenal dan dianggap masih " meragukan dan asing " 
 sehingga target menggaet siswa siswa berprestasi
 dari sekolah sekolah yang top di Malang 
amatlah tidak mudah ..  
akhirnya saya diberikan kesempatan untuk 
membangun tim dengan 4 -5 staf dan kami bekerja
 48jam sehari untuk mewujudkan target
 yang dibebankan ! 
dengan puluh bahkan mungkin ratusan kali presentasi ,
 pameran pendidikan , kunjungan , 
ceramah , seminar dll diseantero 
SMA SMA top di tanah air , 
tim kami mulai menampakkan hasil . 
 alhamdulillah ,
 pada tiga angkatan pertama UMC cukup banyak
 menggaet siswa siswa berprestasi dari 
Dempo, St.Yusuf , SMAN 3 , SMAN 1 , SMAN 8 , 
SMAN 5, Cor Jesu dll .
 sudah tentu ini bukan untuk dirayakan ,
 tetapi justru saatnya bekerja
 lebih keras agar siswa siswa ini benar benar 
mendapatkan pendidikan sesuai " janji janji UMC "
 yang saat itu menekankan pada
 pendidikan berkonsep Entrepreneurship ! 
cetak biru sudah diletakkan , 
tinggal bagaimana segenap Civitas Academica nya 
merawat , memelihara dan menumbuh 
kembangkan budaya kampusnya kearah 
yang di cita2kan  !
 obrolan kami di Sushi Tei diseling canda dan
 " cekikak cekikik " mengingat kembali 
masa masa yang sulit , lucu , mencemaskan , 
meletihkan , menggembirakan dll sebagai 
" pembabat pembabat alas " yang dipersenjatai
 dengan peralatan yang serba terbatas tetapi kami
 berhasil keluar dari belantara lebat dengan
 keuletan , kerja keras all out dan 
semangat pantang menyerah "! 
 ada satu kalimat beliau diakhir obrolan kami yang
 mengiang yaitu 
" meskipun UPJ statusnya saat ini masih 
dibawah UMC tetapi saya bertekad akan 
menyamai bahkan berada didepannya  ! " . 
sebuah tekad yang tidak saya ragukan karena saya
 mengenal beliau lebih dari sekedar atasan ,
 bahkan secara pribadi saya tahu beliau
 adalah Motivator sekaligus Eksekutor handal !
 ( tidak seperti umumnya motivator2 di
 seminar seminar yang hanya pandai menyulut
 semangat tetapi untuk melaksanakannya ternyata
 lebih mirip ban bocor alias kempes ! ) .
 selama di UMC , beliau sudah membuktikan kwalitas 
kepemimpinannya selama dua periode , 
dan meski saya tak sampai mengikutinya hingga 
akhir jabatannya , secara personal kami tetap 
memiliki jejak riwayat yang tak lekang masa karena
 kami pernah berbagi sukaduka
 mempersiapkan kelahiran Jabang Bayi UMC 
yang lahir dan diresmikan  pada :
07.07.2007 .
hingga rekrutmen angkatan angkatan yang pertama . 
oya kembali ke makan malam kami , 
saya serahkan sepenuhnya pilihan menu pada beliau
 yang malam itu memesan  beragam menu 
sehingga saya tidak tahu apakah kami bisa
menghabiskannya hehehe ..
 jujur saya memang bukan penggila
 kulinari Jepang , tetapi pilihan menu malam itu
 sangat saya nikmati , mungkin karena atmosfer
 reunian yang terbilang langka ini ..
 bu Shinta yang juga adalah
 Ambassador Scientist dari 
Alexander von Humbolt Foundation Jerman 
ini pada akhirnya harus mengakhiri makan malam
 kami setelah sekitar dua jam bereuni kecil , 
dengan sebuah janji akan tetap
 saling berkomunikasi .
dan kamipun akhirnya berpisah digerbang utama mall .
 sekaligus dalam tulisan ini saya harus 
berterima kasih pada beliau yang ternyata kemudian
 memuat foto reuni kecil kami dalam
 IG beliau dengan komen yang mengharukan ..
 terimakasih ibu ,
 semoga dengan gaya leadership ibu yang tegas ,
 disiplin , terbuka kepada segala perubahan 
dan perkembangan dunia , 
penuh komitmen dan selalu kembali pada
 kekayaan budaya dan kearifan lokal , 
UPJ akan menjadi salah satu Universitas ditanah air
 yang menjadi acuan dan model dari 
kampus kampus yang lainnya ! 
selamat dan sampai jumpa lagi ibu ..!
dan : ikuti terus kisah mbolang saya di bagian ke
 06  of 10 / " Mblusuk Kota Tua Betawi "
( Writing & Photos : 
Titiek Hariati & UPJ Secretary ,
November 2021 )
keterangan foto :
01 . bersama Rektor UPJ 
02 . Menteng Park Bintaro 
03 . gedung UPJ
04 . berbelok ke kampus UPJ , diluar skenario
05 . menunggu diruang tamu lantai atas UPJ
06 . " cangkruk " di Sushi Tei 
07 . sedang memilih menu menu
08 . salah satu menu
09 . sedang menikmati menu kesayangan
10 . ini saya ambil dari IG beliau
11 . menikmati kesejukan Menteng Park Bintaro / MPB
12 . jembatan di MPB yang belum 100% dibuka
13 . salah satu sudut MPB
14 . Univ . Ma Chung , Malang , 
 masa masa masih satu tim & penuh kerja keras kami ,
dalam mempersiapkan kelahiran Sang Jabang Bayi
Univ . Ma Chung , Malang tahun 2007 .

Tidak ada komentar: