Kamis, 27 Agustus 2020

 
 
 
 
  .. " Manut GPS Meski Kadang Dia Ngawur ! " ..
dalam perjalanan pulang dari Jurang Toleh
 ( lihat artikel sebelum ini ) saya  buka2 map dan
 melihat ada beberapa spot lain yang berdekatan . 
maka senyampang sudah disitu plus ngirit bbm ,
 maka saya nuruti apa kata GPS untuk 
mampir sebentar di dua tempat yaitu
 Kebonsari dan Rowo Klampok . 
seperti halnya Jurang Toleh tadi ,
 didua tempat inipun saya menemu hampir nihil
 pengunjung . bukan saja karena bukan
 weekend ,
 tetapi mungkin keduanya harus lebih kreatif
supaya menarik pengunjung . mengapa ?
  di Rowo Klampok saya memang tidak masuk hingga 
kedalamnya dan Rowo atau Rawa ini lebih
 menjual tempat tempat untuk nongkrong dan nyamil2 .
 beberapa warung atau cafe dibuat diatas rawa sehingga
 kesan terapung menonjol .
selebihnya saya tidak melihat sesuatu
 yang " lebih alami "
 yang ditawarkan . kecuali tiket masuk yang
 sangat murah dibanding tempat2 wisata Batu misalnya ,
 mungkin menjadi salah satu daya tariknya.
 akhirnya  saya cukup jeprat jepret dari luar dan
 perjalanan saya lanjutkan ke Kebonsari .
 ini merupakan semacam Hutan Kota yang pada 
siang itu saya lihat sangat sepi dan gersang karena 
 ketergantungannya pada curah hujan
 untuk menghijaukan areanya . 
kalau dari kota Malang kedua spot ini berjarak hanya
 sekitar 30an km kearah Sumberpucung , Kepanjen . 
 sebetulnya Sumberpucung cukup kaya tujuan wisata
 terutama bendungan2 besar yang terkenal
 seperti Bendungan Sutami , Jembatan Lahor dll .
 juga ada wisata arkeologi dan wisata kebun .
tetapi saat pandemi seperti ini , mencari bahan blog
 sudah tentu saya harus memakai " trik " tertentu
 agar aman dan sehat ! 
 
 misalnya saja , hanya memilih pergi ketempat2
 terbuka ( laut , gunung dll ) , berangkat pagi2 agar
 menjadi orang pertama yang datang ,
 dan tidak pada weekend serta  mematuhi protokol 
secara ketat ( masker , faceshield , sarung tangan , 
berlengan panjang , membawa handsanitizer dan air
 mineral dibotol besar , menjauhi kerumunan
 dan menjaga jarak , serta membawa mamin sendiri
 terutama piring gelas dll ) .
 
 di Kebonsari saya juga hanya jeprat jepret saja dan 
kedai kedai bakso yang siang itu ada dua kedai 
yang buka , ternyata tidak bisa menarik hati saya 
untuk mampir ( padahal biasanya dikedai2 bakso
 saya langsung " bleg " duduk dan
 nyam nyam .. hehehe ) .
 saya tinggalkan keduanya dengan oleh oleh beberapa
 jepretan , sebelum nanti ( entah besok / lusa .. ) saya
 akan mengubleg Sumberpucung lagi 
untuk menengok spot2 lainnya .. 
 naa .. yang penasaran atau juga yang berhobi mancal ,
 sesekali datang saja ke Sumberpucung untuk
 bertukar oxygen asal tetap patuh protokol
 secara ketat !
 ( " lek koen ndableg gak gelem maskeran dll 
berarti koen iku siap nang Kasin utowo Samaan , 
patuh utowo ndableg iku ngono pilihan ! " )
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
Malang , 28 .08 .20 ) 
keterangan foto : 
01 . Rowo Klampok , Sumber Pucung Malang
 02 . salah satu sudutnya
03 . Jalan kearah Rowo Klampok
04 . Anak anak pasti suka naik ini !
05 . Jalan sempit masuk hutan kota Kebonsari ,
 Sumber Pucung , Malang
06 . Nongkrong ditengah hutan kota .. 
07 . Jalan masuk ke hutan
08 . Setapak lebih dalam .
 09 . Toilet ..
10 . Andai saja lebih hijau dan teduh ..




Tidak ada komentar: