Senin, 24 Februari 2020



.. " Wanita Berkesendirian Di Cafe ? " ..
jaman berubah .
 saat ini merupakan pemandangan biasa kalau
 wanita terlihat " tenguk tenguk " sendirian di cafe .
 tidak perlu berpikiran " ngeres " bahwa
 wanita tersebut sengaja 
" mencitrakan dirinya masih single ataupun 
janda ataupun siap berkencan ataupun
 membukakan diri dan hati " ..!
 tentu saja jaman saya masih remaja ,
jangan coba coba melakukannya ,
 bisa bisa " terciduk " satpol PP yang mengira 
si wanita sedang menjajakan diri . 
 naa ... apa kira kira pendapat pembaca ketika 
melihat wanita wanita jaman now 
berkesendirian di cafe cafe bahkan selama
 berjam berjam ? saya coba membuat list
 untuk menampung berbagai pendapat , 
ini misalnya :
01 . biasa biasa saja , nggak apa2 .
02 . mungkin ybs sedang menunggu seseorang
 atau berjanji bertemu disitu .
03 . bisa saja dia anak kos atau wanita kantoran
 yang tidak punya waktu untuk memasak .
04 . ybs habis patah hati , 
butuh pendingin hati dengan berkesendirian .
05 . sedang ada masalah , butuh waktu berpikir .
06 . cafe tempat nyaman untuk mengerjakan PR
 atau tugas2 kantor atau organisasi .
07 . cocok dengan mamin disitu  ( pelanggan )
 baik rasa , atmosfer atau harganya .
08 . salah satu upaya mencari jodoh  yang serius .
09 . seorang penulis yang sedang mencari inspirasi . 
10 . seorang sutradara yang sedang mencari bakat .
11 . sedang menghabiskan bacaan novel favoritnya .
 naa .. apa ada yang ingin menambahkan
 daftar saya ini ? 
maka sayapun harus jujur bahwa kadang kadang
 saya juga suka berkesendirian di suatu tempat 
yang menurut saya itu nyaman untuk menulis .
 mengapa ? itu bisa terjadi ketika dirumah
 tiba tiba inspirasi buntu dan butuh
 pergantian atmosfer untuk memancing ide ide baru .
 kalau sudah begitu saya akan membawa
 segenap peralatan yaitu laptop jadul , kabel kabel
 dan charger HP dll lengkap .
 di cafe tertentu yang saya sudah hafal atmosfernya ,
 tempat yang saya pilih adalah
 pojok atau yang sedikit " terisolir " dan 
berdekatan dengan colokan listrik plus wifi
 sebagai  syaratnya utamanya hehehe .. 
 tentu saya tidak hirau bagaimana pendapat yang lain
 mengenai ini karena tujuan saya hanyalah 
membuka kran kran yang 
kadang tergembok macet di peti inspirasi .
duluuu .. dijaman belum ada HP atau laptop 
apalagi internet ,
dalam kemacetan yang sama ,
 saya biasanya melakukan " piknik piknik kecil " 
seperti berjalan jalan ke toko buku , 
membeli camilan untuk dibawa pulang , 
mendengarkan radio atau memutar cassette kesukaan
 saya untuk beberapa saat dll .
 teknologi berkembang , manusia ikut menyesuaikan
 dengan tuntutan jaman , dimana saya juga
 tidak perlu lagi menenteng mesin ketik manual
 saya yang berat itu untuk mencari 
tempat menulis yang nyaman.
 saat ini saya hanya perlu   menenteng 
tas kecil gepeng dan mencari cafe yang berwifi.
 masih adakah yang berpikiran " ngeres " ?
 sungguh itu adalah problem mereka ,
bukan masalah saya .. 
( Writing & Photos by : Titiek Hariati , February 2020 )  
keterangan foto : 
01 . laptop jadul saya ( The Library Cafe )
02 . mencari inspirasi ditengah daftar mamin
03 . yang ketemu maminnya atau inspirasinya ?
04 . atau inspirasi ditengah pizza ?
05 . mana lebih dulu, pizza atau inspirasi ?
06 . pendorong inspirasi ..

Tidak ada komentar: