Selasa, 14 Mei 2019




.. " Ketika ( saya ) Dimanjakan 
Elang Elang " ..
beberapa hari sebelum Ramadhan yang lalu , 
saya mendapat undangan untuk datang di Batavia
 pada weekend . kedua elang saya menunggu disana .
 sekaligus merupakan momen penting 
diambang Ramadhan , yaitu sungkeman 
( sudah tentu bukan saya yang sungkem hehehe ... ) . 
berangkat dari Abdurahman Saleh dengan jatah 15kg
yang  tidak saya manfaatkan , 
karena saya hanya ingin bersantai dengan 
menenteng tas kecil .
 tiba di Cengkareng pada sore hari yang lumayan
 cerah , elang muda menjemput saya . 
dari sana , kami makan malam dengan Iga Penyet
bersama dan disambung ngopi sambil bla bla bla..
itu sudah pasti , maklum , kesempatan bertemu
 tidak terlalu sering didera kesibukannya . 
 setelahnya kami istirahat di Bintaro sambil menunggu 
datangnya elang sulung . 
kawasan Bintaro ini memang terbilang masih belum 
sepadat Jakarta , maka apa boleh buat kalau
 malamnya kami lebih betah dirumah dan memesan
 supper lewat gofood mengganjal 
" laper kecil " hehehe ..
 ada beberapa agenda yang direncanakan untuk
 besoknya yaitu menjajal rute awal sd akhir dari
 MRT dan Pelabuhan Sunda Kelapa ! 
penasaran bagaimana MRT ditanah air dibanding 
negara2 tetangga , maka esoknya kami bertiga 
( elang muda dan sulung plus saya ) memulai 
" survey " MRT . kebetulan hujan cukup lebat ,
 akibatnya  foto2 diluar gerbong tidak menghasilkan
 gambar2 yang memuaskan . 
antrian panjang masuk gerbong menyadarkan saya 
bahwa yang penasaran ternyata lumayan banyak ,
 ini terlihat dari tidak adanya tujuan pasti dari
 para penumpang yang rata rata hanya ingin
menjajal rute , setidaknya itu yang saya tangkap 
dari obrolan2 mereka . 
( khusus MRT akan saya tulis terpisah ) . 
setelahnya , kami berpindah dari satu kedai kelainnya
 untuk membagi selera yang berbeda hehehe...
 sambil nyamil yang pasti obrolan berkisar dari 
masalah2 keluarga , pekerjaan , karir dan lain lain
 hingga masalah pemilu yang menghangat ..
 pokoknya ngalor ngidul sekenanya topik 
mumpung ketemu hehehe ....
 ternyata sampe rumah yang tidak lagi petang ,
 masih nyambung gofood akibat perjalanan kerumah
 yang lumayan panjang dan macet bikin perut laper ..
 hari berikutnya kami ke Sunda Kelapa .
 agenda ini memang khusus untuk jeprat jepret sebab 
sisi " klasik " Jakarta memang sudah saya pesan
 jauh2 hari . cantiknya kapal kapal tradisionil 
yang sedang bersandar disitu sangat mengobral
 jepretan kamera yang seolah tidak ada bosannya .
 elang elang saya dengan telaten mengawal 
" induknya " yang sedang kesengsem kapal kapal disitu!
dari sana , kami nyambung ke komplek PIK , 
Pantai Indah Kapuk yang memang lumayan berdekatan .
 jangan heran kalau selama kami jalan jalan
 di PIK ini , serasa " turis asing " dinegeri sendiri ! 
lho .. kenapa ? hampir 99% penghuni maupun
 pengunjung baik di area hunian , mall , taman
 dan fasilitas2 lainnya disitu adalah 
warga Tionghoa !
dan yang mengenakan hijab seperti saya hanya
 saya dan siang itu ada seorang lagi yang
 bertugas di WC Umum . luar biasa ,
 saya serasa di Hongkong atau Taiwan ! 
 tidak dipungkiri bahwa PIK adalah salah satu 
komplek hunian modern yang mahal , dan seolah 
ada sebuah kesepakatan bahwa disitu lebih pas 
untuk warga keturunan . 
kamipun harus ekstra hati hati dengan mamin di
 PIK ini , dan setelah " survey " beberapa tempat ,
 kami menemukan satu kedai yang memang 
betul2 halal ( bersertifikat ) ! 
 juga diam diam saya membayangkan bahwa sangat 
tidak mustahil bahwa kedepan Jakarta akan 
punya " kampung kampung modern " Arab , India , dll
 semacam PIK ini ( meskipun ide awal mendirikan PIK
 mungkin tidak dimaksudkan untuk warga tertentu ) .
 malam hari secara khusus saya
 diajak ke sebuah " pasar malamnya " Bintaro
 yang dipadati berbagai jenis kuliner Nusantara
 maupun Internasional . 
" kita nyoba oseng oseng atau krengseng kambing ya ... " ,
 saya hanya mengiyakan sebab ini menjadi
 pengalaman pertama dikedai tersebut .
 di warung warung sederhana inilah tiap malam 
para pengunjung memadati meja kursi yang ada disitu 
dan dalam sebuah tenda besar bisa diisi
 oleh belasan penjual mamin yang berbeda beda ! 
tentu bukan sebuah kombinasi yang sehat kalau 
akhirnya kami malam itu memilih 
menu kambing dipadu es apokat , 
bayangkanlah tingginya kadar kolesterol ! 
 tetapi kebetulan tidak ada yang sedang berprogram diet
 maupun program kesehatan lainnya , 
maka kamipun " nekad " saja memesan kombinasi
yang  kaya lemak ini hehehe ... 
 malam terakhir saya di Batavia kami habiskan
 dengan ngobrol sampai larut plus muter 
beberapa potongan You Tube tentang perjalanan
 ke Everest ( ini jelas selera yang sulung )
 yang dia sambung dengan demo bikin cappucino
 ala barista prof ( tapi espresso nya kebablas
 pahitnya hehehe .. )
 3 / tiga malam rasanya terlalu singkat , 
tetapi elang elang memang harus kembali pada
 kesibukannya dan saya harus menyesuaikan
 karena ternyata saya juga punya agenda yang sulit 
ditinggalkan di Malang dengan
 tugas PR nya yang sak ketapruk di PPTQ
 ( Program Pelatihan Terjemah Al Quran ) .

dengan Garuda terpagi , 

saya berpisah dengan elang elang saya diteras
 rumah mereka yang sedianya saya akan diantar
 ke Bandara tetapi saya menolak karena
 saya tahu mereka sudah harus berada di kantor
 masing2 dua jam setelahnya !
sungguh kwantitas pertemuan tidaklah yang
 utama ketika kwalitas mengambil alih , 
dan jarak yang ada bukanlah masalah ... 
terimakasih elang elang ( ku ) yang perkasa , 
semoga ALLAH SWT membalaskanNYA 
dengan berlipat pahala .. aamiin .. 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , Malang 11.05.19 )
keterangan foto :
01 . elang sulung
02 . elang muda
03 . garuda hall
04 . kedai ala kolonial londo di airport
05 . salad , menu sehat , di kedai pizza
06 . salmon ( mentah ) di kedai jepang
07 . pemesanan mamin di kedai jepang
08 . nasi dan salmon dikedai jepang
( ini salah satu favorit saya ! )
09 . cengkareng
10 . iga penyet , dinner pembuka di batavia
11 . bintaro ( 01 )
12 . bintaro ( 02 )
13 . menjajal MRT dinegeri sendiri
( kalo MRT di LN malah nggak inget
 untuk njepret2 hehe .. )
14 . elang elang berdiskusi 
cari jalan tercepat keatas di stasiun MRT
15 . maklum masih baru , 
kadang terjadi kemacetan kartunya
16 . lasagna di Marzano
17 . supper , ganjal lapar kecil hehehe ..
18 . Sunda Kelapa ( 01 )
19 . Sunda Kelapa ( 02 )
20 . Sunda Kelapa ( 03 ) 
21 . Sunda Kelapa ( 04 )
22 . PIK Mall ( 01 )
23 . PIK Mall ( 02 )
24 . PIK Vietnam Cafe 
( tidak makan disitu , hanya tertarik njepretnya )
25 . " pasar malam bintaro " 
26 . krengseng kambing nya yang yummyy ...
27 . demo "barista" di rumah bintaro
28 . ups .. kepahitan ? hehehe ...
29 . nonton you tube sambil sante dan bla bla ..
30 . elang muda sibuk HP an ..
31 . dessert kedai jepang 
32 . kembali ke malang ..
33 . gazebo di PIK




  

Tidak ada komentar: