Senin, 26 September 2022




 .. " Yubatea , Dimana Teh Kita ? " ..

jujur saja , kalau menyangkut jajanan milenial 
semacam teh teh atau minuman minuman non kopi 
yang tersebar dihampir setiap sudut kota , 
saya harus super hati hati sebab rata rata mereka
 sangat melimpah rasa manisnya ! 
belum lagi model model boba yang macam macam 
rasa manisnya itu, saya harus selalu mengingatkan
 pada peramunya agar " less sugar " ... 
bagaimana tidak kalau saat ini semua mamin
 hampir selalu dicampuri atau ditaburi pemanis 
atau coklat atau susu kental manis atau apapun itu
 yang manisnya sangat  berlebihan bahkan ! 
" wah .. bisa bisa akan muncul generasi diabetes
 di jaman ini .. " batin saya .


 seorang teman yang juga lama hidup di manca ,
 sampe terheran heran melihat jus apokat ditambah 
dengan gula plus coklat lagi , 
sehingga rasa apokatnya hilang dan lidah hanya 
didominasi rasa manis tok ! 
maka ketika saya mampir di sebuah kedai teh 
mungil yang manis berjuluk
" YUBATEA " , di Ruko Dinoyo Indah Kav 12A , 
Jl . MT Haryono 73 Malang , saya sudah siap 
untuk memberi pesan yang sama tentang gula ini . 




diluar dugaan saya malah keduluan dengan 
tawaran " less sugar " dari peramunya hehehe .. 
mungkin dia sudah mulai terbiasa dengan angkatan 
" mantan milenial " seperti saya hehehe .. 
dan di YUBATEA  ini tentu saja tak kita temukan 
cara minum teh ala budaya Jepang yang terkenal itu , 
melainkan  beberapa menu " modern " yang jadi  
signatureny seperti 
Golden Aozora , TropicalPopcorn Aozora dll . 
dideretan seri teh susu , 
ada Orange Mirukutsa , Golden Mirukutsa dll . 



bagi penyuka camilan pendamping teh , 
dalam daftar menu  juga ada  wafel , choco peanut , dll .
 sayangnya , siang itu hanya tersisa 1 box wafel 
sehingga sayapun tidak punya pilihan dan memilih
 menundanya serta membawa pulang saja
 pesanan dua macam teh saya .
 satu Sparkling Cherry dan satu Susu Teh
 yang maaf saya sudah lupa namanya karena
 hampir sebulan yl saya kesana . 
naa .. buat  penyuka teh model Jepang boleh kesana
 ataupun model model Thai , Korea dll yang
 saat ini juga sudah ratusan jumlah penjualnya 
di Malang Raya , mulai yang model PKL an , Ruko ,
 Kedai , Cafe hingga Hotel Berbintang .


kita sudah dikerubuti 
ragam teh internasional meskipun sebenarnya 
teh kita tidak kalah dan bisa saja dimodif ala mereka 
 naa , masih ingat Teh Bandulan , 
Teh Goalpara , atau Teh Sosro dll ? 
ayo , bangkitkan lagi semangat Teh Lokal kita
agar kembali menjadi tuan rumah di negeri sendiri !
yukkkk ..!
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 27.09.22 )
keterangan foto :
01 . ngga kelewat jauh maknanya ..
02 . di ruko indah dinoyo
****
03 . order here ..
****
04 . selera suka suka
05 . mbungkus saja .. 
****
06 . daftar camilan
07 . daftar ada , camilannya ngga ada ..
****
08 . tampak depan
****




Tidak ada komentar: