Jumat, 23 September 2022



 
 
 
 
.. " LAPIDOTH Menutupi PELANGI ? " ..
 
warga kota Malang siapa yang tak tahu 
Hotel Pelangi di Jalan Merdeka Selatan no 3 itu ? 
hotel bersejarah yang berdiri tahun 1916 bernama
 asli Palace Hotel yang lalu dijaman pendudukan
 Jepang berganti nama menjadi Hotel Asoma
 dan setelah kemerdekaan hotel kemudian dikelola oleh
 pengusaha Banjarmasin , Syachran Hoesein 
dan menjadi Hotel Pelangi yang hingga kini 
masih berdiri kokoh dijantung kota Malang itu . 




naa .. kalau kemudian ada 
sebuah bangunan tambahan yang mendadak muncul
 dihalaman depannya sehingga seolah menutupi
 wajah Hotel Pelangi yang legendaris itu ,
 pastilah " ada apa apanya " kok sampai 
" berani beraninya " menghalangi perwajahan 
hotel landmarknya Malang ini ?
 sayang sekali saya tak sempat bertemu dengan petugas
 atau manajer atau siapapun yang berwenang memberi
 informasi pada saya tentang ini 
tetapi saya dengan penuh penasaran malah masuk dan
 cangkruk di bangunan tambahan dihalaman 
Hotel Pelangi ini . 





sebuah bangunan berarsitektur klasik dan mengingatkan
 pada model cafe cafe Eropa yang " konvensional " 
dan bangunan yang memang dibuat bagi 
cangkrukers ini diberi nama " LAPIDOTH " . 
naa .. penasaran kedua saya adalah nama ini , 
apakah ada hubungan dengan sejarah Hotel Pelangi 
atau bagaimana , lagi lagi tak ada yang 
dapat memberi jawabannya pada saya .. 
( kelak akan saya susulkan kalau saya mendapat 
informasi dari reliable sources ) . 
masuk kedalam Cafe & Patisserie ini saya mendapat 
kesan nyaman , klasik , dan homy ! 






dalam ruangan yang tak terlalu gede ini , ada sekitar
 20 an tempat duduk plus disebelah teras luarnya 
yang memuat dalam jumlah yang kira kira sama 
atau lebih sedikit . 
interiornya yang didominasi warna putih dan furniture
 coklat & cream plus foto foto djadoel Tempo Doeloe 
yang menggambarkan perjalanan sejarah 
Hotel Pelangi dan Malang , 
menambah kentalnya ingatan pada suasana 
Alun Alun jaman dulu dan perwajahannya yang lama , 
mulai dari Alun Alun itu sendiri , Masjid , Gereja , dll .
 menu menunya juga menggambarkan Tempo Doeloe 
seperti Es Cendol , Telo Goreng dll meskipun
 dikemas dengan nama nama asing yang 
terdengar keren ! 
makanan ringan hingga yang berat , minuman teh , 
kopi maupun non kopi , semuanya tersedia
 dan bagi penyuka sandwich ataupun salad , 
disini semuanya ada ! 



 
 
harganya standar saja , Americano misalnya , 
23K atau Frappucino 28K, 
Es Kopi Susu Lapidoth 26K dll . 
saya sempat melihat dibagian belakang cafe ini 
sedang ada pembangunan bagian rooftopnya yang 
mungkin nantinya tamu tamu akan bisa 
menikmati lantai atasnya , semoga !
 

 
 
 
naa .. buat warga Malang " mantan milenial " 
saya ( hehehe .. ) Lapidoth adalah salah satu
 pilihan cangkruk yang nyaman untuk bernostalgi,
 terutama bagi kerabat luar Malang yang 
sekaligus ingin menginap di Hotel Pelangi sebab
 letaknya yang ditengah kota adalah strategis
 untuk berbagai tujuan ... naaa , yukkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 22.09.22 )
keterangan foto :  
01 . Hotel Pelangi tersisa wajahnya 
dikanan kiri cafe 
02 . menutupi Hotel Pelangi
03 . saya dipintu masuk cafe
****
04 . atmosfer ( 01 )
05 . atmosfer ( 02 )
06 . atmosfer ( 03 )
****
07 . Hotel bersejarah
08 . membangun rooftop diatas cafe
09 . buat catur ?
****
10 . daftar menu ( 01 )
11 . daftar menu ( 02 )
12 . daftar menu ( 03 )
****
13 . telo goreng
14 . es cendol
****
15 . salah satu ucapan selamat ( 01 )
16 . salah satu ucapan selamat ( 02 )
17 . atmosfer sudut lain ... nyaman
**** 

Tidak ada komentar: