Kamis, 15 September 2022

 
 

 

 
 
.. " Affogato Terisolir & Krupuk Melayang 
Di Cahaya Desa " .. 

membaca judul diatas , secara harafiah memang terjadi .
 di Resto Cahaya Desa , di Jalan 
Raya Diponegoro 37 , Karangploso Malang . 
resto yang satu ini letaknya memang persis disebelah 
Rest Area Karangploso Malang . 
sekitar setahun lebih berdiri , 
ternyata resto yang justru lahir disaat
 pandemi ini hingga sekarang masih cukup lumayan 
pengunjung yang menikmati atmosfernya . 
 
 

 
 
 
meski saya terlambat menjenguk RCD ini , 
tetapi pada minggu kemarin keterlambatan itu sudah
 terbayar lunas dengan beberapa jam saya habiskan 
waktu disitu ( maklum , Karangploso juga 
pernah dinyatakan sebagai zona merah covid saat
 pandemi grafiknya menanjak )
mudah menemukan lokasinya karena berdempetan 
dengan Rest Area Karangploso yang saya lihat 
tinggal sekitar 30% yang beroperasi .
 dipintu masuk RCD ini tampak " biasa biasa saja " 
sebagaimana halnya resto resto lainnya . 
tetapi beberapa langkah setelahnya , barulah saya 
melihat sesuatu yang agak " tidak biasa " yaitu 
adanya " jalan setapak " yang menjorok cukup jauh
 sekitar 200 meteran seolah " membelah "
 persawahan yang ada disitu ! 
 

 

 
 
dikanan kiri jalan ini terdapat gazebo gazebo untuk 
lesehan. tentu saja saya lebih tertarik menyusuri
 jalan setapak diatas persawahan tadi  hingga 
diujungnya yang ternyata disitu ada sebuah cafe ! 
naa ... terpisahnya cafe cukup jauh dari ruang utama
 yang berlantai dua digerbang masuk , 
adalah ide brilian karena areanya berada ditengah 
persawahan dengan view gunung dikejauhan 
yang begitu cantik ! 
maka sudah pasti saya memilih duduk disitu dan 
seorang barista manis adalah satusatunya 
pengawal cafenya . 
untung saja saya mendapat info bahwa pemesanan 
makanan juga bisa dicafenya , 
jadi saya tidak perlu barjalan lagi kesebelah depan 
didekat pintu masuknya . 
 

 
 
dalam daftar menunya al ada Ayam Bakar , 
Gurami Asam Manis , Urap Urap , Bakmi Goreng , 
Nasi Goreng , Sambal Teri , Jamur Crispy , 
beragam Nasi Bakar , Kepiting dll . 
untuk minuman ada Lemon Tea , Blue Latte , 
Vietnam Drip , Milk Regall dll . saya tergolong berselera 
" konvensional " dan Nasgor Spesial RCD plus 
Bakmi Goreng dan Es Degan adalah pilihannya . 
tetapi ups ! bukankah saya dekat dengan pengolah
 kopinya ? maka ,
masih saya tambahkan dua Affogato ! 
angin semilir plus panorama cantik disekeliling 
membuat saya nyaris " ngantuk " disiang hari itu dan 
untungnya Affogato lebih dulu muncul dimeja
 mendahului pesanan yang lain yang membuat
 saya tidak jadi ngantuk!
 

 
 
( padahal sebagai penutup makan sebenarnya 
juga tepat ya hehehe .. ) . 
saat pesanan makanan tiba dan saya ber siap untuk 
saat asyik jeprat jepret menu dimeja saya , 
tiba tiba wushhh ... 
kerupuk kerupuk dipiring piring beterbangan kesana 
hahaha .... ! ( ini perlu dipikirkan oleh chef nya 
bagaimanba cara menghidangkan kerupuk 
supaya tidak beterbangan ditiup angin hehehe .. ) . 
ya sudah , kerupuk yang melayang tidak mengurangi 
kenyamanan atmosfernya dan saya tetap betah
 diterpa angin gunungnya ! 
maka untuk LHAR 
( Layanan , Harga , Atmosfer dan Rasa ) skala 1-10 , 
saya berikan 7/tujuh untuk RCD ini . 
sebuah angka yang sangat jarang saya berikan kecuali
 memang layak mendapatkannya . 
saya juga sempatkan jeprat jepret dari lantai dua yang
 siang itu kebetulan kosong 
( saya menduga lebih banyak pengunjung memilih 
duduk di gazebo gazebo yang membelah persawahan ) . 
lantai dua ini juga nyaman untuk pertemuan 
atau rombongan rombongan . oya , 
disepanjang jalan setapak kearah cafe tadi , 
 saya juga melihat beberapa orang petani sedang 
mengerjakan penanaman padi , sebuah pemandangan
 tambahan yang menarik ! 
 
 

 
puas jeprat jepret dan menikmati atmosfer serta 
menu menunya , saya tinggalkan RCD dengan 
memasukkannya dalam daftar LUDL 
( Layak Untuk Didatangi Lagi ) . 
penasaran ? yukkkk ... 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 15.09.22 ) 
keterangan foto :
01 . panorama cantik dilihat dari lantai dua
02 . gugusan gunung Kawi dikejauhan
03 . affogato menghadap gunung dan sawah , 
what else you want ?
****
04 . atap lantai dua
05 . sepeda bunga
06 . atas samping
07 . untuk rombongan atau grup grup
****
08 . daftar menu
09 . peta resto
10 . view samping kiri 
****
11 . mie goreng
12 . nasgor spesial CD
****
13 . affogato
14 . lengkap untuk meja saya
****
15 . barista sibuk
16 .menikmati atmosfer
17 . ya Rasa , ya Atmosfer
****





Tidak ada komentar: