Jumat, 09 September 2022






 
 
.. " Akhir Sebuah Perjalanan Ide " ..
pertengahan tahun 2016 , 
disebuah pertemuan di Jl . Kesemek 10 , Malang , 
tercetus ide membuat sebuah 
Buku Kenangan Alumni SR Sriwedari 
Jl. Idjen Boulevard 32 , Malang . 
ide diterima secara bulat dan persiapan mulai dilakukan
 dengan membuat dan membagikan formulir 
isian data kepada anggota paguyuban alumni.
 mudah ? ternyata tidak . 
halangan mulai nampak antara lain , 
lupa membawa formulir pada pertemuan yang 
berikutnya , absen tidak hadir , gangguan kesehatan , 
formulir hilang dst dst . 
mengapa tidak melalui WAG saja , bukankah 
lebih praktis ? kalau kita bicara dikalangan milenial , 
sudah pasti formulir tidak diperlukan , 
cukup lewat pdf saja .
 

 
 
maka jangan coba coba komplain jika berhadapan 
dengan 16plus ee .. maaf 61 plus , karena usia 
rupanya menjadi hambatan dimasalah 
Lupa , Hilang / Ketlisut , penguasaan gadget dll ..
mencoba bersabar menjadi tuntutan utama , dan
 kesabaran menunggu masuknya data hingga 
memasuki tahun 2019 ! padahal hanya menunggu 
masuknya data dari 46 orang saja hehehe ... 
bukan hanya data , foto juga diperlukan karena 
Buku Kenangan adalah untuk mengenang 
data dan wajah sipemilik data ! 
memasuki 2020 , ternyata terhantam pandemi hingga 
dua tahun lebih tidak ada pertemuan rutin kecuali 
obrolan WA saja . sesekali saya mengingatkan 
pada data dan foto yang masih tertunda tunda dan 
ternyata malah macet karena penguasaan cara 
pengiriman data pdf yang ada ...
 ( diam diam saya berharap semoga ada anak cucu 
yang dapat membantu para eyang ini , ternyata juga
 tidak muncul data yang ditunggu tunggu ) . 
 

 
 
 
maka ketika pandemi sedikit tiarap meskipun ada 
" ancaman " cacar monyet , pertemuan dimulai lagi 
pada bulan Juni 2022 di  Jl. Kesemek 10 Malang 
( lagi ) yang kebetulan bersedia menjadi host plus 
pertimbangan ruangan rumahnya yang lebar 
dan nyaman untuk reunian . 
( kalau dulu biasanya di jl. Sihabu Habu 3 Mlg ) .
kesempatan ini segera saya manfaatkan untuk menagih 
data plus foto yang ternyata juga masih " dijanjikan "
 akan dikirim / dilengkapi foto dll . 
 saya sebagai yang ketiban sampur sebagai 
penyusun dan editor tak lagi punya waktu banyak
 karena pada komunitas yang lain lain saya juga
 punya " tugas " apalagi menjelang 17 an yang padat , 
maka saya terpaksa mengambil " jalan pintas " !
dan apakah itu ? 
bak seorang sales yang door to door ,
 sayapun " bergerilya " menagihi data plus 
melakukan pemotretan on the spot sehingga tak ada
 lagi alasan mengelak hehehe .. 
terjadilah kelucuan kelucuan misalnya 
" waduh , saya tak ganti baju dulu ya .. " , 
" wah .. jangan sekarang ya , belum makeup nih .. " , 
" lho .. difoto sekarang ? saya kasi foto 
masa muda saja boleh ya ? " , 
" oo .. nanti tak carikan foto saya yang bagus ya .. "
 dll dll yang lucu lucu . 
 
 
 
juga saat saya mengetuk pintu pintu , banyak 
kelucuan lain terjadi . misal ada yang mengira
 saya peminta sumbangan , ada yang mengira saya 
berjualan produk dll hahaha .., maklum selain lama
 tak bertemu dan juga karena saya memakai masker,
 mereka malah tak mengenali hehehe ..
 sementara itu saya juga hunting arsip lama dari sekolah
 SD kami plus foto foto jadulnya di Jl. Bogor 1 , 
yang nama sekolahnya sama meskipun kami alumni dari Sriwedari yang di Jl. Ijen 32 pada masanya . 
saya juga " menuntut " diadakannya rapat terbatas para 
pengurus paguyuban pada akhir Juli dan 
 awal Agustus 2022 yl untuk menetapkan langkah akhir
 buku kenangan yang meliputi 
Pendanaan Cetaknya , Rincian Isi dan 
Teknis Pengiriman buku untuk yang diluar Malang dll . 
juga jangan bertanya pada saya , berapa puluh kali 
" riwa riwi " saya ke desain grafisnya yang harus 
menterjemahkan ide kedalam 
lembaran lembaran buku secara detil yang 
meliputi ilustrasinya , pemilihan font hurufnya ,
 pewarnaan dst dst yang tetap saya 
" tuntut " dalam garis pakem filosofi Jawa lewat 
bentuk Gunungan dan falsafah Tut Wuri Handayani . 
 

 
 
 
dan secara gotong royong sesuai tradisi timur , 
biaya cetak tidak menjadi masalah apalagi bendahara 
paguyuban kami menjaminnya 
( kalau soal yang terkait keuangan , adalah bukan 
passion saya , jadi saya tidak secuilpun tertarik dan
 ikut campur ! ) . naik cetak akhirnya terjadi dan 
seminggu menunggu , 50 eksemplar Buku Kenangan
 menjadi kenyataan pada Agustus yl !! 
tentu saja tak ada yang menyaksikan 
ketika akhirnya saya menerima
 50 Buku Kenangan / BK dari pihak percetakan , 
bahwa sayalah yang lebih dulu menitikkan air mata ! 
cengeng ? sudah tentu , karena 6/enam tahun bukan
 masa pendek dimana kalau saja saya tidak nekad 
" ngegas " sejak Juli 2022 yl mungkin BK ini juga 
masih di awang awang ! 
( sekaligus ada sedikit penyesalan mengapa 
tidak sedari awal saya lakukan cara " door to door " 
data hunting sehingga bisa selesai hanya 
kurang dari sebulan seperti pada Juli 2022 yl ? 
rupanya saya sesekali juga harus " tega " 
mengabaikan jurus kesabaran hehehe ... )
maka lebihlanjut disepakati bahwa 
pada tanggal 04 September 2022 yl digelar
 acara pertemuan " penting " dengan agenda utama : 
Pembagian Buku Kenangan di kediaman senior saya , 
di Jl . Venus , Malang . 
dari 46 anggota yang mengisi datanya dalam BK , 
 9/ sembilan diantaranya berada di 
Jakarta , Bogor , Cimahi , Surabaya . 
acara berlangsung seru meskipun tidak seperti 
biasanya karena tidak adanya keyboardist yang 
meramaikan suasana , tetapi hadirnya 4/ empat 
anggota baru 
juga menambah semarak disamping suguhan 
nyonya rumah yang luar biasa padat mulai bakso , 
pangsit , mie goreng , nasgor , ayam , 
hingga rawon 
plus bermacam buah dan seabreg kue kue yang 
membuat kami semua " klenger " hehehe ... 
 
 
doa syukur tentu saja memulai acara , 
dan diakhiri dengan foro bersama dengan menenteng 
Buku Kenangan yang mudah mudahan akan menjadi
 inspirasi Anak Cucu bahwa pertemanan dan 
persaudaraan adalah yang termahal diatas segala
 perbedaan ataupun status sosial yang ada ! 
buku setebal 44 halaman itu , saya bagi atas beberapa 
" chapter " yi : 
*halaman Pengantar ( ketua , pengurus , editor ) , 
*halaman foto foto jadul jaman sekolah ( sekitar 50 foto ) , *halaman Doeloe & Sekarang dari 
perwajahan Jl. Idjen Boulevard , 
*halaman Rumah Rumah Bersejarah ,
*halaman Sejarah SR Sriwedari , 
*halaman Data 46 Anggota Paguyuban , 
*halaman Mengenang Yang Telah Mendahului , 
*halaman Lagu Lagu Bersejarah , 
*halaman Para Senior Yang Belum Ikut Mengisi BK ,
* halaman Foto Foto Kegiatan Alumni Yang Terbaru , 
*halaman Lembar Kenangan , 
*dan halaman terakhir : Indonesia Raya . 
alhamdulillah Allah SWT telah mengijinkan 
terwujudnya Buku Kenangan ini yang semoga akan
 disusul dengan Edisi Kedua dst untuk melengkapi
 hal hal yang belum termuat dalam Edisi Perdana nya .
 tentu saja rasa syukur dan terima kasih ini juga 
saya ingin sampaikan pada segenap 
anggota paguyuban Alumni SR Sriwedari 
Jl. Idjen Boulevard 32 Malang , 
atas segala perhatian , dukungan dan dorongan 
semangatnya pada saya sehingga akhirnya buku ini 
dapat terwujud sebagai tali pengikat silaturahmi 
antar anggota . 
 
 
 
disekolah itulah kita dulu sama sama menimba 
berbagai nilai kebajikan meskipun kita berbeda 
angkatan , dan semoga kita akan tetap
 mampu memelihara nilai nilai ini hingga 
akhir hayat nanti ... 
rasa terima kasih yang tidak dapat diungkap
 lewat kata kata adalah terutama ditujukan 
kepada para " Encik dan Engku " kami yang 
dimasa kecil kami telah sedemikian membekali 
kami dengan bermacam positive values 
serta dorongan semangat tinggi 
dimana hanya
" The Sky Is The Limit " yang membuat kami kami 
saat ini mampu bertahan dalam segala 
dinamika kehidupan ..
 
 
 
catatan ini saya akhiri dengan ucapan :
 alhamdulillah ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 09.09.22 )
keterangan foto :  
01 . penyerahan Buku Kenangan , di Jl . Venus Mlg
tgl 04 September 2022 yl
02 . atmosfer
03 . saya sedang membagi kisah penyusunan BK
****
04 . menyanyikan lagu lagu jaman sekolah
05 . apapun status sosialnya , semua lebur tanpa sekat
****
06 . hidangan komplit
07 . bapak bapak sedang " sibuk " ..
08 . nyonya rumah juga sibuk ..
****
09 . ketua paguyuban 
10 . doa harus selalu ada
****
11 . bapak bapak diteras
12 . sebagian yang hadir
13 . mbak Loeky & kerabat
****
14 . cover depan Buku Kenangan 
****
15 . cover belakang
16 . ayo ngguyu ...
****
17 . atmosfer lain ..
****

Tidak ada komentar: