Minggu, 03 Januari 2016






.. " Tok , Tok , matur nuwun mas Eka " ..

saya memang sangat hafal dengan " tradisi " Anda yang kalau muncul di blog saya berarti di blog Anda " ada apa apanya " yang harus segera saya lihat . matur nuwun mengingatkannya , 
sebab saya sudah masuk PP alias Periode Pikun , 
jadi andai tidak di Tok Tok barangkali saya bisa " lupa " untuk mampir di blog Anda yang luar biasa itu . 
dan dugaan tidak meleset , saya mendapatkan banyak sekali informasi menarik di blog Anda dan semuanya terjadi dalam bulan Desember yang lalu , jadi masih lumayan fresh .
soal The Leviatan / Joseph Roth atau The Bridegroom Was a Dog dari Yoko Tawada ataupun Killing Auntie nya Andrzej Bursa itu memang membuat saya ter plonga plongo membaca komentar Anda .
 lha wong bacaan saya masih seputar " Kancil Nyolong Timun " koq dihadapkan pada penggemar Gogol ? 
jadi ini memang manfaat dari pertemanan yang " njomplang " pinternya , saya yang beruntung bisa belajar banyak , 
saya ndak tahu apakah Anda juga belajar sesuatu dari blog saya yang ndak jelas arahnya ini hehehe .. 
memang memahami isi sebuah novel tak cukup cuma membaca halaman terakhirnya dan berkomentar
" oo ... ternyata happy koq endingnya " atau " ooo ... ternyata dia bunuh diri ... " atau 
" ooo ... dia koq malah kawin sama monster itu ya ? "  dst dst .. 
lha adapun Anda yang pandai menerawang jerohan penulis novelnya itu memang sebuah anugerah , 
saya memang belum sedahsyat itu ilmunya . 
lebih parah lagi saya ini kalau beli2 buku atau novel2 seringkali membalikkan kehalaman belakangnya untuk lebih dulu melihat harganya , lho opo tumon ?
maka saya sangat rajin menjadi pengunjung dan pembeli disaat ada obralan2 buku dan buku2 yang numpuk dimeja kerja saya ini masih sekitar 35% yang terbaca, sisanya belum , gara gara ya itu tadi , nguber murahnya lebih dulu , 
parah bukan ? hahaha pasti Anda tertawa menertawakan saya , ndakpapa , 
sebab kejujuran itu kadang memang perlu ditertawakan dijaman yang sudah serba artifisial ini . 
lalu Obituari dari Prof . Benedict Anderson itu sangat menyentuh . 
sayapun baru tahu peran almarhum dalam karya karya Anda .
pasti Anda sangat kehilangan . 
memang sulit dipungkiri bahwa ada saja orang orang tertentu dalam hidup kita yang sebenarnya baik secara langsung / tidak yang merupakan Pemberi Pengaruh sekaligus Pemberi Inspirasi dan Motivasi 
pada hal hal yang kita capai .
semoga almarhum diberikan kedamaian dalam istirahat panjangnya , amin.
menutup tulisan ini , saya terus terang kecewa berat dengan foto cover Man Tiger dll yang baru itu . 
menurut saya koq tambah lama tambah " merosot " bobot desainnya ? 
apalagi foto wanita cantik itu , kok malah seperti novel2 " picisan " maaf , padahal novel itu sangat berbobot?
 terutama yang Man Tiger itu menurut saya cover I duluuuu itu paling keren , seorang pria bertaring , 
sebuah keberhasilan grafis desain ! 
 bandingkan dengan yang terbaru ,
 meski mungkin itu adalah aliran tertentu dalam seni lukis ,
 tapi menurut saya itu " menyederhanakan " konten novelnya yang filosofis !
tapi ini memang selera dan percuma didebatkan , meskipun saya tetap berharap 
" mbok yao "  Anda itu sedikit selektif. 
 rasanya sekian saja tulisan saya kali ini , 
nanti kalau kepanjangan membosankan sebab isinya memang tidak ada . 
novel " O " nya kapan muncul ?
 salam , saya .
( th ) 

( gambar diambil dari blog eka k )


01. desainer sampul novel 
02 . desain2 baru ( ? )






 

Tidak ada komentar: