Kamis, 03 Oktober 2013





.. " Jowo Cleon ", jangan tanya artinya ..


 lha wong yang menjaga kedai saja ndak tahu arti dari nama kedainya, apalagi saya yang cuma berkunjung kesana disuatu siang pada akhir bulan yang lalu.
 kebetulan si pemilik kedai juga sedang tidak ditempat, ya sudah klop, 
sama sama tidak tahunya hehe .. 

berawal dari sebuah rasa penasaran melihat ada sebuah jalan yang menanjak naik entah kemana, saya mencoba masuk yang ternyata makin tinggi dan tinggi ... lho ... ini kemana? 
ini bukan jalan biasa yang dilalui umum tetapi lebih merupakan jalan kampung bagi penduduk setempat disitu. " manawi terus minggah mangke saged tembus Cangar nanging 
marginipun radi awon ... " terang seorang penduduk lokal. 
( terjemahan : 
bila terus naik, nanti akan bisa tembus ke Cangar tetapi jalannya agak jelek ). 

ternyata saya melewati banyak sekali kebun apel , bunga dan bermacam sayur lainnya plus pemandangan disebelah  bawahnya itu fantastis ... ! 




sepertinya area ini jauh lebih tinggi dari Selecta yang tampak dibawah agak dikejauhan .. 
tapi dengan adanya peringatan akan kondisi jalan yang agak jelek plus kondisi ban depan kiri saya yang suka " ngambek ", maka saya hentikan penelusuran hanya sampai 
di ketinggian  tertentu,  putar balik .

naaa ... dalam perjalanan turun kembali kearah Batu inilah disebelah kanan jalan saya melihat ada sesuatu yang cantik. sebuah pondok bambu sederhana yang tidak besar, namun disebelah belakangnya memiliki view yang " breathtaking " ! 

daya tarik kedua adalah nama yang dipilih untuk kedainya ," Jowo Cleon " , yang entah itu artinya apa. ya sudah, setelah tadi " menyesatkan diri " kearah antahberantah, 
perutpun  mulai menyanyi. saya memilih tempat duduk yang lesehan karena dekat dengan cendela yang menghadap langsung kearah view yang cantik: 
gunung gunung, bukit, kebun sayur dan buah plus lembah lembah.  

oya jangan membawa rombongan besar kekedai ini, sebab tempatnya terbatas dan lesehan dimana saya duduk itupun cukup " sempit " tapi terhibur oleh panorama yang ditawarkan!

" menu khasnya ya ini, ayam kremes jowo cleon " jawab pramusaji saat saya tanya menu andalan dikedainya. harga menu? terus terang, kalau saja ini bukan kedai kecil tetapi restaurant besar yang memanfaatkan view sebagai selling-pointnya, pasti harga menunya melangit! 
maka diam diam saya bersyukur bahwa kedai ini menu menunya masih membumi 
harganya dan semoga demikian seterusnya supaya saya masih bisa 
menikmatinya lebih sering hehe ...

letak kedai " Jowo Cleon " ini disekitar desa Punten atau sekitar 3km dari kota Batu, arah ke Cangar. soal rasa, dari skala 1 - 10, ada di 7.5 terutama sambalnya yang sedepppp ! 
sebuah makan siang/ sore yang komplit : 
perut lapar, menu enak dan murah, plus pemandangan luar biasa diluar cendela!





 yang kebetulan dalam perjalanan ke/dari  Cangar, sempatkan ke Jowo Cleon dan 
tolong beritahu saya arti nama ini yaa ... ! ( th ) 

( keterangan foto, all taken by : th , sep. 2013 ) 

01. gorgeus .... !
02. ayam jowo-cleon !
03. lesehan ..
04. murah meriah
05. dari balik cendela kedai
06. ayam kremes
07. kedai mini


Tidak ada komentar: