Sabtu, 12 Oktober 2013




.. teman temin pesbuk, enaknya diapakan? ..


diawal awal FB an duluuu, masih semangat mengumpulkan teman sampai sampai yang ngga kenalpun diterima sebab mendadak dari seluruh penjuru dunia begitu mudah 
mendapat teman dari china, rusia, selandia baru, kanada, india dll dll 
pokoknya hepi hepi ... 

lha seiring perjalanan waktu , akhirnya pengalaman mengajarkan sesuatu tentang pertemanan ala FB ini, maka yang terjadi adalah sebaliknya. 
saya mulai alergi, jangankan menambah teman, yang sudah adapun dirombak total. 
bahkan dengan berat hati terpaksa saya " memutuskan kontrak pertemanan " 
dengan sekian puluh orang yang tidak jelas jluntrungnya 
namun mengganggu. dimana gangguannya?

namanya saja pertemanan yang tidak langsung, jadi banyak hal yang diluar perkiraan terjadi. misal, komentar komentarnya yang vulgar bahkan brutal, 
kemudian latar belakangnya yang aneh aneh sehingga obrolan mereka dengan 
" geng " nya itu menyadarkan kita bahwa mereka adalah sekumpulan peminum atau minimal yang suka minum minum dll, bahkan juga ada yang " gawat " karena tiba tiba saja muncul foto foto mereka yang nyaris nudis lho lho lho ....

maka, bukannya sok sok gimana, tetapi demi menjaga kelangsungan pertemanan dengan kerabat dan teman teman yang memang sudah saling tahu, kenal, dan akrab, terpaksa 
yang " aneh aneh" tadi saya " putus " kan. 

dan dengan semakin maraknya pemalsuan data pribadi, mulai foto diri, identitas dsb maka sayapun mulai malas membuka buka, hanya bila ada pemberitahuan masuknya 
pesan baru ,  saya membukanya . biasanya pas  ada yang ber ultah atau wafat dll dan 
ada yang mengingatkan saya akan itu.

dalam daftar permintaan pertemanan ada sekitar 40 orang yang belum terjawab, 
meski sebagian saya memang tahu dan kenal. tetapi melalui inbox kepada yang sebagian tadi , saya sudah menjelaskan singkat bahwa itu memang tidak saya jawab 
karena beberapa alasan dan  tidak berarti saya abaikan. 
kami tetap berkomunikasi melalui jalur lain. 
maka hampir 2 - 3 tahun ini FB saya 
seolah mampet dan mandeg kecuali perubahan beberapa foto saja.

lucunya lagi, ternyata masih saja ada yang mencoba coba iseng dengan memohon pertemanan memakai foto entah siapa tapi yang jelas sangat keren keren  dengan bonus permohonan pertemanan 50kg kain gombal hehe .. 
saya geli bahwa " modus kuno " seperti ini masih dicoba dipakai dengan harapan wanita 
akan " klepek klepek " melihat foto foto keren.
( lha wong yang ngga pakai foto alias berkenalan langsung didunia nyata saja belum tentu jujur apalagi yang didunia tidak nyata alias maya hehe ... )

bak mata uang yang berwajah ganda, FB pun memiliki dua wajah. 
genuine dan artificial.
akhirnya semuanya berpulang pada kita, mana yang akan dipilih.tokh FB juga punya pengaturan pengaturan privasi dll sesuai selera pemilik akun. tak ada keharusan untuk berteman dengan siapapun bila ada indikasi meragukan/ ketidak jujuran.

tapi kalau " niatan " ber FB memang sekedar konyol2an ya tak masalah, cewek memasang foto status nya dengan wajah cowok dan mengaku dirinya gay  dst dst mungkin bagi sebagian orang ini permainan adrenalin yang menarik.
 naa .. bagaimana dengan pengalaman blog - readers sendiri? ... ( th )

( gambar dari google )

 

Tidak ada komentar: