Senin, 06 Mei 2013




Yang Terlupakan, Yang Ingin Dikenang

Saat mengantar kerabat luar Malang menjenguk sebuah makam kerabat yang lain, saya menemukan bahwa makam tersebut lebih mirip " dunia yang terlupakan " karena nampak sangat tidak terawat dan bahkan seram. 

Terletak didaerah utara kota Malang, makam ini seperti dibiarkan tidak terurus. Belukar yang tumbuh liar dimana mana, serta batu batu nisan yang rusak, patah ataupun ambles. 

Mencari makam disitu disulitkan oleh semak semak yang meninggi serta tidak tampak adanya juru makam yang biasanya menjaga atau merawat area makam

Ada beberapa makam pejuang disitu, tampak dari simbol bendera dan bambu runcing yang menandainya dengan tulisan dibawahnya yakni : " pejuang " . Besinya yang berkarat, seolah menyiratkan bahwa para pejuang ini memang sudah terlupakan.

Sementara saya menunggu makam kerabat yang dituju itu dibersihkan, saya berkeliling makam untuk menjepret hal hal menarik. Ada beberapa catatan unik. 

Pertama, tidak biasanya pada sebuah makam keluarga muslim, ditemukan tulisan atau semacam puisi yang mengekspresikan perasaan keluarga yang ditinggalkan terhadap si almarhum/ almarhumah. 

Disalah satu makam muslim, saya menemukan catatan atau ukiran dinisannya begini : " Your love and smile will always be with us forever " . Saya terharu. Andai saja disetiap batu nisan terdapat ungkapan perasaan semacam itu, pastilah makam akan menjadi tempat yang menarik dan menginspirasi. 

Di negara negara barat terutama, ungkapan dibatu  batu nisan sangatlah biasa dan indah indah hingga kita ikut terhanyut dalam emosi si penulis puisi.

Misal ada yang begini terjemahannya : " Engkau tidak pernah pergi, engkau menungguku, hingga saatnya nanti kita akan kembali berjalan berdua seperti yang selalu kita lakukan, cinta : MV " ( waa .. ber lama lama di makam seperti itu, bisa menangis .. )

Oya, cerita unik lain adalah bahwa ternyata setelah saya meng edit foto foto makam itu dirumah, didua foto dari delapan foto yang ada, kamera saya menangkap fenomena Orbs seperti yang sering kita lihat dilayar kaca ketika para pakar meneliti adanya enerji tertentu ditempat tempat semacam ini. 

Mereka menyebutnya Orbs sesuai bentuknya yang memang berupa bulatan bulatan tembus pandang. Saya tidak akan mengupasnya lebih lanjut, karena saya bukan ahlinya, hanya saya menemukan persamaan bentuk sebagaimana yang sering diketemukan para pakar yang mereka tidak menyebutnya sebagai arwah atau apa, melainkan Orbs, sejenis enerji.

Saat saya jepret, itu masih sekitar jam 12 siang hari dan terang benderang, sehingga saya hampir yakin bahwa kamera saya tidak salah menyetelnya atau salah lightingnya. Selebihnya, Wallahualam, karena semuanya memang berasal dariNya termasuk segala macam fenomena alam ghaib yang kita wajib mempercayainya sebagai bagian dari ciptaanNYA.
Yang terpenting, kita tidak mengkultuskannya apapun alasannya, karena hal itu jelas melanggar dan masuk dalam sesuatu yang paling dimurkaiNYA..

Semoga pemkot Malang juga mampu memberikan perhatiannya kepada area area makam yang  kurang terurus agar tidak ada penyalah gunaan area makam untuk hal hal yang negatip. Semoga .. ( th )


  
Keterangan foto ( all taken by : th , May 2013 ) :

01. Semak belukar menimbulkan kesan seram.
02. Orbs, yang tampak didekat ujung bendera besi makam pejuang.
03. Makam pejuang lainnya yang tampak agak terurus.
04. Batu nisan dengan ukiran kata yang cantik. 



gunaan area makam untuk hal hal yang negatip, semoga ... ( th )


Keterangan foto ( all taken by : th, May 2013 ) :
   


Tidak ada komentar: