Minggu, 05 Mei 2013



Antara Vocal dan Wajah

Melihat berbagai macam kompetisi vocal yang ada dilayar kaca saat ini, terkadang bisa guemessss sendiri hehehe ...Bagaimana tidak guemesss kalau hasil sms pemirsa itu kadang melenceng jauhhh dari semestinya karena yang terpilih itu seringkali yang justru dari sisi kwalitas suara biasa biasa alias standar dan yang sebetulnya bagus malah tersisih ...

Pemirsa yang mengirim sms rupanya masih mempertimbangkan faktor faktor diluar suara, misal :  karena si penyanyi itu imut, cakep, dan sejenisnya ..Secara kebetulan yang memiliki vocal diatas standar itu secara fisik ada yang overweight, juga ada yang kurang cakep, atau karena mungkin tidak sedaerah asal dengan pemirsanya ... Maka berguguranlah para pemilik vocal emas dan akhirnya yang masuk final terkadang mengecewakan .. 

Menghindari subyektivitas wajah ini, saya pada akhirnya cenderung pada sistim kompetisi di " The Voice " dimana para jurinya membelakangi kontestan dan hanya ketika mereka merasa " pas " dengan vocal tertentu, kursinya akan dibalik untuk melihat langsung sipemilik suara.

Kejutan sering terjadi, kadang si pemilik suara imut ternyata orangnya tinggi besar, atau sebaliknya pada vocal yang berat ternyata pemiliknya adalah kecil dan langsing.

Malam ini misalnya,  saya kembali di buat kagum dengan salah satu kandidat juara, yakni Ferdinand. Memilih lagu " Love of My Life " nya F. Mercury / Queen, bukan hal ringan. Lagu yang sudah melegenda dan melekat pekat dengan vocal khas FM ini akan membuat pemirsa " mengamuk " bila  penyanyi lain membawakannya tidak pas. Apalagi denting pianonya yang sudah dihafal dunia diluar kepala, rasanya " jangan coba coba " merubahnya kalau tidak ingin " dikutuk " penonton terlebih fans dari FM dan Queen ( seperti saya sendiri hehe .. )

Ternyata malam ini Ferdinand muncul dan mengubah segalanya. Tindakan " bunuh diri " ini sempat dikhawatirkan Armand/Gigi sebagai mentornya yang mencoba mencegah Ferdinand memilih lagu ini karena sudah sangat familiar ditelinga dunia. Tapi dijawab Ferdi bahwa dia akan menyanyikan dan mengiringinya sendiri dengan gitar tunggal.Hasil rekaman studio disaat latihan, ternyata membuat Armand surprise. 

Dan kejutan yang sama malam ini telah dipersembahkan Ferdi kepada pemirsanya. Gitar tunggal plus vocalnya yang jazzy dengan pembawaannya yang sangat tenang, seolah lagu LoML ini baru pertama kali diperdengarkan di dunia, begitu orisinil . Petikan gitar tunggal Ferdi itu mementahkan " teori " bahwa lagu LoML ini tabu dinyanyikan oleh selain FM.Applaus, applaus, applaus ...

MC bertanya pada Ferdi " Adakah kisah pribadi dibaliknya, kok kamu begitu menghayati?", Ferdi tertawa " Banyak sih hahaha ... " .... Dan apakah Ferdi akan bernasib sama dengan semua yang gugur terdahulu karena alasan fisik? Ferdi kebetulan agak berlebih diberat badan dan memiliki wajah yang ' tidak penyanyi ', saya sempat cemas bahwa sms pemirsa tanah air akan lebih berpihak pada fisik dibanding kwalitas vocal .... 

Kalau ini terjadi dan terjadi lagi, mungkin sebaiknya kompetisi diubah aturannya, yakni kontestan dipisahkan sesuai dengan berat badan dan wajahnya, jadi bak ukuran baju S, M, L, XL, XXL, XXXL, supaya lebih fair ...??

Memang bila seorang penyanyi mendapat anugerah " paket lengkap " yakni wajah, suara dan fisik yang klop bak Elvis itu adalah sebuah bonus plus plus plus. Tapi kalau kebetulan tidak seberuntung itu, semoga para pemirsa terutama yang ditanah air, masih bersedia untuk lebih menghargai faktor faktor non fisik seorang penyanyi seperti Ferdi.  

Semoga Ferdi  dan  Ferdi   Ferdi lainnya , cewek maupun cowok, tidak berguguran sebelum waktunya dan pemirsa mampu melihat " kedalaman " dibanding yang terlihat dangkal dipermukaan, semoga .. ! ( th )

( Foto Ferdinand diambil dari google , Mei 2013 )











 

Tidak ada komentar: