Rabu, 22 Mei 2013



 Dokter Spesalis Iga Sapi Penyet, Leko


Menempati sebuah rumah dipojok antara jalan Argopuro dan jalan Merapi di Malang, cafe Leko ini memproklamirkan diri sebagai Spesialis Iga Sapi Penyet. Dan sebagai sebuah cafe wiralaba, cabang yang satu ini ada dalam urutan cabang yang ke 40 di tanah air. 

Perkembangan yang luar biasa dari bisnis kuliner di Malang, nampaknya telah banyak mengundang nama nama  yang cukup tersohor dijagad kuliner untuk berinvestasi disini. Naaa .. Leko ini termasuk yang lumayan gres di Malang dan saya baru kemarin berkesempatan mencicipi sebab tiap kali akan mampir selalu terhalang padatnya tempat parkiran. Kebetulan kemarin ada satu parkir kosong yang ukurannya pas untuk setrika mini saya hehe ..

Namanya saja spesialis, maka saya menyerah pada menu khusus mereka, Iga Sapi Penyet. Sambil menunggu pesanan, saya mulai prat pret tetapi alamakk .. diruangan dalam ternyata penuh padat dan saya mendapat tempat diteras luar, ya sudah ndakpapa sebab didalam tadi saya sempat melihat ada asap rokok . Wuiii, AC campur asap rokok .. Sebenarnya cukup heran kok perokok malah dibiarkan didalam ruangan yang semestinya ditulisi " perokok dipersilahkan menempati teras luar "  .. Inilah wolak walik nya Indonesia hehe ..

Jam jam padat itu karena kesalahan saya juga, sebab jam 13.00 itu memang sedang musimnya  cacing diperut bersamba ria... Hampir 99% saya amati tamu tamunya adalah karyawan dan bapak bapak polisi yang datang dengan Grand Livina ( jaman saya kuecillll duluuuu saya masih ingat, di mana2 yang bernama pak polisi itu memakai sepeda onthel, tetapi itu duluuuu, sekarang bapak bapak polisi itu tampilannya lebih mirip aktor sinetron ... lhoo maap lho pakkk, apalagi polwan polwannya yang cuakeppp cuakeppp seperti foto foto model )

Naaa ... kembali ke Leko, pesanan iga sapi penyet saya lengkapi dengan minuman khasnya yaitu es cincau susu meski diawalnya sempat bingung dengan banyaknya pilihan seperti cincau-lemon,cincau-degan, jeruk degan, markisa dll . 
Di Leko ini juga bisa ditemukan Iga dan Otot Sapi, Iga Sapi Bakar, Iga Sapi Hotplate, Otot Sapi, Sup Buntut, Buntut dan Otot dll. Tapi yang kurang suka iga iga an, jangan khawatir. Ada sederet pilihan mulai dari cumi cumi, udang, bebek, ayam, bakwan, dll. Harga? Mamin mulai 1000,-/ es batu hingga 42.500,-/  buntut dan otot goreng , range cukup lebar dan pilihan di tengahnya sangatlah banyak, contoh Iga Sapi Penyet 20.000,- . 

Koleksi nasi goreng nya juga beragam, ada nasgor iga, nasgor cumi dll. Dan o yaa .. menu spesial lain adalah Ayam Pedas Leko. Soal level kepedasannya jangan khawatir, baik Iga Sapi maupun Ayam pasti akan ditanyakan apakah Super Super Pedas, Super Pedas atau Pedas tok ?

Dalam tatanan desain interior minimalis, cafe yang satu ini lumayan untuk istirahat siang bersama kolega kantor atau menjamu rekanan bisnis dan sejenisnya sebab atmosfer yang dibangun cukup pas untuk berbagai kebutuhan termasuk bersantai bersama keluarga. Naaa ..... saya harus akui bahwa soal rasa maka Iga Sapi Penyet ini memang yummyyyy bukan saja empuknya tapi juga sambalnya yang khas, apalagi saya berikan Karedok sebagai temannya wow ...

Naaa ... yukkk ber leka leko .... !! ( th )

( Writing & Photos by : Titiek Hariati )
01. Iga Sapi Penyet dengan sambal pedasnya !
02. Warung Leko, Jalan Merapi, Malang.
03. Entrance.
04. Atmosfer dalam cafe.
05. Lorong atau teras luar.
06. Salah satu sudut cafe.
07. Iga Sapi Penyet, Kuah Asem dan Karedok plus Cincau Susu.
08. Teras luar.

Catatan pada 7 Mei 2018 :
Kedai Iga ini sudah tidak menempati alamat semula dan saat ini sudah berganti dengan Mie Jogging .
Demikian untuk informasi supaya pembaca tidak bingung , terima kasih . 
( Titiek Hariati )








Tidak ada komentar: