Jumat, 22 Februari 2013







Terapi fisik mental : a i r ....
( catatan kecil, diketik malam sabtu jam 01.55 malam, 22 malam 23 peb.13 )


bukan karena lambang kelahiran air maka saya penyuka air, sama sekali bukan, tetapi sejak awal terbentuknya janin, mahluk bernama manusia itu memang sudah " berenang " didalam air garba ibu. maka sangatlah wajar bahwa kita, manusia, sudah sangat dibiasakan dengan air bahkan sebelum dilahirkan kedunia. ketergantungan manusia kepada air sangatlah besar, baik sebagai pemenuh kebutuhan hidup sehari hari maupun yang sekunder.

maka hari ini saya mencoba mencari pemenuh kebutuhan sekunder saya atas air, sebagai sebuah " terapi " . persentuhan dengan air memang memberikan rasa tersendiri bagi indera ke 6. ada ketenangan dan kesejukan batin, sebab air bukan berjalan didepan etalase etalase mall , melainkan etalase batin. 

hampir empat jam saya berkubang di sebuah kolam dikomplek perumahan di daerah blimbing. saat saya akhirnya " mentas " dari kubangan, seorang oma oma menyapa " aduhhh .. saya liak dari tadi kok terus terus an, apa ndak capek ta?" he he ... pertanyaan yang bagus ... bila ditotal mungkin sudah sekitar 1,5 km jauhnya " riwa riwi " .. manfaatnya apa?

pertama, untuk fisik, gerakan dalam berenang itu menyeluruh, sehingga dari ujung kaki hingga ujung jari jari dan kepala semuanya bergerak  dan otot otot pun " terlatih " untuk lentur dan balance, menimbulkan rasa nyaman dan segar.

psikis, sangat besar manfaatnya. dengan rasa nyaman dan segar tadi muncul rasa rasa yang lain. tenang dan damai. ( dengan catatan anda datang ke kolam memang untuk berenang lo, bukan untuk yang lain lain )
saya bisa saja diprotes " waa .. ngga usah renangpun kalau datang ke kolam renang sama pacar ya bisa tenang dan damai plus seneng .... " , sungguh tidak salah. jadi kekurangan saya tadi karena saya datang sendiri he he ..

kembali ke terapi air, adalah juga penangkis rasa takut air. siang tadi seorang instruktur renang mengajar renang seorang wanita berusia 75 th!
jangan tertawa dulu, sebab belajar memang tak kenal usia. siapa yang tahu bahwa keinginan beliau sudah terpendam sejak kecil dan baru ada kesempatan diusia lanjut setelah kesibukannya jauh berkurang. saya menyapanya " hebat tante  ..... semangat nya itu lo ! " , beliau mengeluh " iya tapi kaki saya ini lo linu linu .... " , sebuah kewajaran ...

terus ada anak anak balita yang lucu lucu tapi dengan pengaman mereka berani hingga keseberang kolam didampingi instrukturnya. yang satu meronta " ndak mau ...ndak mau .... " dijawab instrukturnya " ya kalau ndak mau kamu menepi saja sendiri ", padahal mereka ditengah kolam, yang akhirnya dengan menangis si anak berusaha menepi sendiri dengan jarak sekitar 8 meter dari tempatnya menangis hehe .... 

lalu ada sekitar 3/tiga cowok yang membawa kamera seukuran kamera saya. terus terang saya paling alergi melihat kamera dikolam renang sebab dalam baju renang rasanya sangat tidak nyaman bila ada yang diam diam memfoto meski untuk koleksi pribadi apalagi koleksi orang lain dijaman digital seperti ini. beberapa kali mereka saya ' pergok-i'  mengarahkan kamera kesaya meski secara sembunyi2  dan dengan trik tertentu. semoga tulisan ini akan menjadi ' saksi ' dikelak kemudian apabila ternyata ada yang mencoba menyalahgunakan foto foto yang tidak saya kehendaki ini ..
( saya akan masih sangat ingat wajah ketiganya ! ) 

terus terang, saya merasa sangat kehilangan ketika kolam ukuran olympiade di stadion tertutup, juga yang di sengkaling. keduanya menurut saya adalah benar benar kolam renang, karena memberi peluang untuk berolah raga. beberapa kolam lainnya yang berukuran sedang bahkan kecil, terkadang dihari padat sangat mirip " kolam dawet " sehingga tidak leluasa untuk bergerak apalagi meregangkan otot karena sana sini saling tubruk.  

masa kecil saya dikedua kolam tersebut sangatlah kental, dimulai dengan kolam anak anak hingga kedalam 4 meter yang bagi sebagian anak anak kolam stadion yang dalam itu seakan " momok/hantu " menakutkan! latihan terjun atau lompat indah menjadi semakin menakutkan diawalnya, tetapi akhirnya bahkan ketagihan he he .. 

maka percayalah pembaca setia blog ini, bahwa menurut pendapat saya, berenang adalah satu satunya olahraga yang ' komplit ' karena menawarkan olah tubuh yang menyeluruh ! ayoooo ..bawa baju renang anda, ada dua pilihan, yang ingin lebih langsing setelah renang jangan langsung makan, sedang yang ingin lebih gemuk, bolehlah makan yang banyak , naa ... pilih mana?? ( th )


keterangan foto :

kolam renang novotel, bogor,  02.02.13. ( taken by : th )
        

Tidak ada komentar: