Selasa, 12 Februari 2013






Oxygen Pantai  Selatan ( 07 / 09 )



mengunjungi tempat wisata tidak pada hari libur adalah sebuah pilihan yang menurut saya tepat, less people, less noise. maka selasa pagi tadi, 12.02.13 saya sudah otw ke malang selatan sekitar 80km. saya tidak perlu tergesa karena hari masih pagi dan meski jalanan kearah sana tidak sepadat hari libur, saya tetap diantara 60/80km/hr saja.  

dan beberapa bagian dari jalan kearah selatan ini memang cukup memompa adrenalin, seperti biasa, jurang kanan kiri dan kelokan kelokan tajam. tapi disini memang yang dicari, menjauh dari keruwetan kota dan bertemu jalur adrenalin ..

ternyata mendekati masuk desa Sumawe, ada daerah longsor yang dijaga para remaja didesa ybs untuk mengumpulkan sumbangan. yang longsor adalah tepian jalan raya , sepanjang sekitar 20 meter. cukup berbahaya bagi pengendara yang belum terlalu hafal lekuk liku jalan disitu.

tiba di Sendang Biru saya langsung kearah pasar ikan  membeli ikan  untuk persediaan pribadi selama seminggu kedepan, dilanjut kearah Bajul Mati, yakni pantai Ungapan namanya. pantai Sendang Biru nya sendiri sudah kehilangan dayatarik, kotor dan padat perahu dengan segala sampahnya. Ungapan Bajul Mati ini hanya sekitar 4km dari TPI dan sampai saat ini
masih ' belum' terlampau kotor alias masih terjaga kebersihannya.

saya senang saat melihat bahwa saya adalah satu satunya pengunjung disana pagi itu, dan penjaga gerbangnya bahkan masih tiduran hehe ..
saya parkirkan kendaraan langsung menghadap pantai, pintu terbuka semua dan inilah : o x y g e n !!!

jeprat jepret sebentar karena ombak juga belum besar, saya langsung ' mak bleg ' alias ' tidak sadarkan diri ' alias tertidur ....hehe .. mungkin kalau rumah saya menghadap laut seperti ini, bisa dipastikan kegiatan terberat saya tiap harinya adalah tidur hehe ... apa yang bisa lebih indah dari ini? suara ombak, angin laut dan burung burung camar tampak ditengah laut bergerombol sesekali menukik menyambar ikan dipermukaan laut ..

entah saya terpulas berapa lama, saat saya dikagetkan suara deru motor disebelah kanan saya, sekitar enam motor dengan 12 penumpangnya, aduh ..
rasanya ingin protes, tapi ini memang bukan milik pribadi saya, jadi saya harus iklaskan kedamaian saya terusik dan bahkan hilang !

ini ternyata belum cukup, tak lama muncul beberapa mobil. maka sudah mulai komplit ' huru hara ' yang timbul .. mungkin karena ini masih liburan semesteran, tidak lah salah kalau mereka mencari tempat bersantai ..
saya coba melanjutkan ' mimpi ' saya dan saat jam menunjuk hampir 13.00 dimana ternyata panggilan alam muncul, saya tinggalkan Ungapan.

makan siang di kedai ' Sempu ' yang terletak persis didepan SPBU Sumawe, saya malah mendapat tawaran untuk bermalam di Sumawe. " Ayo mbak, udah lama lho ngga ngobrol2 ... ", kata si pemilik kedai yang masih keponakan sendiri. Waa .. tawaran menarik sebab malam hari di Sumawe yang berdekatan dengan beberapa goa harimau Jawa, pastilah memompa adrenalin , siapa tahu jalan jalan malam hari didesa itu malah bertemu hii ...

begitu banyak kerabat di Sumawe sehingga kalau ' ketahuan ' singgah hanya disatu tempat, rasanya bisa diprotes yang lain .. selesai makan siang, lanjut kearah Malang yang kebetulan tidak hujan dan sampai dirumah sudah mendekati 17.00 ( maklum, mengobrol di kedai ' Sempu " bersama kerabat tadi sudah menyita begitu banyak waktu ) ..

naa .. sampai bertemu di oxygen berikutnya ya  ! .... ( th )

Keterangan foto ( all taken by : TH )

01. Pantai Ungapan, Bajul Mati, 80 km selatan Malang.
02.  Perahu tertutup pelepah kelapa.
03. Salah satu sudut pantai Ungapan.









Tidak ada komentar: