Senin, 25 Februari 2013





Birthday Call ...


Jam 05.30 saya menilpun bungsu saya " Hi ... mom ! "  ... saya tidak jawab tapi langsung saya nyanyi " Happy Birthday To You, Happy Birthday To You, Happy Birhday, Happy Birthday, Happy Birthday Oliver  ...... ! "   .....suara tertawa diseberang, lalu " Oiiiii ... makacihh mom ....... gimana, aku di ' slameti ' apa ? " 

.... ha ha, dia masih selalu ingat bahwa kalau dirumah kami dulu selalu membuatkannya ' jenang abang ' betapapun sesudahnya akan dirayakan secara ' modern ' , ini tradisi turun temurun tetapi nampaknya hanya akan berhenti sampai di generasi saya .. 

lalu kami berhitung bersama tentang jumlah tahun yang dia sudah lalui .. oya rupanya dia belum menerima paket saya, sebab tak ada disinggung soal paket, tapi tak apa, hadiah yang terlambat datangnya kadang lebih manis sebab sudah ' diluar perkiraan ' alias surprise ... 

Omong omong soal ultah, iseng saya ingin berbagi tentang ' perkiraan karakter ' berdasarkan zodiak, ups ... banyak yang lalu protes, zodiak itu untuk apa? ndak untuk apa apa, sekedar tahu tidak apa apa, sebab pada jaman duluuuuu ketika teknologi belum seperti sekarang, manusia begitu dekatnya dengan alam dan pada setiap gejala alam mereka mencatatnya sebagai pesan alam kepada peradaban manusia.. 

contoh ; menjelang gempa manusia mengamati adanya perpindahan satwa tertentu dari satu area ke lainnya, begitu juga dengan bau udara atau pergerakan angin menjelang kejadian alam tertentu, letak bintang dst dst. mereka memiliki waktu yang tidak lagi ada saat ini, maka mereka sangat berpeluang membaca gejala alam. berbeda dengan jaman kini, yang waktu sudah tergerus dalam kesibukan bekerja dan sisa waktu habis didepan tv atau tidur.

maka dalam catatan catatan kuno yang tersimbolkan  dalam berbagai media, mulai batu, goa, daun, ukiran maupun patung patung dll telah banyak bertutur seputar kelahiran manusia dihubungkan dengan karakternya yang konon terpengaruh oleh perputaran dan posisi bintang saat dia dlahirkan, wallahu alam ... 

namun menarik untuk diketahui bahwa secara garis besar ternyata sebagian ' ada benarnya ' ... percaya tidak percaya, saat saya dulu ( disalah satu persinggahan karir ) bekerja sebagai Copy - Writer di sebuah biro iklan terkemuka di ibukota, dalam wawancara saya kaget ketika ditanya : " Zodiaknya ? " ..... Tergagap saya jawab : " Air ...e... Aquarius " .... si peng interview tersenyum, mengulurkan tangan : " Saya Libra .... " .....???? 

Baru kemudian setelah saya masuk tim mereka, saya tahu bahwa biro iklan adalah sekumpulan ' orang orang gila dengan ide ide yang tak pernah kering dan membutuhkan orang orang sejenis ' ha ha .... Libra, Aquarius , Capricorn, Gemini, ini tim saya . Benarkah tim ini kompak karena kecocokan zodiak?
Secara garis besar ini beberapa persamaan karakternya :

mandiri, idealis, ramah, suka bergaul, suka menjadi pusat perhatian atau menonjol, bersahabat,baik hati,  suka hal hal baru dan mempelajarinya walau tidak mendalam, cerdas bahkan cenderung jenius. suka menjadi yang ' beda ' , aneh dan eksentrik, suka keluar pakem dan sangat moody. dari periang, mendadak menjadi pemurung, dari hahaha mendadak menjadi hoaaaaa hoaaaaaa , dari senyuman mendadak menjadi kemarahan, dan dari merasa begitu yakin dan percaya mendadak menjadi seperti ' dikhianati ' dan kemurkaannya dapat membingungkan lingkungannya, demikian kira kira moody nya ....

sisi ' negatip ' lainnya adalah : keras kepala, tidak suka mendengar nasehat,tidak sabaran, dingin bahkan terkesan arogan, cerewet .  

Bekerja di bisnis kreatip itu menyenangkan, kami tidak diberikan aturan tentang baju kerja dll yang penting kata si boss datang ke tempat kerja membawa " kepala yang berisikan ide dan kreativitas tak terbatas " , mau pake jeans, sepatu cats atau nyeker, gondrong atau botak, dst dst. 

Maka dalam lift kelantai 9 tempat ngantor kami di Thamrin saat itu, semuanya tampak rapihhhh, hanya kantor kami yang orang orangnya seperti mau memanjat gunung dengan baju casual dan ransel he he ... 

Di ruangan saya, saya sendirian, 4 x 5 m ( ! ), berserakan kertas, bacaan, ketikan dll dilantai, apalagi kalau menjelang presentasi dihadapan klien ( saat itu tugas pertama saya adalah dengan Lufthansa dan traktor Kubota ), jangan harap ruangan rapih. Boss saya dengan santainya ikut duduk dilantai juga dan berkomentar ( dalam bhs Inggris, karena jujur saja kadang ungkapan bahasa asing itu lebih pas, tidak terdengar norak he he .. ) : 

" Kamu itu bagian dari keping puzzle kita disini, enjoy your holiday here ... " , what .. holiday? ... iyaa.... ini kuncinya, anggap saja bukan sedang dalam tekanan pekerjaan tapi sedang berlibur .... Tim kami memang mendapat julukan tim paling eksentrik, ! 

dibagian lain, ada keuangan, engineering, AE/account executive dll mereka berpenampilan beda. Ruang kerjanya rapih, sedang tim kami ' berantakan ' terlebih  kalau sedang brain-storming bisa mengagetkan yang lain, ada teriakan teriakan tapi diakhiri haha hihi ... " gila .... ! " kata yang lain. 

Demikian sedikit gambaran betapa perbedaan karakter bisa berpengaruh pada kreativitas dan hasil kerja, dan ketika sudah " klik " maka segala macam ' petentengan ' ( perdebatan ) tadi bermuara pada satu  tujuan besar yang sama : achievement !! ( saya mengetik ini menjadi kangen dengan semuanya, semoga terbaca oleh Fauzi, pak Peter, Hilal, Rudy dan aduh, saya lupa namanya, maaf, yang juga jago membuat sketsa .. ) ... 

Apakah ini karena saya air, yang lainnya ber elemen api, kayu, logam dan tanah? Sekali lagi wallahu alam, dan dihalaman ini sekaligus bisa dilihat bagaimana cara manusia meng ekspresikan zodiaknya .... 

Btw, selamat buat para Aquarius sejati yang sedang/ akan ber ultah ... !
( th )   

Foto2 diambil dari google.
  


Tidak ada komentar: