Minggu, 10 November 2019







.. " Mana Lebih Penting , 
Memahami Arti Atau Sekedar 
Dibaca dan Dihafal ? " .. 
kemarin dulu dirumah saya berkumpul sekitar 
10 orang dari 15 orang yang diundang . 
yang tidak hadir ada bermacam alasan .
 alasan paling " laris " adalah MC , momong cucu ,
maklum sudah memasuki tabir senja jadi wajar saja .
 alasan kedua , sedang berada diluar Malang alias
 dirumah anak anaknya . ketiga , sedang terganggu 
kesehatannya , ini alasan yang paling tidak diharapkan
 karena kita selalu berharap semua sehat2 saja .

diantara yang hadir , tentu saja yang paling ditunggu
adalah Ustaz yang sengaja dihadirkan
 sebagai " pembicara " .
 beliau ini dari lembaga PPTQ 
( Program Pelatihan Terjemah Al Quran yang
 berpusat di Surabaya ) . mengapa menjadi penting
untuk hadir ? alasan utama adalah munculnya
 kebutuhan akan pentingnya 
Memahami Makna Yang Terkandung Dalam 
Kitab Suci Al Quran . 
" ah .. kan sudah ada buku2 tafsir dll yang 
sudah cukup menjelaskan arti ayat ayat nya ? " ,
 itu juga yang menjadi alasan saya hampir
 4 / empat tahun yl . jadi mengapa masih harus ikut
 program terjemah seperti PPTQ ini ? 
maka ketika 3 tahun lebih yl seorang teman mendorong
 saya untuk "menjajal " PPTQ disebuah masjid 
dekat rumah , saya kaget , bahwa 
" kesombongan " saya akan tidak perlunya PPTQ 
dan cukup hanya memborong buku2 tafsir Al Quran
 saja ternyata sangat salah ... ! 
 dengan bahasa sastra tinggi Al Quran yang merupakan
 Master Piece dari Sang Maha Pencipta ini , 
ternyata saya masih harus dan perlu bimbingan
seorang yang berilmu untuk memahami isinya 
dengan Lebih Benar atau Lurus !
 maka sejak awal 2013 hingga saat ini , saya masih
 merayap di awal juz 8/delapan dari 30 juz yang ada ,
sungguh sebuah perjalanan masih sangat panjang ... !
 tetapi dalam merangkak perlahan ini , 
saya mulai melihat pelita pelita kecil yang menunjukkan
 arah jalan dengan lebih pasti , 
dibanding sebelumnya dimana saya merasa sudah 
berada di jalan tol tetapi tidak jelas kemana arahnya ! 
tidak ada satu huruf dan katapun hingga di juz 8 ini
 yang terlewat untuk dibedah dan diurai maknanya
 oleh pembimbing kami , sehingga kami 
merasa bahwa 
Pencarian Ini Menemu Jawabannya ... !
 sungguh ini bukan sebuah ajaran tentang aliran 
tertentu ataupun " isme - isme " yang kini marak
 dimana mana , tetapi ini adalah sebuah
 Himbauan Untuk Back To Basic ,
 yakni : Al Quran . 
dengan memahami kandungannya secara benar , 
maka tidak akan ada badai yang mampu menggoyahkan ! 
Al Quran tidak mengajarkan kekerasan dan peperangan , melainkan penghormatan dan kasih sayang 
kepada sesama . 
maka bila diluar sana masih banyak pertikaian 
bahkan diantara sesama muslim sendiri , 
sebaiknya semuanya ridha dan ikhlas untuk 
Back To Basic , kembali ke akarnya , 
yakni Al Quran !
 kerusakan2 yang ditimbulkan manusia dimuka bumi
 telah sedemikian parah dan menjadi tanda2
akan semakin dekatnya hari akhir tersebab 
banyak diantara kerusakan2 itu telah sangat sesuai dengan tanda2 akan datangnya hari akhir , 
wallahu a'lam ....
 pengalaman bathin dan spiritual inilah yang ingin 
saya tularkan kepada yang hadir kemarin dulu ,
 meskipun saya tahu diantara mereka banyak
 yang sudah Khatam Al Qur'an . 
tetapi apakah berarti mereka juga sudah memahami
 arti dari ayat demi ayatnya ? seorang teman pada saya 
mengaku : " belum ", 
 kecuali beberapa saja yang biasanya dibaca dalam
 sholat wajib 5 waktu dan sholat2 sunnah lainnya . 
sungguh jumlah yang hadir bukanlah ukurannya , 
ukurannya adalah niatan untuk memulai memahami
 makna Al Quran yang luar biasa sebagai
 kitab terakhir dan penyempurna dari 
kitab2 yang sebelumnya .
 tulisan ini saya akan akhiri dengan mengutip
 beberapa ayat yang sekiranya dapat 
menggetarkan hati kita untuk bergegas mengejar 
sisa waktu yang ada guna menambah 
bekal dikeabadian kelak .
Maaf , ijinkan saya mengutipnya : 
01 . QS Al KAHF 109 : 
 
Katakanlah : 
"  Sekiranya lautan menjadi tinta untuk ( menulis )
 kalimat kalimat Tuhanku , 
sungguh habislah lautan itu sebelum habis ( ditulis )
 kalimat kalimat Tuhanku , 
meskipun Kami datangkan tambahan 
sebanyak itu ( pula ) "  . 
02 . QS LUQMAN 27 :
Dan seandainya pohon2 di bumi menjadi pena
 dan laut ( menjadi tinta ) , 
ditambahkan kepadanya tujuh laut
 ( lagi ) sesudah ( kering ) nya , 
niscaya tidak akan habis habisnya ( dituliskan ) kalimat Allah . Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana . 
semoga tulisan sederhana ini mampu bermanfaat ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 03 . 11. 19 ) 
Keterangan foto : 
01 . Al Quran yang saya peroleh di Madinah 
saat ibadah haji 2018 yang lalu 
dalam versi Inggris yang resmi diterbitkan
 oleh Kerajaan Saudi melalui Masjid King Salman . 
( tidak dijual , dibagikan cuma cuma )
02 . ( sda )  
03 . foto ke 03 , 04 dan 05 adalah 
Tugu Gerbang Masuk Mekah 
yang menggambarkan Kitab Suci Al Quran 
diatas meja baca Al Quran 
( diambil dari google ) 
06 . diambil dari google .

Tidak ada komentar: