Senin, 05 November 2018



 .. " Mau Cangkruk Sehat ? LOWCAL 
Alamatnya" ..
tempat nongkrong atau ngopi di Malang sudah
 sak ketapruk ! mau model yang apa saja ada .
 mulai yang PKL an sampai yang model bintang tujuh 
semua ada . apakah saya mulai jenuh ?
 tentu saja tidak , sebab masing2 mereka itu menawarkan 
sesuatu yang berbeda baik itu ide asli maupun
 hasil nyontek kanan kiri ataupun improt dari seberang .
 yang ditawarkan juga menu menu yang wajar 
sampai yang super aneh , sampai2 kalau mau milih bingung . 
bayangkan kalau ada menu misalnya 
" jus tomat rasa rendang " 
atau " mie goreng rasa rawon " opo nggak ngelu hehehe ..
 tapi itulah kreativitas dijaman edan ini ,
 sehingga kalau ngga ngikuti sedikit edan mungkin bisa
 tertinggal " inpormasi " . naa .. menghadapi yang aneh2 
bin ajaib saya ya punya cara yang
 terdengarnya sangat cerewet
 yaitu misal saya pesen Jus Apokat maka
 pesen saya sbb :
" tolong Apukat nya TIDAK dicampuri apa apa , 
baik itu susu kental manis atau coklat ,
 juga tanpa gula , tanpa es , tanpa topping apapun , 
murni rasa apokat saja , titik ! " .
 biasanya si pramusaji nggak yakin dan bertanya lagi
 " jadi nggak pakai apa apa ya ? " , 
hampir saja saya jawab 
" iya , ngga pake apukat juga ngga papa " hehehe ...
 ( lha kalau tidak cerewet begini ,
 yang datang ke meja saya biasanya adalah 
Jus Apokat Rasa Nggak Keruan ... !! ) 
naa .. mencari bahan untuk blog ini memang susah2
 gampang sebab kalau isinya itu itu saja pasti membosankan .
 kemarin saya keliling2 mencari sesuatu yang baru atau 
mungkin sudah lama tapi belum pernah saya tulis .
 tiba tiba saya teringat sebuah cafe mungil didaerah dekat
 kampus Unmer Malang yaitu di Jalan Terusan Dieng 39 , 
daerah Pisang Candi . cafenya ada dikiri jalan kalau 
dari arah Jalan Kawi Atas lurussss ....
 cafe ini terkesan " nylempit dan mungil " sebab ruangan 
disebelahnya yang nggedablah besar itu justru dipakai untuk 
jasa interior design . saking mungilnya ,
 kalau dari luar nyaris tak terlihat dan mobil2 yang banyak
 diparkir disitu itu seolah ke ruangan yang nggedablah itu ,
 padahal ternyata semuanya  masuk di cafe mungil itu .
 berjuluk " LOWCAL , Kitchen & Salad " ,
 maka pengunjung sudah diberi warning bahwa 
disini  lebih pas untuk Salad Lovers ! 
 mungil dan ditata sangat efisien dan cantik , 
terasa bahwa cafe yang satu ini 
" ndak butuh ruangan gede , yang penting omset " ... !
 saya super setuju sebab banyak cafe guede2 sak lapangan bola , 
ternyata melompong dan mengesankan 
" salah perhitungan " hehehe .. 
 dengan penataan yang cerdas , banyaknya pengunjung 
malah membuat suasana hangat. dan jangan tanya dijaman
 abad selfie ini saya lihat para emak2 
( termasuk saya sendiri hehehe .. )
 sibuk prat pret sana sini ..
 sesuai namanya , Kitchen & Salad , saya lihat daftar
 menunya sangat " anti kolesterol " dan orang orang yang 
tidak suka buah atau sayur sebaiknya jangan kesini !
 berhubung saya belum pernah kesitu , saya tidak langsung 
memesan yang berat , tetapi " icip icip " dulu
 supaya saya mendapat " ruh " nya dulu 
( iki ngomong opo ae , batinnya pembaca hehehe .. ) .
 seperti umumnya para ahli gastronom maka saya yakin
 para pengelola cafe mungil ini pasti tidak
 main main " ilmu "nya yang bisa dilihat dari cara
 pengelompokan mamin nya . mulai dari makanan pembuka , 
makanan utama dan penutup ataupun extra extra yang 
ada diantaranya yang membutuhkan keahlian 
dalam penyiapan dan penyajiannya . 
soal nama menu boleh2 saja kreatif , 
tapi komposisi dari masing2 nya itu yang menarik.
 misal kita ambil contoh salah satu " jus " nya itu
 bisa terdiri dari beberapa macam buah plus sayur ! 
begitu juga menu2 makanannya , 
sehingga tidak salah kalau si mungil ini kita beri 
julukan sebagai Healthy Food Spot ! 
tersaji dalam tatanan yang menarik , bersih dan terbuat 
dari bahan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
 maka ditengah arus cafe cafe yang 
aneh bin ajaib maminnya
 bahkan saking anehnya sampai tidak keruan rasanya 
( kata orang Inggris " gak ngalor gak ngidul " ) 
saya ingin sarankan pembaca untuk 
menjajal cafe ini bersama kerabat atau teman2 .
 tapi ups ..! mengingat tempatnya yang mini ,
 kalau bawa rombongan mungkin
perlu pesen 
tempat dulu ya daripada tidak muat hehehe ..
 saya lega bahwa setidaknya di Malang ada alternatif
 tempat dan makanan yang sehat 
 terutama bagi pecinta salad ini adalah 
peluang untuk melangsingkan perut 
dan menekan kolesterol.. !
  yukkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , Nov. 2018 )
01 . pasta2an dengan meat ball
02 . jus sehat
03 . mungil tetapi dengan 
tatanan cerdas menjadi cantik
04 . maaf mbak , saya jepret dari belakang ya ..
( seragam karyawan )
05 . oranye dan hijau , segar ..
06 . lorong sempit ditangan yang
 cerdas menjadi cantik
07 . daftar menu ( 01 )
08 . daftar menu ( 02 )
09 . alternatif makanan sehat








 

1 komentar:

Kara mengatakan...

Terima kasih atas kulinernya.... saya sedang menjual produk alami yang dapat membantu kesehatan , dan kebetulan juga ada di malang, jika ada waktu bisa mampir ke tempat saya di Deejus Herbal
terima kasih