Rabu, 18 Februari 2015






.. " Yang Menjulang, Durian Durian " ..

disebuah kebun milik seorang kerabat didesa selatan Malang yang hanya beberapa km dari pantai selatan, saya " mendaulat " si tuan rumah agar saya sekitar dua atau tiga bulan lagi
 " harus " diijinkan kembali kekebunnya ! 
( lho, koq karep-e dhewe ae? mungkin begitu batin pembaca hehehe )
dan si tuan rumah yang memang sangat memaklumi " adat " saya, hanya senyum senyum dan sangat paham bahwa tanpa dijawab apapun pasti saya bakal muncul lagi disitu hehehe .. 
" iya mbak, asal perutnya kuat, silahkan mau seberapapun .... " lho, ini namanya saya " dilulu " atau terjemahan bebasnya adalah " yo wes karep2mu kono ... " hahaha ...
demikian tulusnya kekerabatan masyarakat pedesaan yang sudah langka di perkotaan, dan saya paling betah berlama lama di kerabat2 desa yang masih tulus ini ..
lha yang membuat saya ngotot itu tadi adalah Sebatang Pohon Durian di kebunnya yang menjulang tinggi dengan ribuan Calon Durian Runtuh di batang dan ranting2nya wowwww .... !
 sering saya melihat pohon2 durian tetapi yang menjulang seperti yang satu ini cukup langka apalagi buahnya hampir tidak berjarak tumbuh ditiap bahkan ranting2nya yang kecil yang 
seolah tak mampu menahan beban duriannya.
 dikebun keluarga ini  memang tumbuh berbagai jenis tanaman, mulai kopi, cengkeh, kelapa, durian, dll . bahkan disaat dunia belum mengenal yang bernama Kopi Luwak yang secangkir bisa ratusan ribu, sekian puluh tahun lewat saya sudah selalu disuguh kopi luwak asli dari kebun ini
dan harganya adalah GRATIS !
kopi luwaknya  sangat asli sebab di desa tidak pake baresta2an, dan soal higinisnya kopi yang sudah diproses diperut luwak, rasanya kerabat saya lebih paham daripada cafe2 yang menjualnya sebab mereka mampu mencapai usia rata rata diatas 80 tahun padahal banyak pengelola cafe atau
 tempat2 cangkruk kopi yang justru wafat diusia muda .
 naa , pasti bukan karena kopi luwak saja, tetapi ini memang menyangkut Gaya dan Pola Hidup serta Makan dan pastinya Falsafah Hidup dimana masa kini lebih banyak pressure disegala aspek kehidupan dibanding kerabat2 saya di desa2 yang menikmati Kopi Luwak Asli Plus Durian serta Kambing hingga diusia 80 keatas tetapi koq ya sehat2 saja ya hehehe ... 
oya, kembali kesoal durian tadi, pasti saya akan menyambung kisah ini kalau nanti saya sudah manjat dan berada di atas pohon ini dengan menikmati buahnya On The Spot hehehe ...
( th )


( photos by : th, Sumawe, Pebruari 2015 , Pohon Durian )









 

Tidak ada komentar: