Selasa, 10 Februari 2015







 .. " Cangar, Cangar ... " ..

puluh bahkan ratusan kali menikmati alamnya, Cangar yang terletak hanya sekitar 30an km dari pusat kota Malang ini memang  memiliki magnet tersendiri untuk dikunjungi terutama yang dari luar Malang. bukan hanya viewnya yang cantik disepanjang perjalanan,
 tapi juga yang lain lain. 
jarak Malang - Batu sekitar 20an km ditambah 10an km kearah Cangar. mudahnya, kalau ke Selecta dari arah Batu , kita akan berbelok ke kiri, tapi kalau ke Cangar hanya tinggal lurus saja meski sedikit menanjak dan semakin menanjak saat mendekati Cangar.
mudah diduga, dengan hawanya yang sejuk, disana kita bisa belanja sayuran, buah dan tanam2an yang kadang dapat langsung dibeli dari para petani yang sedang mempanen tanamannya disepanjang jalan menuju Cangar.
bagi penyuka mandi air panas/ belerang, Cangar lah tempatnya.
konon air belerang ini dapat mengurangi alergi atau gatal gatal pada berbagai gangguan kulit 
( naa ... ayo angkat tangan, siapa yang pipinya mulus putih tapi ternyata " P-White " alias putih panu? hehehe ) . dengan merendam diri di air panas yang alami ini, dijamin segala PKK 
( panu, kurap, kadas ) akan berguguran hehehe ...
setidaknya itu yang dipercaya orang orang ! 
pertanyaannya, lha kalau semua yang berendam itu mengalami gangguan pada kulitnya, apa tidak lalu terjadi " pertukaran " bakteri disitu ? naaa, konon temperatur air di kolam Cangar
tersebut mampu mematikan pertukaran bakteri hehehe .. 
ya sudah, itu tadi beberapa kelebihan wisata alam Cangar, disamping tempat tempat persinggahan kulinernya yang juga menarik untuk di coba. selain itu kita juga bisa singgah di sumber atau
 mata air Brantas dengan view nya yang cantik dengan gunung Welirang berada
 disebelah kanannya. wisata petik apel juga bisa disinggahi. 


 hanya ada satu gangguan pemandangan yang sangat disayangkan yakni mengapa ijin bisa diberikan pada area2 yang begitu cantik pada  pabrik jamur diperbukitan arah Cangar. 
bangunan beton beton ini seolah merupakan " katarak mata " dan kita hanya bisa berharap semoga dimasa depan bangunan bangunan yang tidak seharusnya merusak pemandangan dan kelestarian alam seperti itu dapat dihindarkan dan dipindahkan pada area lain.
 wisata djadoel seperti Cangar yang sudah ada sejak saya masih kecil ini memang idealnya harus kita selamatkan bersama melalui gerakan2 penghijauan dan bukan pembetonan ! 
pertanyaannya ,berapa lama lagi Cangar masih bisa dinikmati seperti yang ada sekarang ini ? 
mungkin kasus pembongkaran bangunan2 liar atau vila2 didaerah Puncak Jawa Barat dapat dijadikan contoh betapa kesembronoan manusia pada alam dapat mengakibatkan bencana yang pada akhirnya membinasakan manusia itu sendiri.
apakah " para penguasa perijinan bangunan " di wilayah Cangar merasa tidak perlu belajar dari Puncak dll ditanah air baik yang belum maupun yang sudah terkena bencana longsor dll?
( th ) 


( photos by : th, Pemandangan Arah Cangar, Januari 2015 )
foto terbawah adalah taman menuju sumber air Brantas.








Tidak ada komentar: